Hubungan Durasi Penggunaan Gadget dengan Prestasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar

  • Agrio Julmiran Universitas Islam Riau
  • Siti Quratul Ain Universitas Islam Riau
Keywords: Gadget, Prestasi siswa, Sekolah dasar

Abstract

Gadget adalah peralatan teknis yang berkembang pesat yang melayani berbagai tujuan unik. Karena gadget dengan beberapa aplikasi dapat menampilkan media sosial yang berbeda, siswa sering menyalahgunakannya, yang dapat berdampak negatif pada kinerja akademik atau nilai mereka. Tujuan penelitian ini yakni agar memahami hubungan durasi pemakaian gadget melalui tingkat prestasi belajar siswa kelas V SDN 014 Perawang Barat. Penelitian ini memakai desain metode kuantitatif penelitian survei, karena penelitian ini bertujuan didalam menguji hipotesis penelitian, yaitu mencari hubungan dua variabel. Instrument  dipakai didalam penelitian ini  yakni angket, lembar wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh jika ada hubungan durasi pemakaian gadget akan prestasi siswa kelas V di SDN 014 Perawang Barat. Hal itu diketahui dari nilai r hitung lebih besar dari nilai rtabel (0,849 > 0,2369). Hubungan kedua variabel adalah kuat, yaitu sebesar 72,10%. Artinya, durasi penggunaan gadget memberikan kontribusi sebesar 72,10% terhadap prestasi siswa

Metrics

Metrics Loading ...

References

Djamarah, Syaiful Bahri. 2016. Psikologi Belajar Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Esta Prabawati. 2021. Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget dengan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V SD Negeri 3 Jatimulyo Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

Husna, Puji Asmaul. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Gadget pada Perkembangan Karakter Anak. Jurnal Dinamika Penelitian Media Komunikasi Sosial Keagaamaan, Vol. 17, No. 2.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Manumpil, dkk. 2012. Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Tingkat Prestasi Sisw Di SMA Negeri 9 manado (Online), e-journal keperawatan(e-Kep) Volume 3 Nomor 2 April 2015.

Maya Ferdian Rozalia. 2017. Hubungan Intensitas Pemanfaatan Gadget dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, 5(2), 722-731.

Moleong, Lexy J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.

Nikmah, Astin. 2013. Dampak Penggunaan Hand Phone Terhadap Prestasi Siswa. E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya;Volume 5 (online), (http://dispendik.surabaya.go.id/s urabayabelajar/jurnal/199/5.7.pdf ).

Rozalia, M. F. Hubungan Intensitas Pemanfaatan Gadget Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. J. Pemikir. dan Pengemb. Sekol. Dasar 5, 722 (2017)

Sari dan Mitsalia. 2016. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Anak Usia Pra Sekolah di TKIT Al Mukmin. Jurnal Profesi, Vol. 13, No. 2.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND Edisi Revisi. Bandung:Alfabeta.

Syafi’i, A., Marfiyanto, T. & Rodiyah, S. K. Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan Faktor Yang Mempengaruhi. J. Komun. Pendidik. 2, 115 (2018).

Syahra, R. 2006. Informatika Sosial Peluang dan Tantangan. Bandung: LIPI.

Wijanarko, Jarot & Setiawati, Esther. 2016. Parenting Era Digital. Jakarta: Keluarga Indonesia Bahagia.

Published
25-02-2024
How to Cite
Agrio Julmiran, & Siti Quratul Ain. (2024). Hubungan Durasi Penggunaan Gadget dengan Prestasi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 1011-1018. https://doi.org/10.58230/27454312.548