Upaya Meningkatkan Prestasi Akademik dan Non-Akademik Peserta Didik Melalui Manajemen Kesiswaan di SMA Al-Islam 1 Surakarta

  • Hasna Ukhti Luthfia Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Triono Ali Mustofa Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: Manajemen Kesiswaan, Prestasi Akademik, Prestasi Non Akademik

Abstract

Semua siswa memiliki prioritas yang berbeda dalam hal pengembangan diri mereka. Ada siswa yang ingin mencapai prestasi akademik dan non-akademik, sementara yang lain ingin mencapai prestasi dalam hubungan sosial dengan teman sebaya mereka.  Oleh karena itu, peraturan dan standar dibuat di SMA Al-Islam 1 Surakarta mengatur posisi dan peran siswa dengan mempertimbangkan tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pendekatan manajemen kesiswaan yang efektif untuk meningkatkan prestasi siswa di SMA Al-Islam 1 Surakarta. Memberikan layanan prima kepada siswa mulai dari pendaftaran hingga lulus adalah tujuan manajemen kesiswaan.  Data yang digunakan dalam studi ini dari Wakil kepala sekolah SMA Al-Islam 1 Surakarta melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Menurut temuan dari wawancara menunjukkan bahwa SMA Al-Islam 1 Surakarta dibagi berdasarkan minat, bakat, fasilitas ekstrakurikuler, dan program sekolah. SMA Al-Islam 1 Surakarta menyelenggarakan dapat memilih kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan akademik atau kegiatan pengembangan diri memilih kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan minatnya dengan mengisi survei yang disediakan sebagai bagian dari Masa Orientasi Siswa/MPLS, Kegiatan ekstrakurikuler didiskusikan dengan pimpinan sebelum disampaikan kepada dewan komite. Setelah disetujui, kegiatan dapat dilaksanakan di SMA Al-Islam 1 Surakarta. Persiapan kegiatan ekstrakurikuler di SMA Al-Islam 1 Surakarta dapat dilaksanakan setelah dibahas dengan pimpinan. Setelah disetujui, kegiatan diserahkan kepada pengurus.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Ariska, R. S. (2019). Manajemen Kesiswaan. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 13(3), 281–292. https://ejournal.unib.ac.id/manajerpendidikan/article/view/10178

Arsyam, M. (2020). MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM ( Bahan Ajar Mahasiswa ) Disusun Oleh KOTA MAKASSAR. Makassar: Sekolah Tinggi Agama Islam Darud Da’wah Wal-Irsyad, 13.

Asih, D., & Hasanah, E. (2021). Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Prestasi. Academy of Education Journal, 12(2), 205–214.

Astuti. (2021). Manajemen Peserta Didik Astuti. Astuti, 11(2), 134.

Daniatun Khasanah, & Danang Dwi Prasetyo. (2023). Manajemen Kesiswaan dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Akademik dan Non Akademik Peserta Didik. Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 155–172. https://doi.org/10.54396/alfahim.v5i1.484

Dr. Umar Sidiq, M.Ag Dr. Moh. Miftachul Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf

Khairul Anam, B., Issa, J., Tabares, I., Objek, P. B. B., Hasil, L., Informasi, T., Aradea, Ade Yuliana, H. H., Pattiserlihun, A., Setiawan, A., Trihandaru, S., Fisika, P. S., Sains, F., Kristen, U., Wacana, S., Diponegoro, J., Jawa, S., Indonesia, T., Putra, R. L., Hidayat, B., … Adhitya Putra, D. K. T. (2019). Implementasi Manajemen Peserta Didik Dalam Meningkatkan Prestsi Akademik dan Non Akademik Siswa di Madrasah Sanawiyah Negri (MTsN) 2 Surabaya. Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 1(1), 2019. http://www.ghbook.ir/index.php?name=فرهنگ و رسانه های نوین&option=com_dbook&task=readonline&book_id=13650&page=73&chkhashk=ED9C9491B4&Itemid=218&lang=fa&tmpl=component%0Ahttp://www.albayan.ae%0Ahttps://scholar.google.co.id/scholar?hl=en&q=APLIKASI+PENGENA

Khalijah, W. N., Jannah, M., Rehan, H. Z., Yohana, Y., & Yohani, Y. (2023). Peranan Metode Pembelajaran terhadap Minat dan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadis. Al-Wasathiyah: Journal of Islamic Studies, 2(2), 267–278. https://doi.org/10.56672/alwasathiyah.v2i2.97

Safitri, D. (2021). Manajemen Kesiswaan dalam Meningkatkan Prestasi Akademik dan Non Akademik Peserta Didik di SMP Negeri 5 Batusangkar. In Https://Ejournal.Iainsurakarta.Ac.Id/.

Santriati, M. (2019). Manajemem kesiswaan. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 13(3), 281–292.

Zahroh, N. A. (2022). Ulul Amri : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Implementasi Manajemen Kesiswaan dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Peserta Didik ( Studi Kasus di SD My Little Island Malang ) Ulul Amri : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam dikarenakan guru yang tidak berkuali. 1(3), 197–211.

Published
02-05-2024
How to Cite
Luthfia, H. U., & Triono Ali Mustofa. (2024). Upaya Meningkatkan Prestasi Akademik dan Non-Akademik Peserta Didik Melalui Manajemen Kesiswaan di SMA Al-Islam 1 Surakarta. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1609-1616. https://doi.org/10.58230/27454312.622

Most read articles by the same author(s)