Pengaruh Pembelajaran Sastra Kreatif Berbasis Karakter Terhadap Pengembangan Karakter Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Palopo

  • Sukirman Sukirman IAIN Palopo
  • Mirnawati Mirnawati IAIN Palopo
Keywords: Pembelajaran Sastra Kreatif, Pengembangan Karakter, Siswa MAN Palopo

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pembelajaran aspek sastra kreatif dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia terhadap pengembangan karakter (sikap, perilaku, dan kepribadian) pada kurikulum Satuan Pendidikan berbasis karakter di MAN Palopo tahun pelajaran 2015/2016. Dalam penelitian ini digunakan metode kuantitatif inferensial dengan desain exspos-facto. Jumlah populasi penelitian 410 siswa dan sampel ditetapkan 200 siswa dengan menggunakan teknik penarikan sampel urutan praktis, berimbang, acak, dan stratifeid sampling. Data dikumpulkan menggunakan teknik angket dalam bentuk skala likert, dokumentasi, dan observasi tidak terstruktur. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan program SPSS 11,05. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif pembelajaran aspek sastra kreatif terhadap pengembangan karakter (sikap, perilaku, dan kepribadian) siswa dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Berbasis Karakter di MAN  Palopo, yaitu 0,373 (db = 1-198,  F = 31,975 dengan P = 0,00. Hal ini menunjukkan bahwa lebih kecil dari kriteria yang telah ditetapkan, yaitu 0,05, sedangkan sumbangan efektif variabel X terhadap Y mencapai 1,39%.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ary, Donald dkk. (1982). Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. terj. Arief Furchan. Surabaya: Usaha Nasional.

Asmani, Jamal Ma’mur. (2013). Tips Menjadi Guru Ispiratif, Kreatif, dan Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Effendi, S. (1978). Bimbingan Apresiasi Puisi. Jakarta: Nusa Indah.

Elfindari dkk. (2012). Pendidikan Karakter Kerangka Metode dan Aplikasi untuk Pendidikan dan Profesional. Jakarta: Baduose Media.

Emir & Saifur Rohman. (2015). Teori dan Pengajaran Sastra. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Firman, F., Mirnawati, M., Usman, U., & Syamhari, S. (2019). How to Apply the Process Skills Approach to Improving Indonesian Language Learning Outcomes in Senior High Schools. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 145-154. Retrieved from https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/79

Hardjana, Andre. (1985). Kritik Sastra Sebuah Pengantar. Jakarta: PT Gramedia.

Husni. (2012). Optimalisasi Peran Keluarga dalam Pendidikan Karakter Bangsa. STAIN Palopo: Jurnal Ulul Abab.

Jabrohim. (1994). Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Natsir, M. (1988). Metodologi Penelitian. Jakarta: Galia.

Noor, Rohinah M. (2011). Pendidikan Karakter Berbasis Sastra Solusi Pendidikan Moral yang Efektif. Jogjakarta: Ar-RazzMedia.

Rahayu, Risa. (2010). “Pengembangan Perangkat Membaca Pemahaman Karya Sastra Berbasis Pendidikan Karakter pada Kelas XI IPA/IPS SMN 3 Surabaya“. Surabaya: Laporan Penelitian.

Ratna, Nyoman Kutha. (2015). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjana, (1992). Metode Statistika. Bandung : Transito.

Sugono. Dendy, dkk. (1998). Setengah Abad Kiprah Kebahasaan dan Kesusastraan Indonesia 1947-197. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Depdikbud.

Sumardjo, Jakob dan Saini K.M. (1997). Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sunaryo, Hari. (2011). “Pembelajaran Sastra Kreatif Produktif dalam Konteks Multi Kultur Bagi Keterampilan Membaca Puisi di SMP Kota Malang.” Jurnal. Malang: FKIP Universitas MuhammadIyah.

Suryaman, Maman. (2010). “Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Sastra”. Artikel. Yogyakarta: PBSI FBS UNY.

Teeuw, A. (1984). Sastra dan Ilmu Sastra Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Pusat Pustaka Jaya.

Wahid, Sugira. (1998). “Sastra Melayu dan Peranannya dalam Pembangunan Sumber Daya Manusia di Sulawesi Selatan.” Makalah. Symposium Bahasa Melayu Indonesia. Ujung Pandang: IKIP.

Wellek, Rene dan Austin Warren. (1995). Theory of Literature atau Teori Kesusastraan. terj. Melani Budianta. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Published
02-11-2020
How to Cite
Sukirman, S., & Mirnawati, M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Sastra Kreatif Berbasis Karakter Terhadap Pengembangan Karakter Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Palopo. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(4), 389-402. https://doi.org/10.58230/27454312.54

Most read articles by the same author(s)