Implementasi Bimbingan Keagamaan Melalui Kajian Rutin Gelombang Laju Siswa di SMA MTA Surakarta

  • Khalawati Jannah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Triono Ali Mustofa Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: Implementasi, Bimbingan keagamaan, Kajian, Siswa

Abstract

Pendidikan agama sangat penting dalam kehidupan manusia. Seperti pada hakikatnya manusia diciptakan dengan tujuan untuk mengabdi dan menjadi khalifah Allah SWT. Untuk mendapatkan pembekalan agama sangat diperlukan adanya peran aktif pihak sekolah untuk membimbing dan mengarahkan siswanya dalam pengembangan spiritual dalam diri siswa. SMA MTA Surakarta mengadakan kegiatan kajian rutin mingguan yang dilaksanakan setiap hari Jum’at pagi. Kajian gelombang laju adalah kegiatan yang diselenggarakan di SMA MTA Surakarta sebagai sarana bimbingan keagamaan dan pembiasaan siswa laju terhadap agama islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) di mana penulis terlibat langsung di lokasi penelitian dengan tujuan untuk mendapatkan data yang lebih lengkap dan akurat dengan menerapkan metode kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, Pengumpulan data dilakukan dengan cara triangulasi yaitu penggabungan antara teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah kegiatan bimbingan keagamaan melalui kajian rutin mingguan ini cukup efektif ditinjau dari antuiasme siswa saat mengikuti kegiatan yang aktif dan rutin serta tingkat pelanggaran yang dilakukan siswa laju di luar sekolah terbilang rendah. Bimbingan keagamaan yang diadakan oleh pihak sekolah SMA MTA yaitu melalui kegiatan berupa kajian rutin mingguan yang akrab disebut denga kajian rutin gelombang laju. Bimbingan keagamaan yang diadakan oleh pihak sekolah SMA MTA yaitu melalui kegiatan berupa kajian rutin mingguan yang akrab disebut denga kajian rutin gelombang laju. Kajian ini diselenggarakan khusus untuk siswa laju yang dipandang minim bimbingan dan pengawasan dari pihak sekolah agar mampu membekali diri dan tidak melanggar syari’at islam saat bersosialisasi di Masyarakat serta mampu untuk mengamalkan nilai-nilai islam yang terarah. Efektivitas dari kegiatan ini dinilai berdasarkan antusiasme siswa dalam mengikuti kajian dan tingkat pelanggaran siswa laju di sekolah. Siswa dinilai aktif dan rutin mengikuti kajian rutin gelombang laju dan juga tingkat pelanggaran siswa laju termasuk rendah.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Amirullah, A. (2020). Strategi Pembinaan Aktivitas Keagamaan Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN-IC) Kabupaten Paser. Lentera, 4(1), 81–103. https://doi.org/10.21093/lentera.v4i1.2003

Andria, T. (2016). Peran Bimbingan Keagamaan dalam Penanggulangan Kenakalan Remaja. Jurnal Bimas Islam, 157. http://jurnalbimasislam.kemenag.go.id/index.php/jbi/article/view/138

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Enrekang, K. A. B. (2023). Muhammad Naim/Maryam Saleh : 11(September).

Hafizoh, N., Hutahaean, S., Harahap, D. W., Mutiara, N., Nasution, W., Asrina, R., Rozak, A., & Nasution, I. (2023). Hadis pendidikan tentang penting dan wajibnya menuntut ilmu. Al Murabbi, 1(1), 17–25.

Humaira, S. M., & Kholik, A. (2022). Dampak Kajian Keagamaan Kitab Akhlakul Lil Bannat Terhadap Akhlak Siswa Di TPA Miftahussa’adah Kampung Bendungan. Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 73–79. https://doi.org/10.30997/ejpm.v3i1.5290

Indonesia, P. R., Presiden, K. K., Indonesia, R., Presiden, K. K., Indonesia, R., Terpadu, P. E., Daerah, B. K., Presiden, P., Indonesia, R., Presiden, K. K., Indonesia, R., & Daerah, P. O. (1991). Presiden Republik Indonesia. 2010(1), 1–5.

Iswati. (2019). Bimbingan Penyuluhan Islam, Vol. 1, No. 1 Januari-Juni 2019 | 37. Rumah Jurnal IAIN Metro, 1(1), 43.

Maimun, M. Y., Mahdiyah, A., Nursafitri, D., & Malang, U. M. (2021). Jurnal Pendidikan Indonesia ( Japendi ) URGENSI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAMIC BOARDING SCHOOL. 2(7), 1208–1218.

Novearti, R. F. (2017). Efektivitas Pelaksanaan Kegiatan Keagamaan Pada Siswa Di Sekolah Menengah Pertama ( Smp ). An-Nizom, 2, 407–417.

Putra, W. B. (2020). Bimbingan Agama Dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Melalui Kajian Kitab Klasik Di Majelis Taklim Al-Sabiiliy Cisoka. Repository.Uinjkt.Ac.Id.

Putra, W. S. (2022). The BIMBINGAN KEAGAMAAN BAGI REMAJA GUNA PENINGKATAN PEMAHAMAN FIKIH IBADAH. Scientia: Jurnal Hasil Penelitian, 7(1), 18–31. https://doi.org/10.32923/sci.v7i1.1711

Putrie, A. M., & Sari, R. M. (2023). Bimbingan Agama Dalam Pengajian Rutin Membentuk Kepribadian Muslim Pada Aspek Sosial. 3(2), 3826–3834.

Radiyah Nooralmira, A., & Guntara, Y. (2021). Bimbingan Keagamaan dalam Upaya Pencegahan Kenakalan Remaja. Iktisyaf: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Tasawuf, 3(2), 32–54. https://doi.org/10.53401/iktsf.v3i2.66

Romansah, T. (2017). Implementasi Kegiatan Mentoring Keagamaan Dalam Pembinaan Karakter Islami. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 2(1). https://doi.org/10.15575/ath.v2i1.2723

Rupiah, S., & Nuruddaroini, M. A. S. (2022). Program Keagamaan di SMA Global Islamic Boarding School dan SMAN Banua Kalimantan Selatan Bilingual Boarding School. Alhamra Jurnal Studi Islam, 3(1), 67. https://doi.org/10.30595/ajsi.v3i1.11836

Siswanto, H. (2018). Pentingnya Pengembangan Budaya Religius di Sekolah. Madinah: Jurnal Studi Islam, 5(1), 73–84. http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/madinah/article/view/1422

Tahir, M., & Amirullah, A. (2020). Pembinaan Keagamaan Siswa-Siswi Sekolah Menengah Atas melalui Rohani Islam (Rohis) di Kota Samarinda dan Balikpapan. Lentera, 3(2), 41–58. https://doi.org/10.21093/lentera.v3i2.1984

Yeni maasyrifah, Rahmat syare’i, & Iis Salsabilah. (2022). Peran Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) Dalam Membentuk Sikap Keagamaan Peserta Didik Di Sma Ma’Arif Banyuresmi Dan Smk Ma’Arif Garut. Jurnal Ilmiah Edukatif, 8(1), 94–106. https://doi.org/10.37567/jie.v8i1.1237

Published
29-02-2024
How to Cite
Khalawati Jannah, & Triono Ali Mustofa. (2024). Implementasi Bimbingan Keagamaan Melalui Kajian Rutin Gelombang Laju Siswa di SMA MTA Surakarta. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 1183-1190. https://doi.org/10.58230/27454312.534

Most read articles by the same author(s)