Pengembangan Modul Pembelajaran Pada Tema Sehat Itu Penting Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Quran Di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 4 Tana Toraja
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan modul, merancang prototipe modul, mengevaluasi modul pada tema sehat itu penting terintegrasi ayat-ayat Al-Quran pada kelas V MIN 4 Tana toraja. Penelitian ini menggunakan metode 4D yang dilakukan sekolah MIN 4 Tana. Jenis penelitian ini adalah R&D yang berfokus pada pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa MIN 4 Tana toraja dan objeknya adalah modul tema sehat itu penting (subtema peredaran darahku sehat). Data dalam penelitian dikumpulkan melalui angket dan wawancara. Dari hasil analisis kebutuhan bahwa pendidik MIN 4 Tana Toraja belum menggunakan bahan ajar berupa modul saat proses pembelajaran oleh karenanya penulis mengembangkan dan menghasilkan modul tema sehat itu penting terintegrasi ayat-ayat Al-quran sebagain alat bantu dalam belajar. Modul yang telah dibuat selanjutnya divalidasi oleh 3 ahli validator diantaranya ahli materi/desain, validator bahasa, dan validator agama. Hasil validasi kemudian dianalisis untuk mengetahui kevalidan produk yang telah ditotalkan dan bernilai sangat valid dengan presentase 89% hasil dibuktikan dengan nilai dari ahli materi/desain 87% nilai dari ahli agama, dan nilai dari ahli bahasa 72%.
Metrics
References
Angraini, Nurul, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif’, 2015
Fitriani, Fina, ‘Untuk Pembelajaran IPA Berwawasan Unity of Sciences Materi Reproduksi Dan Keluarga Berencana Pada Kelas Xi’, 2018
Handikha, I Made Dwika, Anak Agung Gede Agung, and I Gde Wawan Sudatha, ‘Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Model Luther Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013 Di SMP Negeri 1 Marga Kabupaten Tabanan Jurusan Teknologi Pendidikan , FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja ’, Jurnal EDUTECH UNDIKSHA, 1.2 (2013), 1–10
Km, I G A, Nita Indah, Gede Agung, and I Kadek Suartama, ‘Pengembangan Mobile Learning Dengan Model Dick Dan Carey Pada Mata Pelajaran Biologi Di Smpn 5 Mendoyo’, E-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha, 5.2 (2016), 4
Latifah, Sri, ‘Pengembangan Modul IPA Terpadu Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an Pada Materi Air Sebagai Sumber Kehidupan’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4.2 (2015).
Maiti, and Bidinger, Buku Guru Kelas V Tema Sehat Itu Penting/ Kementrian Pendidikn Dan Kebudayaan-Edisi Revisi Jakata:, Journal of Chemical Information and Modeling, 2017, liii
Musfirah, ‘Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Inquiry’, 2018, 121
Purwono, Urip, ‘Deskripsi Butir Penilaian Ahli Materi’, Pembelajaran Matematika.
Sari, Fitri Andika, ‘Pengembangan Modul Terintegrasi Keislaman Pada Materi Larutan Penyangga Di SMA Swasta Darul Iman Kabupaten Aceh Tenggara’, 2019
Sataloff, Robert T, Michael M Johns, and Karen M Kost, ‘Pengembangan Odul Pembelajaran Berkereasi Dengan Clay Bagi Siswa Kelas X Mipa Sma Negerri 1 Barru’, 2019
Sholihah, Nafi’atus, and Ika Kartika, ‘Pengembangan Modul Ipa Terintegrasi Dengan Ayat Al Qur’an Dan Hadis’, Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21.1 (2018),
‘Sistem_Peredaran_Darah_Manusia_Kaitannya (1)’
Sma, D I, and Islam Al-azhar Yogyakarta, ‘Implementasi Integrasi Keilmuan Umum Dan Agama Di Sma Islam Al-Azhar 9 Yogyakarta’, 2018
Ulla, Zahratul, ‘Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Modul Berbasis Sejarah Lokal Budaya’, Journal of Chemical Information and Modeling, 53.9 (2018)
Wibowo, Edi, Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Dengan Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker, Skripsi, 2018.
y uberti, ‘Penelitian Dan Pengembangan Yang Belum Diminati Dan Dan Perspektifnya’, 2018, 1–15
Zauwana, ‘Penembangan Modul Bahasa Indonesia Berbasis Karakteristik’, Jurnal EDUTECH UNDIKSHA, 2018 (2018)
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.