Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada Mata Pelajaran Matematika

  • Hasri Hasri MTs Negeri Palopo
Keywords: Minat Belajar, Model Kooperatif, Tipe Think Pair Share

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar efektifitas pembelajaran matematika dengan penerapan model kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa   hasil belajar siswa kelas VII MTs Negeri Palopo pada siklus I berada pada  kategori rendah dengan skor rata-rata <50,45 dari skor ideal 100. Penguasaan siswa kelas VII MTs Negeri Palopo dalam siklus II berada pada  kategori sedang dengan skor rata-rata >75,85 dari skor ideal 100. Antara siklus I dan siklus II terjadi peningkatan siswa pada Siklus I sebesar 25,40. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Akhmadan, W. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Materi Garis dan Sudut Menggunakan Macromedia Flash dan Moodle Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Gantang , 2 (1), 27-40.

Arifuddin, A. (2019). Konsep Pendidikan Profetik (Melacak Visi Kenabian Dalam Pendidikan). Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 9(2), 319-338

Firman, F. (2015). Terampil Menulis Karya Ilmiah. Penerbit Aksara Timur. http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/2847/

Fuadi, R., Johar, R., & Munzir, S. (2016). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan penalaran matematis melalui pendekatan kontekstual. Jurnal Didaktik Matematika, Volume 3 Nomor, 47-54. Tersedia: http://jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/4305.

Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Jakarta: Balai Pustaka.

Kesumawati, N. 2009. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 484-493). Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Kurt, H. 2013. Determining Biology Teacher Candidates Conceptual Structures about Energy and Attitudes Towards Energy. Journal of Baltic Science Education, 12 (4): 399-423.

Mirnawati, M. (2020). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 98-112. Retrieved from https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/14

Munir, 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Poedjiadi, A. (1990), “Kecenderungan Pendidikan Sains dan Teknologi dimasa yang Akan Datang. Makalah dan Lokakarya tentang Reorientasi dan perubahan Kurikulum Pendidikan Menengah Umum”, Jakarta, 17-19 Januari.

Setiani, CK (2014). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments Berbantuan Macromedia Flash Untuk meningkatkan HasilL Belajar Kewirausahaan Dasar Membuat Keputusan Kelas X SMK Widya Praja Ungaran. Jurnal Analisis Pendidikan Ekonomi , 3 (1), 17-23.

Shoimin, A. (2016). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media

Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tanrere, SM (2012). Pengembangan Media Kemo Editainment Melalui Software Macromedia Flash MX Untuk Pembelajaran IPA Kimia Di SMP. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan , 18 (2), 156-162.

Yager, R.E. (1992), “Science-Technology-Society as Reform”, ICASE YEARBOOK, 2-8.

Yeni. 2010. Langkah-langkah Metode Pembelajaran TPS (Think Pair Share). Tersedia: http://fisikasma-online.blogspot.com.

Published
01-05-2021
How to Cite
Hasri, H. (2021). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) pada Mata Pelajaran Matematika. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 10(2), 79-86. https://doi.org/10.58230/27454312.83