Pengembangan e-LKPD Kimia Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Laju Reaksi Sesuai Kurikulum Merdeka

  • Winarti Universitas Negeri Medan
  • Nurfajriani Universitas Negeri Medan
  • Murniaty Simorangkir Universitas Negeri Medan
Keywords: e-LKPD kimia, Kelayakan, Pengembangan, Problem Based Learning

Abstract

Lembar kerja peserta didik (LKPD) merupakan salah satu sumber belajar sebagai pedoman bagi peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Umumnya LKPD yang digunakan oleh peserta didik kurang efektif dan kurang praktis karena masih berupa bahan ajar cetak atau belum sesuai dengan perkembangan Information and Communication Technology (ICT). Salah satu teknologi informasi yang dapat digunakan guru untuk mengubah LKPD cetak menjadi LKPD Elektronik yaitu melalui aplikasi berbasis website. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-LKPD kimia berbasis Problem Based Learning pada materi laju reaksi sesuai kurikulum merdeka dan menguji kelayakan e-LKPD kimia yang telah dikembangkan. Penelitian ini mengadaptasi  model pengembangan ADDIE, namun dalam penelitian ini dibatasi hanya sampai tiga tahapan yaitu tahap analysis, tahap design, dan tahap development. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. e-LKPD kimia berbasis Problem Based Learning  ini melibatkan tujuh orang validator, terdiri dari enam validator ahli materi dan satu validator ahli media. Penilaian terhadap kelayakan e-LKPD kimia berbasis Problem Based Learning yang dikembangkan mengacu pada standar kelayakan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) modifikasi untuk ahli materi. Validator ahli media dinilai menggunakan instrumen penilaian multimedia pembelajaran yang dikembangkan oleh Sriadhi. Hasil rata-rata uji kelayakan e-LKPD Kimia Berbasis  Problem Based Learning dari ahli materi adalah 3,55 dengan persentase 88,75%  berada pada kategori sangat layak. Uji kelayakan e-LKPD Kimia Berbasis  Problem Based Learning oleh ahli media yang divalidasi 1 orang dosen teknologi pendidikan menghasilkan rata-rata skor sebesar 4,32 dengan persentase 86,4%, berada pada kategori sangat layak. Disimpulkan bahwa e-LKPD kimia berbasis  Problem Based Learning pada materi laju reaksi telah memenuhi kriteria kelayakan dan layak diimplementasikan.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Costa A.M, Escaja N, Fite C, Gonzalez M, Madurga S, Fuguet E, (2023). Problem-Based Learning in Graduate and Undergraduate Chemistry Courses: Face-to-Face and Online Experiences. Journal of Chemical Education 100 (597-606).

Lestari, A. B. (2022, June). Pengembangan Media Pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Web Liveworksheet Di SMAN 5 Metro. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi (Vol. 1, No. 1, pp. 39-49).

Marpaung, A., Muchtar, Z., & Nurfajriani, N. (2023, December). Development of e-LKPD Assisted by Liveworksheets Based on HOTS in Chemistry Materials of Grade X Senior High School Even Semester of Merdeka Curriculum. In Proceedings of the 8th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership, AISTEEL 2023, 19 September 2023, Medan, North Sumatera Province, Indonesia.

Melati, P., & Fauzi, A. (2019, April). Validity of student worksheet based on problem based learning model assisted by practical tools with digital display. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1185, No. 1, p. 012057). IOP Publishing.

Nurfajriani, & Samuel. (2022). Implementasi Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Adobe Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit SMA KelasX. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 1–11. https://www.iocscience.org/ejournal/index.php/Cendikia/article/view/2510

Octaviana, R. I., Nurfajriani, N., & Simorangkir, M. (2024, January). Development of Chemistry e-Book Based on STEM Approach (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). In Proceedings of the 5th International Conference on Innovation in Education, Science, and Culture, ICIESC 2023, 24 October 2023, Medan, Indonesia.

Pabri, M., Medriati, R., & Risdianto, E. (2022). Uji kelayakan E-LKPD berbasis kontekstual berbantuan liveworksheet untuk melatih kemampuan berpikir kritis di SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(3), 637-651.

Pinem, S. B., Simorangkir, M., & Damanik, M. (2023, December). Development of Electronic Students’s Worksheets with Problem Based Learning Models to Increase Students Chemistry Learning Outcomes in Class XI Senior High School Even Semester. In Proceedings of the 8th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership, AISTEEL 2023, 19 September 2023, Medan, North Sumatera Province, Indonesia.

Sriadhi. (2018). Instrumen Penilaian Multimedia Pembelajaran. Medan: Universitas Negeri Medan.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung:CV. Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta

Weldami, T. P., & Yogica, R. (2023). Berbasis addie branch dalam pengembangan e-learning biologi. Journal on Education, 6(1), 7543-7551.

Wulandari, K., & Cintamulya, I. (2022). Validitas LKS Elektronik dalam Mendukung Keterampilan Abad 21 yang Berorientasi Problem Based Learning. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 159-172.

Yuzan, I. F., & Jahro, I. S. (2022). Pengembangan e-LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Pokok Bahasan Ikatan Kimia untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik. Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Saburai, 2(01), 54-65.

Published
13-05-2024
How to Cite
Winarti, Nurfajriani, & Murniaty Simorangkir. (2024). Pengembangan e-LKPD Kimia Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Laju Reaksi Sesuai Kurikulum Merdeka. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2241-2252. https://doi.org/10.58230/27454312.736