Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini tujuannya agar mendeskripsikan kesulitan membaca permulaan serta mengetahui faktor penyebab kesulitan membaca permulaan terhadap siswa SD kelas 1. Penelitian ini memakai penelitian kualitatif melalui metode deskriptif. Teknik pengumpulan data didalam penelitian ini yakni observasi, wawancara, serta dokumentasi. Guru dan siswa kelas 1 bertugas sebagai subjek penelitian. Metode mengumpulkan data dari wawancara serta observasi. Analisis tematik menggunakan triangulasi, sedangkan validitas data menggunakan. Temuan menunjukkan bahwa siswa di kelas 1 SD mengalami kesulitan membaca pada awalnya karena mereka mengalami kesulitan membedakan huruf hampir identik, membaca kombinasi konsonan, dan mengalami kesulitan membaca dengan lancar. Intelektualitas yang buruk, minat siswa yang terus menurun untuk mulai membaca, motivasi siswa yang rendah dalam membaca awal, dan kurangnya perhatian orang tua adalah faktor-faktor yang menghambat sulitnya membaca awal. Sehingga bisa dikatakan jika siswa kelas I SDN 112 Pekanbaru masih kesulitan untuk mulai membaca. Hal ini diantisipasi bahwa penelitian ini akan memiliki implikasi untuk meningkatkan tantangan membaca awal siswa.
Metrics
References
Abdurrahman, M. (2017). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Depdikbud & Rineka Cipta.
Abidin, Y. 2010. Strategi Membaca Teori dan Pembelajarannya. Bandung: Rizqi Press.
Anggraeni, S., Suyono, S., & Kuswandi, D. (2019). Metode Jolly Phonics sebagai Metode Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan, 4(1). https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11873.
Chairina, I. (2020). Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Di Kelas Rendah Melalui Media Big Book. Aloes, 1-9.
Dardjowidjojo, S. (2015). Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Obor.
Gusri. (2015). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaandengan Menggunakan Metode SAS Siswa Di SDN 115 Kab. Pinrang. Kuriositas, 2, 31-39.
Halawa, N., Ramadhan, S., & Gani, E. (2020). Kontribusi Minat Baca Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Jurnal Edukasi Khatulistiwa, 3(1), 27. https://doi.org/10.26418/ekha.v2i2.32786
Halimah. (2019). Penggunaan Media Kartu Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Peradaban Islam, 1(1), 171–191.
Indrawati,wiyani&dkk.(2020). AnalisisFaktorPenghambat BelajarMembaca Permulaan pada Siswa Kelas I SD Inpres 141 Matalamagi Kota Sorong. Jurnal Papeda,2(1), 13.
Krisdiana, I., Apriandi, D., & Setiansyah, R. K. (2014). Analisis Kesulitan Yang Dihadapu Oleh Guru Dan Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Matematika (Studi Kasus Eks-Karesidenan Madiun). JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 3(1). https://doi.org/10.25273/jipm.v3i1.492.
Mardika, T. (2019). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca Menulis Dan Berhitung Siswa Kelas 1 Sd. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(1), 28–33.
Patiung, D. (2016). Membaca Sebagai Sumber Pengembangan Intelektual. Al-Daulah, 5(2), 352-376.
Rahim, F. (2017). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Susanto, E., & Nugraheni, A. S. (2020). Metode Vakt Solusi untuk Kesulitan Belajar Membaca Permulaan pada Anak Hiperaktif. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 13 – 20. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v6i1.2506
Wulandari, P., Nurhaedah, & Raihan, S. (2022). Peningkatan Keterampilan Literasi Membaca Permulaan Melalui Media Flash Card Siswa Sekolah Dasar. Pinisi Journal Of Education, 2(6), 8-19.
Copyright (c) 2024 R. Nurul Ain, Siti Quratul Ain
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.