Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing terhadap Kecerdasan Sosial Siswa pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar

  • Wanisa Damayanti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Eka Yusnaldi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: model pembelajaran Role Playing, kecerdasan sosial

Abstract

Abstrak

Kecerdasan sosial siswa pada pembelajaran IPS yang menjadi pembahasan utama pada penelitian ini. Hal tersebut dikarenakan masih banyaknya siswa yang kurang percaya diri ketika diminta untuk tampil didepan kelas dan masih banyaknya siswa yang belum mampu bekerjasama dengan baik ketika diskusi kelompok. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Role Playing terhadap kecerdasan sosial siswa. Penelitian ini dilakukan pada salah satu sekolah dasar islam terpadu di Deli Serdang, dengan subjek siswa kelas lima. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Quasi-Eksperimental. Hasil dari paired samples test nilai signifikansi (Sig) (2-tailed) sebesar 0,000<0,05 artinya adanya perbedaan kecerdasan sosial siswa menggunakan model pembelajaran Role Playing antara nilai pretest dan nilai posttest. Dengan demikian, terbukti bahwa model pembelajaran Role Playing memiliki pengaruh terhadap kecerdasan sosial siswa.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Anas, N., & Sapri, S. (2021). Komunikasi Antara Kognitif dan Kemampuan Berbahasa. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(1), 1. https://doi.org/10.30821/eunoia.v1i1.997

Astriani, V., Usman, N., & Puspita, L. (2018). Pengaruh model Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD NEGERI 05 Indralaya Pada Tema Peristiwa Dalam Kehidupan. Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 5(2), 95–111.

Basri, H. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sdn 032 Kualu Kecamatan Tambang. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 1(1), 38. https://doi.org/10.33578/pjr.v1i1.4368

Hutagalung, E., Sembiring, N., Abi, A. R., & Silaban, P. J. (2022). Pengaruh Model Role-Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita dengan Subtema Manusia dan Lingkungan Kelas V SD. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(20), 666–681.

Jamora, A. G. (2020). Metodologi Penelitian: Kualitatif dan Kuantitatif. In Rake Sarasin.

Judianan, J., Rindrayani, S. R., & Manab, A. (2021). Pengaruh Kecerdasan Sosial Dan Keaktifan Pemuda Dalam Kegiatan Organisasi Karang Taruna Terhadap Kemampuan Me-Mecahkan Masalah Sosial Di Desa …. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 5476–5485.

Lestari, T., Nahadi, N., & Solihati, E. (2021). Bermain Peran Untuk Optimalisasi Kepercayaan Diri Mahasiswa Calon Guru Pendidikan Anak Usia Dini. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 16(1), 97–106. https://doi.org/10.21009/jiv.1601.10

Nasir, M. A. M., Ali, N. A. M., Aziz, A. R. A., Ismail, S., & Faudzi, F. N. M. (2023). An investigation of emotional intelligence and counselling self-efficacy among counsellors-in-training. International Journal of Evaluation and Research in Education, 12(3), 1222–1232. https://doi.org/10.11591/ijere.v12i3.24476

Nita, D., Noersanti, L., Si, S., Nita, D., Noersanti, L., & Si, S. (2020). Pengaruh Komunikasi, Disiplin dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan Bagian Produksi PT. Extrufuck Bekasi Barat. Sekolah Tinggi Indonesia, 3, 1–25.

Nurhasanah, I. A., Atep, S., & Ali, S. (2016). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Mahluk Hidup Dengan Lingkungannya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 611–620.

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185

Putri, D. A. ., Tirtayani, L. ., & Suadnyana, I. . (2019). Pengaruh Metode Proyek Berbasis Pendekatan Saintifik Terhadap Kecerdasan Interpersonal Anak Kelompok B Tk Gugus I Sukawati Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7(1), 13. https://doi.org/10.23887/paud.v7i1.18732

Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Said. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Denah Letak Benda Pada Siswa Kelas VI SDN 6 Besito. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9–17. https://doi.org/10.24176/jino.v2i1.3438

Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian. Cv Alfabeta.

Supriatna, E., Hanurawan, F., Eva, N., Rahmawati, H., & Yusuf, H. (2024). Analyzing Factors Affecting Social Skills Development Among Students in Indonesian Schools. Islamic Guidance and Counseling Journal, 7(1). https://doi.org/10.25217/0020247447100

Wijio, S. (2020). Metode Pengembangan Social Question Pada Anak Dalam Perspektif Pembimbing. Nusantara of Research, 7(1), 37–48. https://doi.org/10.29407/nor.v7i1.15055

Yusnaldi, E. (2022). Potret Baru Pembelajaran IPS (III). Perdana Publishing.

Zakiah, L. (2020). Hubungan Kecerdasan Sosial dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Paremeter, 32(1), 30–52. https://doi.org/10.21009/parameter.321.03

Published
12-08-2024
How to Cite
Wanisa Damayanti, & Eka Yusnaldi. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing terhadap Kecerdasan Sosial Siswa pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3387-3398. https://doi.org/10.58230/27454312.808