Pengembangan Media Smart Box Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Ibtidaiyah

  • Siti Aminah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Eka Yusnaldi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Pengembangan, Smart Box, IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media smart box untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V MIS Rantau Panjang yang layak ditinjau dari segi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dari penelitian ini adalah 22 siswa kelas V MIS Rantau Panjang. Instrumen pengumpulan data adalah lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, lembar angket guru, lembar angket siswa, pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji kevalidan, uji kepraktisan, uji keefektifan media pembelajaran. Hasil data kevalidan media pembelajaran diperoleh berdasarkan hasil penilaian validasi media oleh ahli yang memperoleh persentase sebesar 92% dengan kategori ”sangat valid”, validasi materi sebesar 94% dengan kategori ”sangat valid”. Hasil data kepraktisan diperoleh berdasarkan hasil penilaian angket guru yang memperoleh persentase 100% dengan kategori ”sangat praktis” dan hasil penilaian angket respon siswa yang memperoleh persentase 100% dengan kategori ”sangat praktis”. Hasil data keefektifan media pembelajaran dilihat dari peningkatan signifikan pada analisis N-gain dengan perolehan rata-rata 0,85 dengan kategori tinggi dan sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi teknologi dalam proses pembelajaran dapat memberikan dampak positif yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Smart Box tidak hanya membantu dalam penyampaian materi yang lebih jelas dan interaktif, tetapi juga mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar. Hasil penelitian ini dapat menjadi dasar bagi pendidik untuk mengadopsi teknologi serupa dalam pengajaran mereka, serta memberikan wawasan bagi pengembang teknologi pendidikan dalam menciptakan alat bantu belajar yang lebih inovatif dan efektif. Dengan demikian, penelitian ini berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan dan pencapaian hasil belajar yang lebih baik di sekolah.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ananda, R., & Hayati, F. (2020). Variabel Belajar (Komplikasi Konsep). Medan: CV. Pusdikra MJ.

Anas, N., & Syafitri, K. (2019). Pengaruh Model Savi (Somatic, Auditory, Visual Intellectual) Terhadap Hasil Belajar. Nizhamiyah, IX(1), 37–47.

Cahyaningtyas, T. I., Maruti, E. S., Rulviana, V., & Rahmawati, R. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Smart Box Untuk Anak Tuna Grahita. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 6356(20), 66–72.

Magdalena, I., Lestari, P. I., & Nugrahanti, I. (2021). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Kenampakan Alam (IPS) Pada Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3, 190–198.

Nasution, T., & Lubis, M. A. (2018). Konsep dasar IPS. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru.

Nasution, W. N., & Ritonga, A. A. (2019). Strategi Pembelajaran Kooperatif Konsep Diri Dan Hasil Belajar Sejarah. Medan: CV. Widya Puspita.

Ningrum, P. P., & Dahlan, Z. (2023). Pengembangan Medıa Swıvel Wheel Untuk Menıngkatkan Hasıl Belajar Sıswa Pada Mata Pelajaran IPS dı Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 250–261.

Oktavia, J., Zahra, V., Hanifah, N., & Nugraha, R. G. (2024). Penerapan Media Smart Box untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Kelas IV SD Materi Hak dan Kewajiban. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 545–554.

Polinda, A., Rustinar, E., Kusmiarti, R., Lisdayanti, S. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Kotak Pintar Pada Siswa Kelas 1 SDN 58 Kota Bengkulu. Communnity Development Journal, 4(5), 9758–9762.

Rambe, R. N. K. (2018). Penerapan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tarbiyah, 25(1), 93–124.

Ritonga, F. H., & Aufa, A. (2023). Pengaruh Media Kartu Kata Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal EDUCATIO (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(1), 382–387.

Sugiyono. (2020). Metode penelitian & Pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukaryanti, A., Murjainah, M., Syaflin, S.L (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Pintar Keragaman di Indonesia untuk Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 7(1), 140–149.

Syarifudin, A. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sungai Salak Kecamatan Tempuling. Jurnal Mitra PGMI, 6(1), 76–91.

Triana, J. (2023). Inovasi Media Raih Sukses Mengajar. Jawa Tengah: Penerbit Cahya Ghani Recovery.

Ulfah, & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Aspek Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Al-Amar (JAA), 2(1), 1–9.

Wandini, R. R. (2016). Media Pembelajaran Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Nizhamiyah, 1(12), 39–48.

Yuliastri, N. A., Rohyana Fitriani, & Ilhami, B. S. (2021). Pengembangan Media Smart Box Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Care: Children Advisory Research and Education Jurnal, 8(2), 29–36.

Yusnaldi, E. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Ips Materi Masalah Sosial Di Lingkungan Setempat Dengan Menggunakan Strategi Teams Games Tournament (Tgt) Semester III PGMI FITK UIN Sumatera Utara. Nizhamiyah, IX(1), 78–89.

Zunidar. (2020). Perencanaan Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.

Published
01-08-2024
How to Cite
Siti Aminah, & Eka Yusnaldi. (2024). Pengembangan Media Smart Box Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Ibtidaiyah . Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3077-3086. https://doi.org/10.58230/27454312.778