Penerapan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Sikap Sosial Peserta Didik Di Kelas IV MIS Mutiara

  • Azizah Febryani Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Eka Yusnaldi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Model Pembelajaran, Sikap Sosial, Contextual Teaching and Learning.

Abstract

Abstrak

Peran pendidikan sangat penting dalam mengembangkan kualitas bangsa, termasuk dalam disiplin sosial. Namun kenyataannya masih banyak siswa yang kurang memiliki sikap sosial yang baik. Salah satu upaya untuk meningkatkan sikap sosial siswa adalah dengan menggunakan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan pembelajaran CTL Mutiara terhadap sikap sosial siswa kelas IV MIS Mutiara pada mata pelajaran IPS, serta faktor pendukung dan penghambat dalam . Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penerapan model ini menunjukkan peningkatan sikap sosial siswa pada indikator disiplin, tanggung jawab, kerjasama, percaya diri, dan toleransi, hasil yang diperoleh dikategorikan pada kategori Berkembang sesuai harapan dengan indikator yang paling meningkat yakni terdapat pada indikator percaya diri. Faktor pendukung keberhasilan antara lain lingkungan sekolah kondusif, dukungan orang tua, kerjasama guru-orang tua-masyarakat, keteladanan guru, dan lingkungan sekitar yang mendukung. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi keterbatasan sarana prasarana, kurangnya pemahaman guru, jumlah siswa banyak, minimnya dukungan orang tua, lingkungan masyarakat kurang kondusif, dan waktu pembelajaran terbatas. Untuk mengoptimalkan penerapan model CTL dalam menanamkan sikap sosial siswa, diperlukan upaya mengatasi kendala-kendala tersebut melalui kerjasama dan komitmen yang kuat dari berbagai pihak terkait seperti sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat sekitar.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ananda, R. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan : LPPPI.

Anggraini, D. (2017). Penerapan pembelajaran kontekstual pada pendidikan anak usia dini. Jurnal Universitas Muhammadiyah Jakarta, 39–46.

Aufa. (2016). Upaya Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MI Ma ’ arif Giriloyo II Bantul Yogyakarta. Pendidikan Madrasah, 1(2), 67–89.

Fatiyah, S., & Amien, M. (2016). Penerapan Model Pembelajarana Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Peningkatan Minat, Motivasi dan Aktivitas Belajar. Jurnal Sosialita, 8(2), 295–306.

Hasibuan, I. (2014). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Logaritma, II(01), 1–12.

Kusumawati, T. I., Rambe, R. N., & Syahfitri, R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2), 1079–1088.

Moleong. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nahar, S., Budianti, Y., & Lase, N. A. (2022). Implementation of Social Character Values in Gunungsitoli State Madrasah Students. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 4(1), 68–80. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v4i1.1239

Nurjannah, A. (2019). Penilaian Sikap Berbasis Kurikulum 2013 Di Sekolah Menengah Pertama. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 4(1), 33–42.

Rambe, A. H., & Asna, M. M. (2022). Menumbuhkan Sikap Toleransi Siswa Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, 4(1), 50–61.

Ridhaul Ilmi, M. (2023). Strategi Guru Dalam Membentuk Sikap Sosial Siswa SD Negeri 36 Banda Aceh. 8(4), 309–317. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/

Rohma, Z., Razaq, A. S., & Sar, Y. P. (2022). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning ( CTL ) Terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran Tik. 6, 1686–1693.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Syafaruddin. (2012). Inovasi Pendidikan Suatu Analisis Terhadap Kebijakan Baru Pendidikan. In Psychology Applied to Work: An Introduction to Industrial and Organizational Psychology, Tenth Edition Paul. Perdana Publishing.

Kurniawan, T., Anas, N., & Rohani. (2023). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Ctl Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X Yayasan Nurul Islam Indonesia Materi Lumut. Jurnal Bionatural, 10(2), 107–117. https://doi.org/10.61290/bio.v10i2.721

Utaminingsih, S., & Shufa, N. K. F. (2019). Model & Panduan : Model Contextual Teaching and Learning. Universitas Muria Kudus.

Yusnaldi, E. (2019). Potret Baru Pembelajaran IPS. Medan : Perdana Publishing.

Yusnaldi, E., Damayanti, L., Irfani, S. Y., & Prastiwi, T. S. (2023). Pentingnya Penanaman Sikap Sosial Peserta Didik Melalui Pembelajaran IPS. 7, 30404–30408.

Zunidar. (2020). Strategi pembelajaran. Medan : Perdana Publishing.

Published
30-07-2024
How to Cite
Azizah Febryani Nasution, & Eka Yusnaldi. (2024). Penerapan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Sikap Sosial Peserta Didik Di Kelas IV MIS Mutiara. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 2937-2950. https://doi.org/10.58230/27454312.934