Analisis Instrumen Penilaian Hasil Belajar Kimia untuk Mengukur High Order Thinking Skill (Hots) Semester Genap Kelas X Berdasarkan Permodelan Rasch

  • Oddy Azis Saputra Universitas Negeri Medan
  • Nurfajriani Universitas Negeri Medan
  • Ajat Sudrajat Universitas Negeri Medan
Keywords: instrumen, penilaian, HOTS, rasch

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk mendeskripsikan hasil analisis instrumen penilaian berbasis HOTS yang dapat digunakan dalam evaluasi hasil belajar siswa di semester genap kelas X SMA. Analisis hasil instrumen ini dilakukan berdasarkan tahapan kedua dan ketiga dari model ADDIE yaitu (design and development). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengumpulkan data atau informasi dari para validator ahli untuk menentukan valid atau tidak valid terhadap butir soal yang dikembangkan. Partisipan penelitian ini adalah 3 validator ahli yang berasal dari dosen dan 5 validator ahli yang berasal dari guru kimia serta 70 siswa untuk mengerjakan butir soal berbasis HOTS. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dengan jenis data kualitatif dan menggunakan winstep sebagai permodelan rasch dengan jenis data kuantitatif. Hasil penelitian dianalisis secara deskriptif dan diperoleh data bahwa instrumen penilaian hasil belajar kimia semester genap kelas X yang dikembangkan telah dikategorikan untuk layak digunakan sebagai instrumen penilaian hasil belajar berdasarkan validasi isi dengan nilai rata-rata dari validator ahli dosen dan guru sebesar 3,74 dan 3,80. Kemudian, hasil analisis item menggunakan permodelan rasch dihasilkan 45 item fit dengan model, reliabilitas instrumen berada pada kategori baik dengan nilai 0,71; tingkat kesukaran item yang mendominasi terkategori sedang dengan perolehan 86,7%; daya pembeda yang mampu mendiskriminasi sebanyak 71%, dan pengecoh 77% berfungsi dengan baik. Sehingga dihasilkan 32 dari 45 soal layak dan terkategori sebagai soal yang baik.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Alagumalai, S., Curtis, D. D., & Hungi, N. (2005). Applied Rasch Measurement: A Book of Exemplars. Dordrecht, the Netherlands: Springer.

Alfarisa, F., & Purnama, D. N. (2019). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Mata Pelajaran Ekonomi SMA Menggunakan RASCH Model. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(2), 366-374.

Alfarisa, F., & Purnama, D. N. (2019). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Mata Pelajaran Ekonomi SMA Menggunakan RASCH Model. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(2), 366-374.

Alviah, I., Susilowati, E., & Masykuri, M. (2020). Pengaruh Kemampuan Literasi Kimia Terhadap Capaian Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa SMA Negeri 1 Sukoharjo Pada Materi Larutan Penyangga Dengan Pemodelan Rasch. Jurnal Pendidikan Kimia. Vol. 9. No. 2. 121-130.

Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik dan Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Aryadoust, V., Ng, L. Y., & Sayama, H. (2021). A comprehensive review of Rasch measurement in language assessment: Recommendations and guidelines for research. Language Testing, 38(1), 6-40.

Boone, W. J., Staver, J. R., & Yale, M. S. (2013). Rasch analysis in the human sciences. Springer Science & Business Media.

Budiman, A., & Jailani, J. (2014). Pengembangan instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Mata Pelajaran Matematika SMP kelas VIII Semester 1. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 139-15.

Chairani, R & Nurfajriani. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Creative Problem Solving (CPS) Pada Materi Ikatan Kimia Kelas X IPA SMA. Jurnal Guru Kita. 6(4).

Ghani, I. A., Ibrahim, N. H., Yahaya, N. A., & Surif, J. (2017). Enhancing students' HOTS in laboratory educational activity by using concept map as an alternative assessment tool. Chemistry education research and practice, 18(4), 849-874.

Hamdu, G., Fuadi, F. N., Yulianto, A., & Akhirani, Y. S. (2020). Items Quality Analysis Using Rasch Model To Measure Elementary School Students’ Critical Thinking Skill On Stem Learning. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(1), 61-74.

Hanifah, Nurdinah. (2019). Pengembangan Intrumen Penilaian Higher Order Thinking Skill (HOTS) disekolah dasar. Current Research in Education: Conference Series Journal.Vol. 1. No. 1.

Linacre, J. M. (2012). A User's Guide to Winstep-Ministep Rasch-Model Computer Programs.: Program Manual 3.73. 0. 2011

Martin, M., Supriyati, Y., & Budi, A. S. (2018). Pengembangan Computer Based Test (CBT) sebagai alat penilaian pembelajaran fisika SMA pada materi gerak lurus. In Quantum: Seminar Nasional Fisika, dan Pendidikan Fisika.

Muchlis, I, P & Andromeda. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Higher Order Thinking Skill Pada Materi Hidrolisis Garam Untuk Siswa SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan, Vol. 4. No. 2. 218-225.

Nurfajriani, Wildayani, H., & Nugraha, A. W. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Inovatif dan Interaktif Berbasis Konseptual Pada Materi Termokimia di SMA/MA. Prosiding Seminar Nasional Kimia dan Terapan (2021). 44-49.

Nurhayati, A., & Ningrum, R. T. L. (2016). Influence of Cognitive Assessment Instrument Based Higher Order Thinking Skill Toward Students’ Critical Thinking Skill. International Conference on Mathematics, Science, and Education.

Nurwahidah, I. (2018). Pengembangan soal penalaran model TIMSS untuk mengukur high order thinking (HOT). THABIEA: JOURNAL OF NATURAL SCIENCE TEACHING, 1(1).

OECD. 2019. PISA 2018: Assesment and Analytical Frame Work: Science, Reading, Mathematic and Financial Literacy. Paris: OECD Publishing.

Padilla, K. L., & Akers, J. S. (2021). Content Validity Evidence for the Verbal Behavior Milestones Assessment and Placement Program. Journal of Autism and Developmental Disorders, 1-13.

Pratama, D. (2020). Analisis Kualitas Tes Buatan Guru Melalui Pendekatan Item Response Theory (IRT) Model Rasch. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1).

Putri, C. A., Rofiqoh, E., Wulandari, F. A., Prastiningrum, F. A., & Eva, N. (2021). Asesmen Autentik: Pengembangan Asesmen HOTS Mata Pelajaran Matematika pada Siswa SMP. In Seminar Nasional Psikologi UM, 1(1).

Sappaile, B. I., & Pristiwaluyo, T. (2019). Analisis butir soal ujian sekolah berstandar nasional dengan pendekatan klasik dan teori respon butir mata pelajaran matematika. In Seminar Nasional LP2M UNM.

Saputro, S. D., Nadliroh, N., Sari A. K., Ningsih, P. R., Wijaya, E. Y. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Hots (High Order Thinking Skill) Mata Pelajaran Sistem Komputer Kelas X SMK NEGERI 2 BANGKALAN. In Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran 2019

Savira, I., Wardani, S., Harjito, H., & Noorhayati, A. (2019). Desain Instrumen Tes Three Tiers Multiple Choice Untuk Analisis Miskonsepsi Siswa Terkait Larutan Penyangga. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Shi, L., Granlund, M., Zhao, Y., Hwang, A. W., Kang, L. J., & Huus, K. (2021). Transcultural adaptation, content validity and reliability of the instrument ‘Picture My Participation’for children and youth with and without intellectual disabilities in mainland China. Scandinavian Journal of Occupational Therapy, 28(2), 147-157.

Solihatun, S., Rangka, I. B., Ratnasari, D., Radyati, A., Siregar, Y., Wulansari, L., & Rahim, R. (2019). Measuring of student learning performance based on geometry test for middle class in elementary school using dichotomous Rasch analysis. In Journal of Physics: Conference Series 1157(3).

Suhardjanto, S. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Guru Bahasa Indonesia Dalam Menyusun Soal HOTS Melalui Workshop. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 4(4), 506-514.

Sumintono, B., dan Widhiarso, W. (2015). Aplikasi Pemodelan Rasch pada Assessment Pendidikan. Cimahi: Penerbit Trim Kominikata Publishing House

Utama, C., & Nurkamto, J. (2020). The Instrument Development to Measure Higher-Order Thinking Skills for Pre-Service Biology Teacher. International Journal of Instruction, 13(4).

Widana, I, W. (2017). Higher Order Thinking Skills Assessment (HOTS). Journal of Indonesian Student Assesment and Evaluation. Vol. 3, No. 1.

Widiawati, L., Joyoatmojo, S., & Sudiyanto, S. (2018). Higher Order Thinking Skills as Effect of Problem Based Learning in the 21st Century Learning. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(3), 96-105.

Yee, M. H., Yunos, J. M., Othman, W., Hassan, R., Tee, T. K., & Mohamad, M. M. (2015). Disparity of Learning Styles and Higher Order Thinking Skills among Technical Students. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 204, 143-152.

Yennita, Y., Khasyyatillah, I., Gibran, G., & Irianti, M. (2018). Development of worksheet based on high-order thinking skills to improve high-order thinking skills of the students. Journal of Educational Sciences, 2(1), 37-45.

Yudha, S., Nurfajriani., & Silaban, R. 2023. Analisis Kebutuhan Guru Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android. Jurnal Warta Desa. 5(1).

Published
08-05-2024
How to Cite
Oddy Azis Saputra, Nurfajriani, & Ajat Sudrajat. (2024). Analisis Instrumen Penilaian Hasil Belajar Kimia untuk Mengukur High Order Thinking Skill (Hots) Semester Genap Kelas X Berdasarkan Permodelan Rasch. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1967-1984. https://doi.org/10.58230/27454312.730