Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Pendekatan Project Based Learning pada Mata Pelajaran Matematika
Abstract
Project based learning sebagai salah satu pendekatan pembelajaran yang digukana guru di kelas dengan berbasis kegiatan kerja proyek. Pendekatan pembelajaran berbasis kerja proyek merupakan bentuk pembelajaran yang memuat tugas-tugas kompleks yang mengacu pada pertayaan dan permasalah yang menantan dan menuntun siswa merancang, memecahkan masalah, membuat keputusan, melakukan kegiatan investigasi, dan mendorong siswa untuk berbuat lebih mandiri. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MTsN Palopo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tidakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTsN Palopo sebanyak 34 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode project based learning pada siklus I masih dalam ketegori rendah dengan skor terbanyak antara 40-54 atau sekita 75% dari skor ideal 100. Panguasaan siswa pada tahap siklus II sudah menunjukkan kategori sedang dengan skor terbanyak 75-89 atau sekitar 76% dari skor ideal 100. Sehingga antara siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Hasil penelitian menujukkan bahwa pretasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan pembelajaran project based learning mengalami peningkatan prestasi belajar siswa.
Metrics
References
Abdul Majid.(2006). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Rosda: Bandung
Afriana, Jaka. 2015. Project Based Learning (PjBL). Makalah untuk Tugas Mata Kuliah Pembelajaran IPA Terpadu. Program Studi Pendidikan IPA Sekolah Pascasarjana. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.
Arifuddin, A. (2018). Pengaruh Profesionalitas Guru Terhadap Perkembangan Potensi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Aliyah Al-Ikhlas Ujung. AL QAYYIMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1).
Arifuddin, A., & Ilham, M. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan; Kontribusi Lembaga Informal Terhadap Pembinaan Karakter Anak. IQRO: Journal of Islamic Education, 3(1), 31-44.
Fadjar Shadiq. 2003. Penalaran, Pemecahan Masalah dan Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Paket Pembinaan Penataran (PPP). Yogyakarta: PPPG Matematika
Firman, F. (2018). Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif.
Firman, F., Aswar, N., Sukmawaty, S., Mirnawati, M., & Sukirman, S. (2020). Application of the Two Stay Two Stray Learning Model in Improving Indonesian Language Learning Outcomes in Elementary Schools. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(3), 551-558.
Global SchoolNet.( 2000). Introduction to Networked Project-Based Learning. Diambil dari http://www.gsn.org/web/pbl/whatis.htm
Ilham, M., Amiruddin, M. M., & Arif, A. (2020). Islamic Harmony Examplar: The Qur'an's Frame on Social Interaction with Non-Muslims. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 6(2), 191-206.
Kaso, N., Aswar, N., Firman, F., & Ilham, D. (2019). The Relationship between Principal Leadership and Teacher Performance with Student Characteristics Based on Local Culture in Senior High Schools. Kontigensi: Jurnal Ilmiah Manajemen, 7(2), 87-98.
Kesumawati, N. 2009. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 484-493). Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.
Kurt, H. 2013. Determining Biology Teacher Candidates Conceptual Structures about Energy and Attitudes Towards Energy. Journal of Baltic Science Education, 12 (4): 399-423.
Munir, 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.
Muthmainnah, M. ANALISIS KEMAMPUAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PENYUSUNAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) KURIKULUM 2013 DI MTs NEGERI KOTA PALOPO.
Ngalimun. 2013. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo
Nurhamsih, N., Firman, F., Mirnawati, M., & Sukirman, S. (2019). Peningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Permulaan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(1), 37-50.
Rijal, S dan Bachtiar, S. 2015. Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioedukatika, 3 (2): 15-20.
Rustan, S., Jufriadi, J., Firman, F., & Rusdiana, J. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Tudassipulung. In Prosiding Seminar Nasional (Vol. 2, No. 1, pp. 693-702). Universitas Cokroaminoto Palopo.
Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.