Redesign Lembar Kerja Siswa Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Bahasa Akhlak

  • Hijerani Hamid IAIN Palopo
  • Nurdin K. IAIN Palopo
  • Mirnawati IAIN Palopo
Keywords: Redesign, Lembar Kerja Siswa, Bahasa Akhlak

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Redesign (mendesain ulang)  Lembar Kerja Siswa (LKS) Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Bahasa Akhlak di kelas V SDIT Al-Bashirah Kota Palopo. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui rancangan/design LKS matematika dengan menggunakan bahasa akhlak di kelas V SDIT Al-Bashirah Kota Palopo; Untuk mengetahui tingkat kevalidan LKS matematika dengan menggunakan bahasa akhlak di kelas V SDIT Al-Bashirah Kota Palopo. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (Penelitian dan Pengembangan) dengan mengacu pada model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 tahap utama yaitu, Define (Pendefinisian), Design (Desain), Develop (Pengembangan), dan Desseminate (Penyebaran). Akan tetapi pada penelitian ini, peneliti membatasi tahap penelitian pada tahap Develop (Pengembangan). Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi dengan analisis data berupa uji validitas LKS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rancangan/design LKS matematika dengan menggunakan bahasa akhlak mengacu pada model pengembangan 4-D dengan mendesain ulang LKS rujukan dari segi bahasa dan tampilan LKS menjadi tampak Islami, (2) LKS matematika dengan menggunakan bahasa akhlak telah memenuhi kriteria bahan ajar yang valid yaitu rata–rata penilaian 3,49 berada pada kategori valid.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Amirul Hadi dan Haryono, Metodologi Penelitian Pendidikan (Cet. III. Badung Pustaka Setia,2005),h.154-155

Bakhtiar, D. (2016). Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Terintegrasi Stm (Sains, Teknologi, Dan Masyarakat) Pada Mata Pelajaran Fifika. 1, 730–742.

Daryanto. (2010). Evaluasi Pendidikan. In Cet. VI; Jakarta: Rineka Cipta (Cet. VI; J).

Daryanto dan DwicahyonoAris, 2014, Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar), Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Dek Ngurah Laba Laksana1, Putu Agus Wawan Kurniawan2, I. N. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Sd Kelas Iv Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Ngada. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1), 1–10.

Firman, F. (2014). Penerapan Teknik Penilaian Berbasis Kelas untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Iqra, 2(1), 42.

Firman, F., Aswar, N., Sukmawaty, S., Mirnawati, M., & Sukirman, S. (2020). Application of the Two Stay Two Stray Learning Model in Improving Indonesian Language Learning Outcomes in Elementary Schools. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(3), 551-558. Retrieved from https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/621

Firman, F., Mirnawati, M., Sukirman, S., & Aswar, N. . (2020). The Relationship Between Student Learning Types and Indonesian Language Learning Achievement in FTIK IAIN Palopo Students. Jurnal Konsepsi, 9(1), 1–12. Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/konsepsi/article/view/24

Firman, F., Kaso, N., Arifuddin, A., Mirnawati, M., Ilham, D., & Karim, A. R. (2021). Anti-Corruption Education Model in Islamic Universities. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2146-2158.

Firman, F. (2021). Integrasi Keilmuan dan Rekonstruksi Bahan Ajar di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam.

Kaso, N., Aswar, N., Firman, F., & Ilham, D. (2019). The Relationship between Principal Leadership and Teacher Performance with Student Characteristics Based on Local Culture in Senior High Schools. Kontigensi : Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(2), 87-98. Retrieved from https://jurnal.dim-unpas.web.id/index.php/JIMK/article/view/129

M. Nur Mannan, Achmad Sopyan, S. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal untuk Menembangkan Karakter Positif Siswa SD. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 141–146.

Muriani Nur Hayati , Kasmadi Imam Supardi, S. S. M. (2013). Pengembangan Pembelajaran Ipa Smk Dengan Model Kontekstual Berbasis Proyek. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 2(1).

Nurdin. (2010). Model Pembelajaran Matematika Yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif Untuk Menguasai Bahan Ajar.

Nurdyansyah, & Mutala’liah, N. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Program Studi Pendidikan Guru Madrasa Ibtida’iyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 1–15.

Sukirman, S. (2021). Beberapa Aspek dalam Kedwibahasaan:(Suatu Tinjaun Sosiolinguistik). Jurnal Konsepsi, 9(4), 191-197.

Sukirman, S. Hubungan antara Perkembangan Kognitif Anak dan Pemerolehan Bahasa (Tinjauan Pembelajaran Bahasa). Ulul Albab: Media Aktualisasi Fikir dan Zikir, 14(1), 221803.

Sukirman, S. (2019). Peranan Penerjemah dalam Pembinaan Bahasa Indonesia. Jurnal Konsepsi, 8(1), 29-33.

Sukirman, S., Firman, F., & Ilham, D. (2021). The Role of the Taklim Council in the Development of Islamic Education. Journal of Indonesian Islamic Studies, 1(1), 9-27.

Susanto, A. (2013). Teori belajar dan pembelajaran disekolah dasar prenadamedia grup.

Widyaningrum, E., H, S. A., & Iqbal, M. (2015). Pengembangan Produk Penelitian Berupa Buku Nonteks sebagai Buku Pengayaan Pengetahuan ( The Developing of Research Product in the Form Non-Text Book as a Knowledge Enrichment Book ). Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 1–5.

Published
01-11-2021
How to Cite
Hamid, H., Nurdin K., & Mirnawati. (2021). Redesign Lembar Kerja Siswa Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Bahasa Akhlak. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 10(4), 241-250. https://doi.org/10.58230/27454312.117

Most read articles by the same author(s)