Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Guru di SMK Muhammadiyah Cawas Tahun Ajaran 2023/2024

  • Annisa Ramadhani Suciati Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Nurul Latifatul Inayati Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: Supervisi Akademik, Kepala Sekolah, Kinerja Guru

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan bagaimana implementasi supervisi akademik yang dilaksanakan Kepala Sekolah untuk meningkatkan kualitas kinerja guru di SMK Muhammadiyah Cawas, Klaten. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam terlaksananya superisi tersebut. Metode penelitian menggunakan jenis penelitian lapangan dengan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui sumber data primer dalam penelitian ini diperoleh dengan wawancara kepada Kepala Sekolah dan beberapa guru, selain itu didapat juga melalui observasi. Untuk sumber data sekunder diperoleh dari dokumen berupa administrasi guru, arsip Kepala Sekolah, jurnal, dan buku. Hasil penelitian ini diawali dengan perencanaan, pada tahap ini adalah menyusun instrumen supervisi akademik, mulai dari menentukan tujuan, membuat jadwal pelaksanaan, dan menentukan pendekatan dan teknik supervisi akademik. Kedua adalah pelaksanaan, tahap ini Kepala Sekolah menelaah administrasi pembelajaran, menelaah rencana pelaksanaan pembelajaran, pengamatan pelaksanaan pelaksanaan pembelajaran, dan pelaksanaan supervisi penilaian hasil belajar. Terakhir pelaksanaan supervisi penilaian hasil belajar, pada tahap ini Kepala Sekolah menelaah kelengkapan instrumen penilaian hasil belajar. Faktor pendukung eksternal berupa antusias, semangat, dan tertib administrasi guru. Faktor pendukung internal adalah Kepala Sekolah memiliki kecakapan dalam pelaksanaan. Faktor penghambatnya, guru yang tidak tertib administrasi.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Adiyono, A., Lesmana, A. R., Anggita, D., & Rahmani, R. (2023). Implementasi Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMKN 4 Tanah Grogot. Journal on Education, 5(2), 3492–3499. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1031

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Agus Dwi Cahya, Muinah Fadhilah, Sahilah, & Karyaningsih. (2021). Transformasi Manageria Transformasi Manageria. Journal Of Islamic Education Management, 2(1), 57–72. https://doi.org/10.47476/manageria.v

Ayubi, U. Y., Syahmuntaqy, M. T., & Prayoga, A. (2020). Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Pendidik. Manazhim, 2(2), 118–130. https://doi.org/10.36088/manazhim.v2i2.706

Djuhartono, T., Ulfiah, U., Hanafiah, H., & Rostini, D. (2021). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Kejuruan. Research and Development Journal of Education, 7(1), 101. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.9147

Hardono, H., Haryono, H., & Yusuf, A. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah, Supervisi Akademik, dan Motivasi Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Educational Management Journal, 6(1), 26–33. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eduman

Hasan, M. (2020). Penerapan Supervisi Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Merencanakan Pelaksanaan Pembelajaran. ITQAN : Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 11(2), 59–70. https://doi.org/10.47766/itqan.v11i2.1007

Hasan, M., & Anita, A. (2022). Implementasi Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kompetensi Dan Kinerja Guru Di Ma Al Ishlah Natar Dan Ma Mathlaul Anwar Cinta Mulya. At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 6(1), 85. https://doi.org/10.24127/att.v6i1.2144

Indriani, R., Sudrajat, A., & Karyana, K. (2022). Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru SD. Jurnal Simki Pedagogia, 5(2), 192–199. https://doi.org/10.29407/jsp.v5i2.148

Kusumawati, G. A., Kecamatan, U., & Gianyar, B. (2020). Implementasi Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Journal of Education Action Research, 4(2), 226–231. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index

Lalupanda, E. M. (2019). IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN MUTU GURU. Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 1(1), 2019. https://doi.org/http://dx.doi.org10.21831/amp.v7i1.22276

Mardiah, A. (2019). Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Kinerja Guru Disekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Administrasi Dan Supervisi Pendidikan, 1(1), 1–7.

Musyadad, V. F., Hanafiah, H., Tanjung, R., & Arifudin, O. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 1936–1941. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.653

Nata, N., & Kaleka, M. B. U. (2020). Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dengan Pendekatan Individual Di Smpn 7 Nangapanda. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.37478/optika.v4i1.282

Silfatman, Y., Lilianti, L., & Nurzaima, N. (2022). Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran (JPP), 3(1), 21–29. https://doi.org/10.51454/jpp.v3i1.441

Sunaedi, A., Rudji, H., & Muhammadiyah Palu, U. (2023). Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Madrasah Aliyah Negeri Tolitoli. Journal of Educational Management and Islamic Leadership, 02(02), 2023.

Suradi, A. (2018). Supervisi Akademik Kepala Sekolah Pada Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar Negeri 79 Kota Bengkulu. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 13–29. https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i1a2.2018

Zulfakar, Lian, B., & Fitria, H. (2020). (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan) P-ISSN: 2548-7094 E-ISSN 2614-8021. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan Dan Supervisi Pendidikan, 5(2).

Published
08-05-2024
How to Cite
Annisa Ramadhani Suciati, & Nurul Latifatul Inayati. (2024). Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Kinerja Guru di SMK Muhammadiyah Cawas Tahun Ajaran 2023/2024. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1889-1900. https://doi.org/10.58230/27454312.598