Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar dalam Era Society 5.0: Studi di Kota Palopo, Sulawesi Selatan, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat membaca siswa sekolah dasar sekota Palopo di Era Society 5.0 dan dampak yang diberikan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pembagian angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan minat membaca siswa sekolah dasar sekota Palopo di Era Society 5.0 tergolong sangat rendah dan hasil analisis angket siswa menunjukkan jumlah pernyataan positif lebih besar dibandingkan dengan jumlah jawaban penyataan negatif dengan persentase untuk pernyataan positif hanya mencapai 20 % sedangkan persentase untuk pernyataan negatif 14 % yang berada pada interval 0-20 dengan kategori sangat rendah. Didukung dengan hasil wawancara yang membuktikan bahwa minat membaca siswa di Era Society 5.0 memang masih rendah dipengaruhi beberapa faktor diantaranya: 1) faktor dari siswa itu sendiri (internal), 2) faktor dari luar (eksternal), 3) peran orang tua, guru, maupun teman. Dampak Era Society 5.0 terhadap minat membaca siswa sekolah dasar sekota Palopo lebih mengarah pada dampak negatif seperti; 1) siswa menjadi generasi serba instan dimana generasi sekarang ini melakukan segala sesuatu dengan cepat dan instan termasuk dalam mengerjakan tugas. 2) lebih mementingkan kesenangan dan permainan utamanya dalam penggunaan gadjet dibandingkan dengan kegiatan yang dapat lebih bernilai, 3) kurangnya kemampuan dalam memilih dan memilah bahan bacaan yang baik didasarkan pada kurangnya kebiasaan membaca, 4) kurang memanfaatkan dengan baik infrastruktur dan platform teknologi yang tersedia.
Metrics
References
Ahmadi, F., & Ibda, H. (2018). Media literasi sekolah: Teori dan praktik. CV. Pilar Nusantara. ISBN: 978-602-51368-1-8.
Al Hakim, R.T.Y. et al. (2021). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19, Tantangan yang Mendewasakan (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris). UAD Press. ISBN: 978-623-6071-28-1.
Ariyatun, A., Sudarmin, S., Wardani, S., & Saptono, S. (2022). Evaluasi dan Analisis Program Gerakan Literasi Sekolah pada Penilaian Kompetensi Minimal Siswa Menggunakan Model Countenance Stake. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Prosnampas). https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/issue/view/37.
Dewi Tri, H. (2017). Hubungan Minat Membaca di Perpustakaan Sekolah dengan Prestasi Belajar Siswa MI Muhammadiyah Penaruban Purbalingga Tahun Pelajaran 2016/2017 [PhD Thesis]. IAIN Purwokerto. https://eprints.uinsaizu.ac.id/id/eprint/2505.
Hidayatullah, S., Alvianna, S., & Estikowati. (2023). Metodologi Penelitian Pariwisata. uwais inspirasi indonesia. ISBN: 978-623-133-042-0.
Idhamani, A. P. (2020). Dampak Teknologi Informasi terhadap Minat Baca Siswa. UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 35–41. https://doi.org/10.20885/unilib.vol11.iss1.art4
Iflaha, N. (2020). Program Literasi dalam Mengembangkan Wawasan Pengetahuan Siswa. Jurnal Kajian Islam Kontemporer (JURKAM), Vol 1 No 1. http://ejurnal.seminar-id.com/index.php/jurkam/article/view/922.
Istifadah, R. (2018). Dampak penggunaan handphone terhadap perilaku peserta didik di SMA Piri Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan [PhD Thesis]. UIN Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3893.
Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. Anak Hebat Indonesia. ISBN-el: 978-623-244-584-0.
Luchiyanti, A., & Rezania, V. (2022). Upaya Guru dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Kelas Dasar. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 84–92. https://doi.org/10.21093/twt.v9i2.4211
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1), Article 1. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Muchson, M. (n.d.). Statistik Deskriptif. Spasi Media.
Nasution, L. A. A. (2020). Revitalisasi Cinta Tanah Air Tantangan Bangsa Indonesia dalam Menghadapi Era Society 5.0. Samudra Biru. ISBN: 978-623-7507-66-6.
Pratama, F. A. L., Trisiana, A., Anggraini, N. N., Kurniawati, L. S., Nugraha, A. S., & Nawangsih, A. T. (2023). Implementasi Nilai Pancasila dalam Bhinneka Tunggal Ika Sebagai Alat Pemersatu Bangsa di Era Generasi Milenial. Unisri Press. ISBN: 978-623-5859-44-6.
Purnomo, B. A. (n.d.). Pemuda dan Nasionalisme Peranan KNPI Kota Tangerang dalam Menanamkan Sikap Nasionalisme Pemuda di Era Globalisasi [B.S. thesis]. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/63187.
Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemendikbud, Pendidikan di Indonesia Belajar dari Hasil PISA 2018, (PISA Governing Board Indonesia,2019)
Rahmi, A. A., & Dafit, F. (2022.). Peran Guru dalam Minat Membaca Siswa Kelas II Sekolah Dasar.
Saraya, Y. (2023) ‘Strategi Kepala Prodi MPI dalam Membangun Budaya Minat Baca Dikalangan Mahasiswa (Studi Kasus Budaya Minat Baca di Universitas Singaperbangsa Karawang) | Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK)’ <https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/6226>.
Zuhri, S., Fajriah, N., Wibowo, R. T. H., Prakoso, A. A. D., Indriani, R. O., Windari, A. T., Thomas, C., Auliya, A. Z., Annisa, M., & Yusuf, M. (2020). Teori Komunikasi Massa dan Perubahan Masyarakat (Vol. 5). Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang bekerjasama dengan Inteligensia Media (Intrans Publishing Group). ISBN: 978-623-7374-77-0.
Widodo, S., & Vit Ardhyantama. (2023). Membaca dan Menulis Konsep dan Praktik Abad 21. Penerbit Andi. ISBN: 978-623-8186-11-2.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.