Pengembangan Media Papan Kantong Pintar (PAKAPIN) Tema 6 Subtema 1 untuk Siswa Kelas III SDN 005 Bukit Jaya Pelalawan

  • Kiki Diah Putriningsih Universitas Islam Riau
  • Siti Quratul Ain Universitas Islam Riau
Keywords: Pengembangan, PAKAPIN, Tematik, ADDIE Model

Abstract

Penelitian ini tujuannya agar memahami proses pengembangan dari media papan kantong pintar (PAKAPIN) Tema 6 subtema 1 serta menguji validitas media papan kantong pintar (PAKAPIN) yang telah dirancang. Penelitian ini memakai penelitian pengembangan ataupun disebut akan istilah R&D (research & development) akan model ADDIE. Pada penelitian pengembangan ini penulis membatasi penerapan model ADDIE sampai tahap Development (Pengembangan). Model dipakai didalam penelitian yakni ADDIE terdiri pada tahapan diantaranya sebagai berikut analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development).  Hasil penelitian menyatakan jika pemerolehan validasi ahli media menunjukkan persentase 92,34% melalui kategori sangat layak serta validasi ahli materi menunjukkan 84% melalui kategori sangat layak. Melalui hasil bisa diketahu jika media PAKAPIN layak dipergunakan pada proses pembelajaran.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Andriyani, mia. (2022). keterampilan dasar mengajar yang harus dikuasai oleh guru untuk meningkatkan kreativitas & efektivitasan dalam proses pembelajaran. https://journal.grahamitra.id/index.php/petik/article/view/13

Febrianti, frni., dkk.(2021).pengembangan media pembelajaran pakapin pada pembelajaran tematik siswa kelas III sekolah dasar wadukopa. jurnal pendidikan dasar, 1(3). https://jurnal educ. ord/index.php/pendagogia.

Bahan, S., dkk. (2021). pengembangan media pakapin dalam pembelajaran tematik muatan ppkn pada siswa kelas 1 sd pengemudi luhut st. alosius sedayu. TRIHAYUI: jurnal pendidikan ke-SD-an, 8(1), 1259-263. https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i1.11134

Melani, & Mulyani. (2021). Pengembangan Media Papan Kantong Pintar (PAKAPIN) Pada Pembelajaran Tematik Sub Tema Gemar Berolahraga Untuk Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 09, 3164.

Mulyati, C & Rahman, T. (2019). Pengembangan Media Papan Flanel Untuk Memfasilitasi Kemampuan Konsep Bilangan Anak Pada Kelompok B. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 1(1), 59–68. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i1.362

Nurfadhillah, S., dkk. (2021). Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Matematika Dan Manfaatnya Di Sekolah Dasar Swasta Plus Ar-Rahmaniyah. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 289–298. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Nurhasanah, Intan. (2021). penggunaan media audio visual pada mata pembelajaran bahasa arab. jurnal pendidikan dan sains, 2(2).

Octaviani, S,W. (2021). pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis scientific approach pada pembelajaran ipa dikelas IV sekolah dasar.https;//e-journal.nalanda.ac.id/index.php/jdan/article/download/154/150/516

Peraturan pemerintah No. 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Sholeh, A.,dkk. (2022). pengembangan media (PAKAPIN) papan kantong pintar berbasis literasi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar. 32.http://journal.unirow.ac.id/indeks.php/elenor/article/donwlod/459/425

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published
28-01-2024
How to Cite
Kiki Diah Putriningsih, & Siti Quratul Ain. (2024). Pengembangan Media Papan Kantong Pintar (PAKAPIN) Tema 6 Subtema 1 untuk Siswa Kelas III SDN 005 Bukit Jaya Pelalawan. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 129-136. https://doi.org/10.58230/27454312.477