Transformasi Kepemimpinan Pendidikan Era Disrupsi
Abstract
The purpose of this study is to determine the role of educational leadership in times of significant change and upheaval. The methodology used in this research utilizes a library-based research method or strategy. Library research is a systematic approach to collecting, examining, and interpreting materials from various library sources or related literature. The purpose of this research is to gain a comprehensive understanding of the topic or research problem under investigation. The findings of this study show that conversations around the period of disruption and leadership are associated with two very contrasting phenomena. Disruption refers to the global challenges that result in change over time due to technology, while leadership refers to the set of skills that a leader must possess to advance the environment in order for an organization (from a small group to a country) to survive and not sink but now advance through the use of technology. At the very least, you will know the psychological requirements one needs to be a leader when you lead one. It is not enough for a person to have psychological qualities or traits that enhance their leadership capacity for them to be deemed fit or appropriate for the role, they must also better demonstrate leader-like behavior within their team or among their members.
Metrics
References
Arifudin, O. (2021). Implementasi Balanced Scorecard dalam Mewujudkan Pendidikan Tinggi World Class. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 767–775.
Arifudin, O. (2019). Manajemen Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Perguruan Tinggi. MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 3(1), 161–169.
Bernie. (2009). 21st Century Skills. London: Jossey-Bass.
Febrianty, F. (2020). Kepemimpinan & Prilaku Organisasi Konsep Dan Perkembangan. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Forum, T. W. E. (2020). Future of Job (laporan mengenai kebutuhan skill manusia di tahun 2020). Jenewa: The World Economic Forum.
Hasbi, I. (2021). Administrasi Pendidikan (Tinjauan Teori Dan Praktik). Bandung : Widina Bhakti Persada.
Hieker. (2021). The Future of Leadership Development. London: University College London.
Irwansyah, R. (2021). Perkembangan Peserta Didik. Bandung : Widina Bhakti Persada.
Kasali. (2018). Disruption (9th ed.). Jakarta: Gramedia.
Nadeak, B. (2020). Manajemen Humas Pada Lembaga Pendidikan. Bandung: Widina Bhakti Persada.
Ohoitimur. (2018). Disrupsi: Tantangan bagi Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Peluang bagi Lembaga Pendidikan Tinggi. Respons, 23(02), 143-166.
Rahayu, Y. N. (2020). Program Linier (Teori Dan Aplikasi). Bandung : Widina Bhakti Persada.
RISTEKDIKTI. (2018). Pengembangan Iptek dan Pendidikan Tinggi di Era Revolusi Industri 4.0. Jakarta: Ristekdikti.
Suwardana, H. (2018). Revolusi Industri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental. JATI UNIK: Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri
Zuhri. (2019). Kepemimpinan Wirausaha Era Disrupsi Digital. Zuhri, A, 2019, KepeBunga Rampai Gubahan Akademisi Manajemen 2019. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (2614-8854) Volume 5, Nomor 1, Januari 2022 (153-161) 161
http://www.republika.co.id/berita/jurnalisme-warga/wacana/17/11/24/ozw649440- menghadapi-era-disrupsi-part1.
Copyright (c) 2024 Rita Dwi Nawanti, Wahyudi Taufan Santoso, Bambang Sumardjoko, Achmad Fathoni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.