Kontribusi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Sumatif Siswa SMA Negeri 3 Sukoharjo

  • Bayu Sofian Adi Prasetyo Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Nurul Latifatul Inayati Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: Kontribusi Guru, Pendidikan Agama Islam, Evaluasi Sumatif

Abstract

Evaluasi sumatif merupakan elemen kunci dalam mengukur pencapaian siswa dan efektivitas proses pembelajaran di tingkat Sekolah Menengah Atas. Guru PAI memegang kontribusi sentral dalam merencanakan, melaksanakan, dan menganalisis hasil ujian, serta memberikan umpan balik kepada siswa. Mereka juga berkontribusi dalam memastikan suasana ujian yang kondusif dan adil. Dalam konteks mata pelajaran PAI, terdapat permasalahan seperti kesulitan penilaian objektif, keterbatasan waktu, dan keanekaragaman kemampuan siswa yang perlu diatasi. Guru PAI perlu menghadapi tantangan ini dengan kreativitas dan kebijaksanaan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualiatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah tipe deskriptif kualitatif. Pengujian data yang digunakan adalah triagulasi yakni penggabungan antara teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi sumatif di SMA Negeri 3 Sukoharjo mencerminkan pencapaian siswa secara komprehensif, termasuk pemahaman agama dan nilai-nilai moral, dan guru PAI memiliki kontribusi penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah ini. Evaluasi ini berkontribusi penting dalam mengukur pencapaian siswa dan efektivitas proses pembelajaran. Kontribusi guru PAI dalam evaluasi sumatif melibatkan perencanaan, pelaksanaan, dan analisis hasil ujian, memberikan umpan balik kepada siswa, dan membuat keputusan evaluasi. Mereka juga memiliki kontribusi penting dalam menjaga suasana ujian yang kondusif dan adil, serta mengatasi berbagai tantangan dalam menilai materi yang memiliki dimensi spiritual dan moral. Dengan memahami permasalahan ini dan mencari solusi yang sesuai, guru PAI dapat meningkatkan kualitas evaluasi pembelajaran sumatif PAI, sehingga siswa dapat dinilai dengan adil dan akurat.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abil Fida Muhammad Qois Al Hadi, Defi Anita Listari, Anisa Meilawati, & Inayati, N. L. (2024). PENERAPAN EVALUASI SUMATIF DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMPN 1 SURAKARTA. 4, 769–778. https://doi.org/https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v4i1.2570

Al-faruq, Z. (2023). Peran Penggunaan Desain Evaluasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Ilma Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 158–171. https://doi.org/10.58569/ilma.v1i2.587

Alhudawi, M. I. (2024). MODEL EVALUASI SUMATIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA AL MASHDUQI. Journal Of Education, X Nomor X, 1–8. https://jurnaledu.com/index.php/je%0AMODEL

Faujiah, A. N., & Habsah, D. (2022). Penerapan Implemetasi Desain dan Evaluasi Sumatif di Sekolah Dasar SDN Pakulanan 2 Tangerang Selatan. Masaliq, 2(2), 256–265. https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i2.298

Fauzi, A., & Inayati, N. L. (2023). Implementasi Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Al Islam di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 272–283. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i2.438

Herri, S. J. (2017). Manajemen Pengembangan Mutu Sma Swasta Di Kota Medan. Jurnal Administrasi Pendidikan, 11(2), 12–27. https://doi.org/10.17509/jap.v21i2.6672

Jannah, G. L., Janah, H. M., Murtadlo, S., & Inayati, N. L. (2024). IJM : Indonesian Journal of Multidisciplinary Model Evaluasi Sumatif Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam pada Kurikulum Merdeka di SMK Batik 1 Surakarta. 2, 375–382.

Laia, A. (2023). PERAN GURU PPKn SEBAGAI EVALUATOR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 AMANDRAYA. 4(2), 16–29.

Magdalena, I., & Kumarani, N. C. (2023). Pengembangan Model Evaluasi Sumatif Mata Pelajaran PAI di Sekolah Dasar. Anwarul, 3(2), 300–311. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i2.981

Mahmudi, I. (2011). CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan. At-Ta’dib, 6(1). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v6i1.551

Maulana Ariefky, M., & Latifatul Inayati, N. (2023). Peran Guru PAI dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Sumatif Siswa di SMK Negeri 6 Sukoharjo. 4(Junaedi 2019), 2343–2350. http://jurnaledukasia.org

Pahri, E. D. (2021). Validitas Dan Tingkat Reliabilitas Soal Buatan Pilihan Ganda Tes Sumatif Siswa Kelas Xi Akl 3 Smk Negeri 4. 1–9.

Ramdhani, G. K. (2021). EFEKTIVITAS BIMBINGAN KEAGAMAAN DALAM MENGURANGI KENAKALAN PADA SISWA DI SMPN 3 KERUAK.

Ratnasari, H. I., Lozada, D. V., Hakim, A. L., & Surakarta, U. M. (2024). PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI EVALUSI SUMATIF DI SMP MUHAMMADIYAH PK Al KAUTSAR. 1(3), 168–172.

Ratnawulan, E., & Rusdiana. (2014). EVALUASI PEMBELAJARAN: Dengan Pendekatan Kurikulum 2013. Pustaka Setia Bandung.

Salim, A., & Utama, A. H. (2020). Evaluasi Sumatif Ketepatan Pemilihan Media Pembelajaran Tepat Guna di Sekolah Dasar (SD) Se-Kota Banjarmasin. Penelitain Tindakan Dan Pendidikan, 6(2), 71–78. https://rumahjurnal.net/ptp/article/download/886/561

Sawaluddin, S. (2018). Konsep Evaluasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 3(1), 39–52. https://doi.org/10.25299/althariqah.2018.vol3(1).1775

Selegi, S. F. (2018). Evaluasi Input, Proses, Dan Hasil Melalui Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle. JURNAL SWARNABHUMI : Jurnal Geografi Dan Pembelajaran Geografi, 3(1), 27. https://doi.org/10.31851/swarnabhumi.v3i1.1708

Sidqi, N., Ramadhan, S. A., Santiani, S., & Najah, T. S. (2023). Penerapan Isi Materi Ajar “Al-Kulliyatu Al-Khamsah” Pada Mata Pelajaran PAI di Keseharian Peserta Didik (Tinjauan Analisis Evaluasi Sumatif). Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(1), 218–225. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i1.750

Wahyuni, S., & Yusuf, M. (2021). ARTIKEL METODE MEDIA EVALUASI PEMBELAJARAN. Jurnal Al-Ilmi: Jurnal Riset Pendidikan Islam, 47(4), 124–134. https://doi.org/10.31857/s013116462104007x

Widiyarto, A., & Inayati, N. L. (2023). Penerapan Evaluasi Pembelajaran Tes Dan Non-Tes Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 307–316. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i2.439

Yusuf, Muri, P. D. A. (2014). METODE PENELITIAN: Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Perpustakaan Nasional: Katalog Dalam Terbitan KDT.

Published
29-02-2024
How to Cite
Bayu Sofian Adi Prasetyo, & Nurul Latifatul Inayati. (2024). Kontribusi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Sumatif Siswa SMA Negeri 3 Sukoharjo. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 1227-1236. https://doi.org/10.58230/27454312.542