Development of Interactive Learning Model Teams Games Tournament Assisted Media Rolling Ball Game in Elementary School
Abstract
This research aims to improve students' morale and learning outcomes by using an interactive learning model of teams games tournaments assisted by rolling ball game media. This type of research uses Research and Development (R&D) development research. The study used the Dick & Carey development model, consisting of 10 stages, but researchers only used five. The analysis stage is carried out to analyze learning needs consisting of analysis of learning objectives, analysis of characteristics of learners, developing research instruments, developing learning strategies, and developing teaching materials. Three validators further validate the model that has been created in the course: validator design, language validator, and material validator. Validation results are then analyzed to find out the validity of the product that has been stored and is very valid value with a percentage of 85.7%. The results are evidenced by the value of the material expert 80%, the value of the linguist 90%, and the design expert 87%. From the results of practicality data that have been obtained, it is known that 7 points score researchers there are six good with a percentage of 75%, and there is an excellent 1 with a percentage of 100%. Therefore, the total is very practical value with a percentage of 90%. From this research, it can be concluded that this learning model can improve learners' spirit and learning outcomes.
Metrics
References
Depdiknas 2003, Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 tentang system pendidikan nasional.
Undang Undang Republik Indonesia No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, ‘Undang-Undang Republik Indonesia, Tentang Guru Dan Dosen’, Pemerintah Indonesia, 2005 <http://sumberdaya.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/02/uu-nomor-14-tahun-2005-ttg-guru-dan-dosen.pdf>.
Samiudin, "Peran Metode Untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran", Jurnal Studi Islam, 2016, hlm 114-115
Hamzah B. Uno, Perencanaan Pembelajaran, Jakarta, PT. Bumi Aksara, 2011, cetakan ketujuh, hal 25.
Atwi Suparman, Desain Instruksional Modern, Jakarta, Erlangga : 2012, hal 183.
Ega Ayu Lestari, ‘Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Eksperimen Ipa Kelas V Sd/Mi’ (Universitas Islam Negeri Raden Intan, 2018).
Cut Marlini & Rismawati, Praktikalitas Penggunaan Media Pembelajaran Membaca Permulaan Berbasis Macromedia Flash, 2019, hal. 279.
Bintari Kartika Sari, Desain Pembelajaran Model Addie dan Implementasinya dengan Teknik Jigsaw, 2017, hal. 88-89.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.