Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar dalam Era Society 5.0: Studi di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Indonesia

  • Nurmayani IAIN Palopo
  • Muhaemin IAIN Palopo
  • Mirnawati IAIN Palopo
Keywords: Minat Membaca, Era Society 5.0, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat membaca siswa sekolah dasar sekota Palopo di Era Society 5.0 dan dampak yang diberikan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pembagian angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan minat membaca siswa sekolah dasar sekota Palopo di Era Society 5.0 tergolong sangat rendah dan hasil analisis angket siswa menunjukkan jumlah pernyataan positif lebih besar dibandingkan dengan jumlah jawaban penyataan negatif dengan persentase untuk pernyataan positif hanya mencapai 20 % sedangkan persentase untuk pernyataan negatif 14 % yang berada pada interval 0-20 dengan kategori sangat rendah. Didukung dengan hasil wawancara yang membuktikan bahwa minat membaca siswa di Era Society 5.0 memang masih rendah dipengaruhi beberapa faktor diantaranya: 1) faktor dari siswa itu sendiri (internal), 2) faktor dari luar (eksternal), 3) peran orang tua, guru, maupun teman. Dampak Era Society 5.0 terhadap minat membaca siswa sekolah dasar sekota Palopo lebih mengarah pada dampak negatif seperti; 1) siswa menjadi generasi serba instan dimana generasi sekarang ini melakukan segala sesuatu dengan cepat dan instan termasuk dalam mengerjakan tugas. 2) lebih mementingkan kesenangan dan permainan utamanya dalam penggunaan gadjet dibandingkan dengan kegiatan yang dapat lebih bernilai, 3) kurangnya kemampuan dalam memilih dan memilah bahan bacaan yang baik didasarkan pada kurangnya kebiasaan membaca, 4) kurang memanfaatkan dengan baik infrastruktur dan platform teknologi yang tersedia.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ahmadi, F., & Ibda, H. (2018). Media literasi sekolah: Teori dan praktik. CV. Pilar Nusantara. ISBN: 978-602-51368-1-8.

Al Hakim, R.T.Y. et al. (2021). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19, Tantangan yang Mendewasakan (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris). UAD Press. ISBN: 978-623-6071-28-1.

Ariyatun, A., Sudarmin, S., Wardani, S., & Saptono, S. (2022). Evaluasi dan Analisis Program Gerakan Literasi Sekolah pada Penilaian Kompetensi Minimal Siswa Menggunakan Model Countenance Stake. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Prosnampas). https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/issue/view/37.

Dewi Tri, H. (2017). Hubungan Minat Membaca di Perpustakaan Sekolah dengan Prestasi Belajar Siswa MI Muhammadiyah Penaruban Purbalingga Tahun Pelajaran 2016/2017 [PhD Thesis]. IAIN Purwokerto. https://eprints.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2505.

Hidayatullah, S., Alvianna, S., & Estikowati. (2023). Metodologi Penelitian Pariwisata. uwais inspirasi indonesia. ISBN: 978-623-133-042-0.

Idhamani, A. P. (2020). Dampak Teknologi Informasi terhadap Minat Baca Siswa. UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 35–41. https://doi.org/10.20885/unilib.vol11.iss1.art4

Iflaha, N. (2020). Program Literasi dalam Mengembangkan Wawasan Pengetahuan Siswa. Jurnal Kajian Islam Kontemporer (JURKAM), Vol 1 No 1. http://ejurnal.seminar-id.com/index.php/jurkam/article/view/922.

Istifadah, R. (2018). Dampak penggunaan handphone terhadap perilaku peserta didik di SMA Piri Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan [PhD Thesis]. UIN Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3893.

Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Anak Hebat Indonesia. ISBN-el: 978-623-244-584-0.

Luchiyanti, A., & Rezania, V. (2022). Upaya Guru dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Kelas Dasar. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 84–92. https://doi.org/10.21093/twt.v9i2.4211

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), Article 1. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813

Muchson, M. (n.d.). Statistik Deskriptif. Spasi Media.

Nasution, L. A. A. (2020). Revitalisasi Cinta Tanah Air Tantangan Bangsa Indonesia dalam Menghadapi Era Society 5.0. Samudra Biru. ISBN: 978-623-7507-66-6.

Pratama, F. A. L., Trisiana, A., Anggraini, N. N., Kurniawati, L. S., Nugraha, A. S., & Nawangsih, A. T. (2023). Implementasi Nilai Pancasila dalam Bhinneka Tunggal Ika Sebagai Alat Pemersatu Bangsa di Era Generasi Milenial. Unisri Press. ISBN: 978-623-5859-44-6.

Purnomo, B. A. (n.d.). Pemuda dan Nasionalisme Peranan KNPI Kota Tangerang dalam Menanamkan Sikap Nasionalisme Pemuda di Era Globalisasi [B.S. thesis]. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/63187.

Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendikbud, Pendidikan di Indonesia Belajar dari Hasil PISA 2018, (PISA Governing Board Indonesia,2019)

Rahmi, A. A., & Dafit, F. (2022.). Peran Guru dalam Minat Membaca Siswa Kelas II Sekolah Dasar.

Saraya, Y. (2023) ‘Strategi Kepala Prodi MPI dalam Membangun Budaya Minat Baca Dikalangan Mahasiswa (Studi Kasus Budaya Minat Baca di Universitas Singaperbangsa Karawang) | Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK)’ <https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/6226>.

Zuhri, S., Fajriah, N., Wibowo, R. T. H., Prakoso, A. A. D., Indriani, R. O., Windari, A. T., Thomas, C., Auliya, A. Z., Annisa, M., & Yusuf, M. (2020). Teori Komunikasi Massa dan Perubahan Masyarakat (Vol. 5). Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang bekerjasama dengan Inteligensia Media (Intrans Publishing Group). ISBN: 978-623-7374-77-0.

Widodo, S., & Vit Ardhyantama. (2023). Membaca dan Menulis Konsep dan Praktik Abad 21. Penerbit Andi. ISBN: 978-623-8186-11-2.

Published
31-08-2023
How to Cite
Nurmayani, Muhaemin, & Mirnawati. (2023). Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar dalam Era Society 5.0: Studi di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Indonesia. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(3), 299-318. Retrieved from https://ssed.or.id/contents/article/view/235