Pengembangan Media Mobile Augmented Reality (AR) untuk Siswa Kelas XII SMA pada Materi Senyawa Turunan Alkana

  • Santri Angelia Damanik Universitas Negeri Medan
  • Ramlan Silaban Universitas Negeri Medan
  • Nurfajriani Universitas Negeri Medan
Keywords: Augmented Reality (AR), media belajar

Abstract

Penelitin ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan dan mengembangkan media belajar yang dapat meningkatkan keterampilan belajar abad 21 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model ADDIE, namun pada penelitian ini hanya dilaksanakan sampai pada tahap pengembangan (development). Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang diperoleh melalui wawancara dan pengisian angket oleh guru kimia juga siswa kelas XII di SMA Negeri 18 Medan, sebanyak 66% siswa membutuhkan pengembangan sebuah media belajar berbantuan augmented reality (AR) yang dapat diakses melalui mobile siswa. Media belajar mobile Augmented Reality (AR) ini mampu menggabungkan dunia maya dengan dunia nyata, sehingga dapat memberikan pengalaman belajar yang nyata melalui interaksi langsung dengan objek yang sedang dipelajari. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk media belajar belajar berbantuan Augmented Reality  (AR) yang markerless dipadukan dengan e-modul yang dilengkapi video pembelajaran yang menarik, lembar kerja peserta didik, penilaian kuantitatif dan juga rangkuman materi pelajaran. Melalui menu AR Camera siswa dapat beriteraksi langsung dengan beberapa contoh dari senyawa turunan alkana, yang dilengkapi dengan icon zom in dan zoom out, serta siswa dapat merotasi molekul tersebut sehingga dapat melihat dengan jelas seluruh bentuk molekulnya. Keseluruhan menu tersebut digabungkan dalam satu media belajar yang dapat diakses siswa melalui mobile device mereka. Adanya pembelajaran nyata, dapat meningkatkan keterampilan abad 21 siswa.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abdinejad, M., Talaie, B., Qorbani, H. S., & Dalili, S. (2021). Student Perceptions Using Augmented Reality and 3D Visualization Technologies in Chemistry Education. Journal of Science Education and Technology, 30(1), 87–96. https://doi.org/10.1007/s10956-020-09880-2

Angga, A., Abidin, Y., & Iskandar, S. (2022). Penerapan Pendidikan Karakter dengan Model Pembelajaran Berbasis Keterampilan Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(1), 1046–1054. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2084

Atsushi Deguchi, Chiaki Hirai, Hideyuki Matsuoka, T. N., & Kohei Oshima, Mitsuharu Tai, and S. T. (2020). What is society 5.0.

Domínguez Alfaro, J. L., Gantois, S., Blattgerste, J., De Croon, R., Verbert, K., Pfeiffer, T., & Van Puyvelde, P. (2022). Mobile Augmented Reality Laboratory for Learning Acid-Base Titration. Journal of Chemical Education, 99(2), 531–537. https://doi.org/10.1021/acs.jchemed.1c00894

Donasari, A., & Silaban, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Pada Materi Termokimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 3(1), 86. https://doi.org/10.24114/jipk.v3i1.23056

Dr. Syarifuddin, M. P., & Eka Dewi Utari, M. P. (2022). MEDIA PEMBELAJARAN (DARI MASA KONVENSIONAL HINGGA MASA DIGITAL). Bening Media Publishing. https://books.google.co.id/books?id=0biBEAAAQBAJ

Icela, L. (2022). Components of Education 4 . 0 in 21st Century Skills Frameworks : Systematic Review. 1–31.

Industri, R. (2023). Teknologi Dalam Pendidikan : Membantu Siswa Beradaptasi Dengan. 05(04), 11777–11790.

Khairi, A., Kohar, S., Widodo, H. K., Ghufron, M. A., Kamalludin, I., Prasetya, D., Prabowo, D. S., Setiawan, S., Syukron, A. A., & Anggraeni, D. (2022). Teknologi Pembelajaran: Konsep dan Pengembangannya di Era Society 5.0. Penerbit NEM. https://books.google.co.id/books?id=0m2BEAAAQBAJ

Mayer, R. E. (2022). Instructional media and instructional methods in digital language learning: Are we asking the right questions? Bilingualism: Language and Cognition, 25(3), 396–397. https://doi.org/DOI: 10.1017/S1366728921000559

Özdemir, V., & Hekim, N. (2018). Birth of Industry 5.0: Making Sense of Big Data with Artificial Intelligence, “the Internet of Things” and Next-Generation Technology Policy. OMICS A Journal of Integrative Biology, 22(1), 65–76. https://doi.org/10.1089/omi.2017.0194

Pgmi, D., Nurul, S., Oku, H., Selatan, S., Pgmi, D., Uin, F. T. K., Bonjol, I., & Barat, S. (n.d.). DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN DASAR Resti Septikasari Rendy Nugraha Frasandy PENDAHULUAN Sejalan dengan era globalisasi , ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang sangat cepat dan makin canggih , dengan peran yang makin luas maka diperlukan guru yan. 107–117.

Rahman, L., Silaban, R., & Nur, N. (2021). Pengembangan E-Modul Kimia Berbantuan Flip Pdf Professional Untuk Pembelajaran Kimia Non Logam Pada Pokok Bahasan Karbon Dan Silikon. Duconomics Sci-Meet (Education & Economics Science Meet), 1, 185–191. https://doi.org/10.37010/duconomics.v1.5440

Redhana, I. W. (2023). MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN ABAD KE-21 DALAM PEMBELAJARAN. January 2019.

Simaremare, D., Silaban, R., Nurfajriani, N., & Sitorus, M. (2022). Development of an Innovative E-book Integrated Learning Video to Improve Learning outcomes and Learning Motivation of Chemistry Education Student on Metabolic Biochemistry Topic. https://doi.org/10.4108/eai.20-9-2022.2324800

Yudha, S., Nurfajriani, N., & Silaban, R. (2022). Development of Android-Based Interactive Multimedia on Odd Semester Chemistry Materials for Class X SMA/MA. 1–8. https://doi.org/10.4108/eai.20-9-2022.2324666

Yudha, S., Nurfajriani, N., & Silaban, R. (2023). Analisis Kebutuhan Guru Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android. Jurnal Warta Desa (JWD), 5(1), 42–47. https://doi.org/10.29303/jwd.v5i1.219

Published
13-05-2024
How to Cite
Santri Angelia Damanik, Ramlan Silaban, & Nurfajriani. (2024). Pengembangan Media Mobile Augmented Reality (AR) untuk Siswa Kelas XII SMA pada Materi Senyawa Turunan Alkana. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2203-2216. https://doi.org/10.58230/27454312.735