Penerapan Strategi Reading Aloud dalam Menumbuhkan Minat Membaca Siswa di Sekolah Dasar
Abstract
Pendidikan merupakan sesuatu yang sangat penting bagi semua orang. Dengan memiliki pengetahuan dan wawasan maka setiap individu akan mampu mencapai kesuksesan dalam hidupnya, minat membaca harus di tumbuhkan pada anak yakni dimulai dari pendidikan dasar. Berdasarkan fungsi dan tujuan, penerapan strategi pembelajaran yang cocok sendiri juga dianggap mampu meningkatkan minat membaca siswa yakni dengan penerapan startegi reading aloud dalam menumbuhkan minat membaca. Dengan adanya permasalahan tersebut, peneliti berkeinginan untuk mendeskripsikan penerapan strategi reading aloud dalam menumbuhkan minat membaca siswa di Sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptìf kualitatif. Partisipan atau subjek pada penelitian ini adalah Guru walikelas I dan kelas 3 yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu Sekolah Dasar yang berada di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar di SDN 02 Lalung Karanganyar. Berdasarkan penelitian ini (1) Strategi Reading aloud dinilai efektif dan memberikan semangat baru bagi siswa (2) Pelaksanaan strategi reading aloud mampu memberikan minat siswa dalam membaca (3) Siswa sangat antusias dalam penerapan strategi reading aloud ini dan sebagian besar siswa memiliki minat membaca yang tinggi. Data diambil dari hasil test membaca yang akan dilakukan pada masing-masing kelompok. Penilaian yang dilakukan meliputi, kelancaran membaca, pelafalan, serta intonasi dalam membaca. Aspek kelancaran dalam membaca dinilai sangat penting bagi penilaian karena fokus utama yang diteliti adalah agar anak lancer dalam membaca dengan penerapan strategi reading aloud ini. Dengan adanya penerapan pembelajaran dengan menerapkan strategi reading aloud mampu memberikan cara baru bagi pendidik agar dapat mengasah strategi yang cocok bagi siswa
Metrics
References
Al Musawi, A., Kazem, A. M., Al Hashmi, A., & Al Busaidi, F. (2016). The effectiveness of instructional software in reading comprehension skills and reading aloud of Omani fourth basic schools’ students. Technology, Innovation and Education, 2(1). https://doi.org/10.1186/s40660-016-0018-0
Gustina Erwani Guru SDN, O. (n.d.). Penerapan reading aloud untuk meningkatkan keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sd Negeri 020 Jayamukti Kota Dumai.
Hardianto, H. (2019). Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Membaca Teks dengan Menggunakan Metode Reading Aloud di Kelas III SDN. No. 028/XI Tanjung Tahun 2017/2018. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 19(2), 368. https://doi.org/10.33087/jiubj.v19i2.634
Hertika, O. :, Litri, J., Guru, P., Dasar, S., & Pendidikan, J. (2016). Implementasi Metode Reading Aloud dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 2 SD. In Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi (Vol. 31).
Nurkaeti, N., Widiansyah, A., Dariyanto, D., & Farhana, H. (2020). Implementasi Read Aloud pada Orang Tua Siswa dalam Mendorong Gerakan Literasi Sekolah di SDN Harapan Baru III. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 3(2), 105–114. https://doi.org/10.31599/jabdimas.v3i2.203
Qomariyah, R. S., Putri, K., Kurniawati, A., Shofiya, P., Hasanah, N., & Probolinggo, M. (2023). Implementasi Strategi Reading Aloud Untuk Meningkatkan Pemahaman Literasi Pendidikan Dalam Kurikulum Merdeka SDN Mangunharjo 6. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 01(02), 71–75. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk
Rahayu, E. W., & Mustadi, A. (2022). The Read-Aloud Method to Develop Reading Literacy at School’s Educational Park. Jurnal Prima Edukasia, 10(2), 104–113. https://doi.org/10.21831/jpe.v10i2.47331
Sahara, A., Bahri, S., & Erdiana, N. (2018). The Use of Reading Aloud in Teaching Reading Comprehension. In Research in English and Education (READ) (Vol. 3, Issue 2).
Sari Rohaeti, I., Taufik Saleh, Y., & Artikel Abstrak Kata kunci, I. (2021). Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Keterampilan Membaca Nyaring Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 Di SD Negeri Condong Tasikmalaya. In Buana Pendidikan (Vol. 17, Issue 2). http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_buana_pendidikan/index
Sari Rohaeti, I., Taufik Saleh, Y., & Artikel Abstrak Kata kunci, I. (2021). Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Keterampilan Membaca Nyaring Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 Di SD Negeri Condong Tasikmalaya. In Buana Pendidikan (Vol. 17, Issue 2). http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_buana_pendidikan/index
Sdn, J., 111 Samataring, N., & Jeneponto, K. (n.d.). Pengaruh Penerapan Metode Reading Aloud Terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas II Sekolah Dasar.
Sri Lena, M., Shilfia Iraqi, H., Aidina, N., & Erawati, T. (n.d.). Agustus 2023 e-ISSN: 2964-982X. 1(3), 14–21. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v1i3.197
Studi Pendidikan Sekolah Dasar, P., & Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Garut, S. (2017). Penerapan Strategi Reading Aloud dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Membaca Cerita Rakyat 1 Neni Nadiroti Musliha, 2 Tarmini. In Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 1, Issue 2).
Syahdinar, E., Ridhani, A., & Sili, S. (2019). Increased Reading Skills Aloud Using Modeling Strategies In Grade II Students Of SDN 009 Sangata Utara. In Jurnal Pendas Mahakam (Vol. 4, Issue 2). Desember.
Syahdinar, E., Ridhani, A., & Sili, S. (2019). Increased Reading Skills Aloud Using Modeling Strategies in Grade II Students Of SDN 009 Sangata Utara. In Jurnal Pendas Mahakam (Vol. 4, Issue 2). Desember.
Wardina, S., Pagarra, H., & Pendidikan Guru Sekolah Dasar, J. (n.d.). Penerapan Metode reading Aloud Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SDN 151 Timbula Kabupaten Bulukumba the application of the reading aloud method to improve indonesian language learning outcomes for 3 rd Grade Students Of SDN 151 Timbula Kaupaten Bulukumba.
Copyright (c) 2024 Dian Permata Mayasari, Achmad Fathoni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.