Pengembangan Media Jam Materi Mengenal Satuan Waktu Pada Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas II SDN 17 Pekanbaru

  • Yella Guspa Eliza Universitas Islam Riau
  • Siti Quratul Ain Universitas Islam Riau
Keywords: Media Jam, Matematika, Sekolah dasar

Abstract

Tujuan yang ingin di capai peneliti yakni agar memahami proses pengembangan media pembelajaran jam materi mengenal satuan waktu pada pembelajaran matematika dan hasil validitas dari media yang telah dikembangkan. Desain  penelitian  ini  memakai  R&D,  yakni research  and  development.  R&D dipakai memakai  model  pengembangan ADDIE disederhanakan mulai tahap analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development). Tahapan model ADDIE disederhanakan karena terbatasnya waktu dalam penelitian. Instrumen pengumpulan data dipakai adalah lembar validasi para ahli. Teknik pengumpulan data yakni lembar validasi, observasi dan wawancara tidak terstruktur. Hasil  penelitian  ini  yakni  1)  Materi Jam dinyatakan layak didasari  hasil  validasi angket validator materi dimana memeroleh persentas 92%; 2)  Media jam satuan  waktu dinyataakan valid didasarkan hasil validasi ahli materi akan skor 96%;

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ahmad, Susanto. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group

Arsyad Azhar. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Isrok’atun, & Rosmala, A. (2020). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.

Kustandi, Cecep., dan Darmawan, Daddy. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Kencana.

Purnawati, Rini dan Dea Mustika. (2021). Pengembangan Media Boneka Jari Tema 5 Subtema 1 di Kelas 1SDN 193 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai 5 (3).

Rejeki, R., Adnan, M. F., & Siregar, P. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 337–343.

Safitri, S. R., Fauziyah, N., & Nugroho, A. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Menulis Deskripsi Melalui Media Kartu Kata Bergambar Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. JTIEE, 2(2), 85-93. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30587/jtiee.v2i2.758.

Samidi dan Istarani. (2016). Kompetensi & Profesionalisme Guru Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Matematika, Medan: Iscom Medan.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Alphabet.)

Sukmadinata, N.S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Suparlan.( 2020). “Peran Media dalam Pembelajaran di SD/MI”. Islamika: Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan.

Published
06-02-2024
How to Cite
Yella Guspa Eliza, & Siti Quratul Ain. (2024). Pengembangan Media Jam Materi Mengenal Satuan Waktu Pada Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Kelas II SDN 17 Pekanbaru . Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 475-482. https://doi.org/10.58230/27454312.508