Signifikansi Kompetensi Pedagogik terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar

Authors

  • Welana Welana Institut Agama Islam Negeri Palopo
  • Lilis Suryani Institut Agama Islam Negeri Palopo

DOI:

https://doi.org/10.58230/socratika.v1i2.82

Keywords:

Kompetensi Pedagogik, Kinerja Guru, Regresi Linier Sederhana, Sekolah Dasar

Abstract

Kompetensi pedagogik dan kinerja guru saling mempengaruhi satu sama lain dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik yang profesional. Guru yang memiliki kompetensi pedagogik yang baik akan memiliki kinerja yang lebih optimal, sementara guru dengan kompetensi pedagogik rendah akan memiliki kinerja yang rendah. Kinerja guru penting karena ia mempengaruhi mutu pendidikan yang lebih baik dan meningkatkan keberhasilan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimanakah kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru di MI/SD Desa Belopa Kabupaten Luwu, (2) apakah terdapat pengaruh signifikan antara kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru di MI/SD Desa Belopa Kabupaten Luwu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pembagian angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) berdasarkan analisis statistik deskriptif melalui perhitungan nilai rata-rata pada kompetensi pedagogik sebesar 56 % dengan kategori baik, dan pada kinerja guru diperoleh nilai 51 % dengan kategori baik. (2) Berdasarkan hasil uji analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru dengan besarnya distribusi F (Fhitung) sebesar  7,502  dengan nilai Ftabel sebesar 2,477 dengan nilai signifikansi sebesar 0,010 (0,010 < 0,05). Adapun nilai korelasi/hubungan (R) yaitu sebesar 0,425 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru adalah sebesar 42,5 %. Hal ini berarti nilai rata-rata kinerja guru sebesar 42,5 % yang ditentukan oleh nilai kompetensi pedagogik melalui persamaan regresi. Sisanya 57,5 % ditentukan oleh faktor lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayi Abdurahman and others, ‘Urgensi Penguatan Kompetensi Pedagogik Guru Berbasis Multiple Intelegensi pada Sekolah Dasar’, Journal on Education, 5.3 (2023), 10387–98.

Arifin, ‘Bagaimana Kepemimpinan Kepala Sekolah, dan Kompetensi Pedagogik Terhadap Peningkatan Kinerja Guru?’, Vifada Journal of Education, 1.1 (2023), 01–12.

Baharuddin, ‘Hubungan Kompetensi Pedagogik dan Literasi Guru dengan Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah Kota Bekasi’, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 2.No. 1 (2022) <http://www.almeera.education/jpdp/article/view/107> [accessed 6 February 2024].Hakim, A. R., & Darojat, J. (2023). Pendidikan multikultural dalam membentuk karakter dan Identitas Nasional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1337-1346. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1470

Efendi Ujang, Rahman Bujang Rahman, and Riswanti Riswanti Rini, ‘Workshop Gaya Kepemimpinan Path Goal Theory Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Kinerja Guru di Bandar Lampung’, [Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM, 6.9 (2023), 2622–6030. DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v6i9.11505

Ester Putri Setiyowati and Yonatan Alex Arifianto, ‘Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru dan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen’, SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1.2 (2020), 78–95. DOI: https://doi.org/10.52220/sikip.v1i2.57

Jeni S. Kumisi, ‘Meningkatkan Kompetensi Guru Menyusun Administrasi Pembelajaran Kurikulum 2013 Melalui Penerapan Pelatihan Pendampingan In Service Learning dan On The Job Learning Service di SDN No. 44 Hulontalangi’, Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 1.3 (2021), 99–106.Kumalasani, M. P. (2018).

Moh Asror, M. Yunus Abu Bakar, and Ah Zakki Fuad, ‘Modernisme Pendidikan Islam dalam Pemikiran Mahmud Yunus: Analisis dan Relevansinya dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Islam Indonesia Era Society 5.0’, Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 8.1 (2023), 35–52. DOI: https://doi.org/10.55120/qolamuna.v8i2.1027

Noviani Arum Sari Nur Hidayat and others, ‘Kompetensi Pedagogik Guru dalam Membangun Hasil Belajar yang Efektif’, Aulad: Journal on Early Childhood, 4.3 (2021), 214–21. DOI: https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.206

Nurmila Alfiah, Ahmad Firman, and Muhammad Hidayat, ‘Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Sarana Prasarana, dan Motivasi Mengajar Terhadap Kinerja Guru di Kecamatan Ulubongko, Kabupaten Tojo Una-Una’, Cendekia Akademika Indonesia (CAI), 2.2 (2023), 167–82.

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Welana, W., & Suryani, L. (2024). Signifikansi Kompetensi Pedagogik terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar . Socratika: Journal of Progressive Education and Social Inquiry, 1(2), 93–106. https://doi.org/10.58230/socratika.v1i2.82