Peningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Permulaan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar

  • Nurhamsih Nurhamsih IAIN Palopo
  • Firman Firman IAIN Palopo
  • Mirnawati Mirnawati IAIN Palopo
  • Sukirman Sukirman IAIN Palopo
Keywords: Membaca dan Menulis Permulaan, Model Picture and Picture

Abstract

Penelitian  tindakan  kelas  ini  secara  umum  untuk  memperbaiki  kualitas pembelajaran dan hasil hasil belajar Bahasa Indonesia di  SD  Negeri  6  Bogar  Palopo. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II b SD Negeri 6 Bogar Palopo pada semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 25 orang. Penelitian Tindakan  Kelas  (PTK)  ini  dilaksanakan  dua  siklus.  Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif dan  kuantitatif.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  dengan  menggunakan pendekatan  pembelajaran  Model  Picture  and  Picture  hasil  belajar  siswa  setiap siklusnya mengalami perubahan secara signifikan. Pada siswa kelas IIb SD Negeri 6 Bogar Palopo, diperoleh bahwa rata rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah sebesar 63,6 termasuk dalam kategori kurang dengan jumlah siswa yang tuntas belajar adalah 6 siswa dengan peresentase 24 % , dan hasil belajar pada siklus II rata rata diperoleh 78 termasuk dalam kategori baik dengan jumlah siswa yang  tuntas  22    dengan  persentase  sekitar  88%,  sedangkan  hasil  belajar  siswa khususnya menulis pada siswa kelas IIb SDN 6 Bogar Palopo diperoleh rata-rata pada siklus I adalah sebesar 66,2 dengan jumlah siswa yang tuntas persentase 32%, dan hasil belajar pada siklus II diperoleh  81,8 termasuk dalam kategori baik dengan jumlah siswa yang tuntas 23 dengan persentase sekitar 92%, disamping itu aktifitas siswa dan aktifitas guru juga mengalami peningkatan dari pertemuan pertama hingga pertemuan terakhir baik dari siklus I maupun siklus II. Penelitian tindakan kelas ini berhasil meningkatkan keterampilan membaca dan menulis pada siswa kelas II SD Negeri 6 Bogar Palopo dengan menerapkan model pembelajaran Picture and Picture.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Akbar, A. (2013). Korelasi Minat Baca terhadap Kemampuan Menulis Cerpen di SMA. https://www.researchgate.net/publication/323905073_Korelasi_Minat_Baca_terhadap_Kemampuan_Menulis_Cerpen_di_SMA/references

Dalman. (2013). Keterampilan Membaca (1st ed.). Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada. Mohammad Ali. (2007). Modul Teori dan Praktek Pembelajaran Pendidikan Dasar. Bandung: UPI Press.

Firman. (2015). Terampil Menulis Karya Ilmiah (Vol. 138). Penerbit Aksara Timur.

Sukirman Nurdjan, S. S., Firman, S. P., & Mirnawati, S. P. (2016). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Penerbit Aksara Timur.

Suharsimi, A. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 120-123.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Grup.

Zainuddin. (2000). Materi Pokok Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Published
04-02-2019
How to Cite
Nurhamsih, N., Firman, F., Mirnawati, M., & Sukirman, S. (2019). Peningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Permulaan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(1), 37-50. https://doi.org/10.58230/27454312.66

Most read articles by the same author(s)