Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas V MIS Mutiara

  • Dalilah Awanis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Eka Yusnaldi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Sikap Sosial, Model Pembelajaran Two Stay Two Stray, Pembelajaran IPS

Abstract

Sikap sosial merupakan hal yang penting bagi siswa dalam berinteraksi dengan lingkungannya. Kenyataannya masih banyak siswa yang mempunyai sikap sosial yang lemah, kurang peduli terhadap temannya, kurang peka terhadap lingkungan dan kurang kerjasama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap perilaku sosial siswa dalam pembelajaran IPS di Kelas V MIS Mutiara. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain kelompok unequal. Instrumen yang digunakan adalah angket sikap sosial dengan skala likert. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan uji Koefisien Determinasi. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Sikap Sosial Peserta Didik Pada Pembelajaran IPS Di Siswa Kelas V MIS Mutiara, hal tersebut diketahui dari nilai signifikasinsi yaitu 0.000, dari hasil tersebut diketahui bahwa nilai signifikasini 0.000<0.05 taraf siginifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.  Adapun Koefisien determinasi (R square) sebesar 0.013, yang berarti bahwa pengaruh model two stay two stray terhadap Sikap Sosial adalah sebesar 1,3%. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat menjadi strategi efektif dalam mengembangkan sikap sosial siswa di sekolah dasar, serta mendukung pembelajaran yang lebih inklusif dan kolaboratif. Hal ini dapat membantu guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan mendorong interaksi positif antar siswa, yang pada akhirnya berkontribusi pada perkembangan sosial dan emosional mereka.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Aji, TP., & Wulandari, SS. (2021). Analisis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Office Administration : Education and Practice, 1(3), 340–350. https://doi.org/10.26740/joaep.v1n3.p340-350

Firman, Syamsiara Nur, & Moh. Aldi SL.Taim. (2023). Analisis Keterampilan Kolaborasi Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 7(1), 82–89. https://doi.org/10.33369/diklabio.7.1.82-89

Harahap, MS., Lubis, R., & Harahap, L. A. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika), 12(2), 148–160.

Manik, K., & Gafur, A. (2016). Penerapan Model Two Stay Two Stray Berbantuan Multimedia Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ips. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(1).

Nurwijayanti, T., Sukardi, & Rizhardi, R. (2023). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (Ts-Ts) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III Sekolah Dasar. SCHOLASTICA JOURNAL JURNAL PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DAN PENDIDIKAN DASAR (Kajian Teori Dan Hasil Penelitian), 6(1), 34–46. https://doi.org/10.31851/sj.v6i1.11578

Pratiwi, H. S. (2019). Hubungan Empati Dengan Penghinaan Fisik Pada Remaja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(2), 344–350. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i2.4790

Rahmawaty, Rasmiwetti, & Rini. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Tipe Two Stay Two Stray ( Tsts ) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Struktur Atom Dan Sistem Periodik Unsur Di Kelas X Sma Negeri 2. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 2(1), 1–9.

Rismayani, LD., Kertih, I. W., & Sendratari, LP. (2020). Penanaman Sikap Sosial Melalui Pembelajaran Ips Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 4(1), 8–15. https://doi.org/10.23887/pips.v4i1.3164

Rista, R., Yolanda, F., Andrian, D., & Sthephani, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di Kelas VIII SMP. Jurnal Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 13(2), 52–60. https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(2).10185

Santi, AW., Andrianie, S., & Ariyanto, RD. (2022). Pengembangan Skala Karakter Empati Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Nusantara of Research, 9(1), 39–50. https://doi.org/10.29407/nor.v9i1.16087

Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Syahmidi, S., & Surawan, S. (2022). Administrasi Guru: Upaya Peningkatan Kualitas Profesionalisme Mengajar. Journal on Education, 4(4), 1401–1411. https://doi.org/10.31004/joe.v4i4.1799

Syahrum, & Salim. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Cipta Pustaka Media.

Syamsiah, S., & Gunansyah, G. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TWO STAY TWO STRAY Mata Pelajaran IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV A SDN Simomulyo 8 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 2(1), 1–9. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/17654

Tanur, D., Razita, M, & Rangratu, O. (2023). Manajemen konflik dan upaya penangannan konflik dalam organisasi pendidikan di sekolah. Inprirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(3), 1–23.

Ulum, C. (2019). Keterampilan Sosial Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Di Kelas V MI Muhammadiyah Selo Kulon Progo. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(2), 229–254. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i2.169

Published
12-08-2024
How to Cite
Dalilah Awanis, & Eka Yusnaldi. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas V MIS Mutiara. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3453-3468. https://doi.org/10.58230/27454312.894