Strategi Pengembangan Program Literasi Peserta Didik SMP di Kota Palopo

  • Risna Aziz
  • Nurdin K. IAIN Palopo
  • Munir Yusuf IAIN Palopo
Keywords: Peserta Didik SMP, Strategi Pengembangan Literasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan strategi pengembangan program literasi peserta didik SMP di Kota Palopo. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh SMP di Kota Palopo, yang meliputi kepala sekolah, guru mata pelajaran IPS, serta peserta didik. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Secara umum program literasi telah mulai dilaksanakan di seluruh SMP di kota Palopo dengan berbagai strategi yang diterapkan oleh sekolah. (2) Strategi pengembangan program literasi peserta didik SMP di Kota Palopo terdiri dari tahap pembiasaan, pengembangan dan pelaksanaan pembelajaran berbasis literasi. (3) Kendala yang dihadapi dalam pengembangan program literasi peserta didik SMP di Kota Palopo di antaranya kurangnya minat baca peserta didik, keterbatasan fasilitas penunjang literasi, masih ada peserta didik yang belum lancar membaca, peserta didik belum memahami literasi numerasi dengan baik, serta kurangnya motivasi guru. Adapun solusi yang ditempuh guru dalam mengatasi kendala dalam program literasi yakni berupaya meningkatkan minat baca peserta didik, memberikan bentuk kegiatan literasi yang lebih bervariasi, memberikan pemahaman tentang pentingnya literasi, serta memfasilitasi peserta didik untuk melakukan pengamatan langsung.

Metrics

Metrics Loading ...

Author Biographies

Nurdin K., IAIN Palopo

 

 

 

Munir Yusuf, IAIN Palopo

 

 

References

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara.

Al-Mutmainnah, W., Pantiwati, Y., & Purwanti, E. (2017). Analisis Penerapan GLS (Gerakan Literasi Sekolah) di SMP Negeri 1 Batu. Research Report.

Arwansyah, Y. B., Haibah, K., Fatimah, N., & Rahayu, R. K. (2019). PERANAN GURU SEBAGAI PENGELOLA PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN BUDAYA LITERASI SEKOLAH DI SD NEGERI 2 SUMBERAGUNG JETIS BANTUL. Prosiding Seminar Nasional PBSI UPY 2019, 1(1), 13–17.

Budio, S. B. S. (2019). Strategi Manajemen Sekolah. Jurnal Menata: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 56–72.

Darwanto, D., & Putri, A. M. (2021). Penguatan Literasi, Numerasi, dan Adaptasi Teknologi pada Pembelajaran di Sekolah:(sebuah Upaya Menghadapi Era Digital dan Disrupsi). Eksponen, 11(2), 25–35.

Hasbiansyah, O. (2008). Pendekatan fenomenologi: Pengantar praktik penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi. Mediator: Jurnal Komunikasi, 9(1), 163–180.

Hastuti, S., & Lestari, N. A. (2018). Gerakan Literasi Sekolah: Implementasi Tahap Pembiasaan Dan Pengembangan Literasi Di Sd Sukorejo Kediri. Jurnal Basataka (JBT), 1(2), 29–34.

Kemdikbud. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Kemendikbud, S. G. L. S. (2018). Strategi Literasi Dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Larkin, M., Flowers, P., & Smith, J. A. (2021). Interpretative phenomenological analysis: Theory, method and research. Interpretative Phenomenological Analysis, 80–106.

Mansyur, M. H. (2021). Iqra’Sebagai Bentuk Literasi Dalam Islam. Hawari: Jurnal Pendidikan Agama Dan Keagamaan Islam, 2(1).

Palupi, A. N., Widiastuti, D. E., Hidhayah, F. N., Utami, F. D. W., & Wana, P. R. (2020). Peningkatan Literasi Di Sekolah Dasar. Bayfa Cendekia Indonesia.

Rohmah, M. A. (2021). MANAJEMEN STRATEGIK PROGRAM LITERASI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Multikasus Di Sman 1 Boyolangu Dan MAN 2 Tulungagung). UIN SATU Tulungagung.

Romdhoni, A. (2013). Al Quran dan Literasi. Linus.

Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis pengembangan budaya literasi dalam meningkatkan minat membaca siswa di sekolah dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151–164.

Salusu, J. (2004). Pengambilan Keputusan Stratejik. Grasindo.

Shihab, M. Q. (2002). Tafsir al-Misbah (Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qur’an, Vol. Cet. I.

Soffel, J. (2016). What are the 21st-century skills every student needs. World Economic Forum, 10.

Sudarmi, S. (2018). Peran Menajemen Pengelolaan Pendidikan Pada Gerakan Literasi di Sekolah (Kajian Terhadap SDN 50 Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis). Akademika: Jurnal Keagamaan Dan Pendidikan, 14(1), 39–56.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Suprayitno, T. (2019). Pendidikan di Indonesia: belajar dari hasil PISA 2018.

Teguh, M. (2020). Gerakan literasi sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(2), 1–9.

Velasufah, W., & Nasriva, W. N. (2022). Indeks Literasi Al-Qur’an di Indonesia.

Wiedarti, P., Laksono, K., & Retnaningsih, P. (2018). Desain induk gerakan literasi sekolah.

Published
20-07-2023
How to Cite
Aziz, R., Nurdin K., & Yusuf, M. (2023). Strategi Pengembangan Program Literasi Peserta Didik SMP di Kota Palopo. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(3), 165-188. https://doi.org/10.58230/27454312.212

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'