Hubungan Durasi Penggunaan Gadget dengan Prestasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Abstract
Gadget adalah peralatan teknis yang berkembang pesat yang melayani berbagai tujuan unik. Karena gadget dengan beberapa aplikasi dapat menampilkan media sosial yang berbeda, siswa sering menyalahgunakannya, yang dapat berdampak negatif pada kinerja akademik atau nilai mereka. Tujuan penelitian ini yakni agar memahami hubungan durasi pemakaian gadget melalui tingkat prestasi belajar siswa kelas V SDN 014 Perawang Barat. Penelitian ini memakai desain metode kuantitatif penelitian survei, karena penelitian ini bertujuan didalam menguji hipotesis penelitian, yaitu mencari hubungan dua variabel. Instrument dipakai didalam penelitian ini yakni angket, lembar wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh jika ada hubungan durasi pemakaian gadget akan prestasi siswa kelas V di SDN 014 Perawang Barat. Hal itu diketahui dari nilai r hitung lebih besar dari nilai rtabel (0,849 > 0,2369). Hubungan kedua variabel adalah kuat, yaitu sebesar 72,10%. Artinya, durasi penggunaan gadget memberikan kontribusi sebesar 72,10% terhadap prestasi siswa
Metrics
References
Djamarah, Syaiful Bahri. 2016. Psikologi Belajar Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Esta Prabawati. 2021. Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget dengan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SD Negeri 3 Jatimulyo Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.
Husna, Puji Asmaul. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Gadget pada Perkembangan Karakter Anak. Jurnal Dinamika Penelitian Media Komunikasi Sosial Keagaamaan, Vol. 17, No. 2.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Manumpil, dkk. 2012. Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Tingkat Prestasi Sisw Di SMA Negeri 9 manado (Online), e-journal keperawatan(e-Kep) Volume 3 Nomor 2 April 2015.
Maya Ferdian Rozalia. 2017. Hubungan Intensitas Pemanfaatan Gadget dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, 5(2), 722-731.
Moleong, Lexy J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.
Nikmah, Astin. 2013. Dampak Penggunaan Hand Phone Terhadap Prestasi Siswa. E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya;Volume 5 (online), (http://dispendik.surabaya.go.id/s urabayabelajar/jurnal/199/5.7.pdf ).
Rozalia, M. F. Hubungan Intensitas Pemanfaatan Gadget Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. J. Pemikir. dan Pengemb. Sekol. Dasar 5, 722 (2017)
Sari dan Mitsalia. 2016. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Anak Usia Pra Sekolah di TKIT Al Mukmin. Jurnal Profesi, Vol. 13, No. 2.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND Edisi Revisi. Bandung:Alfabeta.
Syafi’i, A., Marfiyanto, T. & Rodiyah, S. K. Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. J. Komun. Pendidik. 2, 115 (2018).
Syahra, R. 2006. Informatika Sosial Peluang dan Tantangan. Bandung: LIPI.
Wijanarko, Jarot & Setiawati, Esther. 2016. Parenting Era Digital. Jakarta: Keluarga Indonesia Bahagia.
Copyright (c) 2024 Agrio Julmiran, Siti Quratul Ain
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.