Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di TPA Lingkar Qur’an Al-Ikhlash Surakarta

  • Hasna Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Nurul Latifatul Inayati Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Valentino Rossi Institut Islam Maba’ul ‘Ulum Surakarta
  • Aulia Rosyida Institut Islam Maba’ul ‘Ulum Surakarta
Keywords: Pembelajaran, Tahfidz Al-Qur'an, TPA

Abstract

Manusia sebagai hamba-Nya sepatutnya untuk menjaga keaslian Al-Qur'an dengan menghafalkannya, maka keasliannya akan tetap terjaga dan diteruskan kepada generasi yang akan datang. Selain menghafal isi Al-Qur'an, bagi manusia wajib untuk menerapkan ajaran yang terkandung di dalamnya sebagai bentuk ketaatan kepada Tuhannya. Ada banyak lembaga pendidikan yang memfasilitasi santri dalam menghafal Al-Qur’an, contohnya sekolah non formal yang menerapkan adalah Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Lingkar Qur’an Al-Ikhlash Surakarta. Saat menghafal Al-Qur’an ada beberapa santri kurang taat terhadap pengampu tahfidz sehingga santri mengabaikan arahan pengampu tahfidz, selain itu bacaannya kurang berkualitas atau tidak memperhatikan hukum bacaan atau dapat disebut juga kaidah Tajwid. Penelitian memiliki tujuan untuk menjabarkan pelaksanaan pembelajaran tahfidz yang meliputi persiapan, pengimplementasian serta pengkajian pembelajaran tahfidz di TPA Lingkar Qur’an AL-Ikhlash Surakarta. Pendekatan yang diterapkan yaitu pendekatan kualitatif terdiri dari tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data yang diuji pada penelitian ini yakni triangulasi, terdapat tiga macam yakni triangulasi sumber, teknik dan data. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan membuat kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yakni memberikan pembelajaran tahfidz Qur’an yang dimulai dengan pembukaan, kemudian menyetorkan hafalan dan terakhir evaluasi hasil pembelajaran. Metode pembelajaran menggunakan metode talqin, tasmi’, tikrar dan muroja’ah. Evaluasi pembelajaran dilakukan oleh pengampu tahfidz diakhir pembelajaran. Faktor pendukung dan penghambat terdiri dari faktor santri, faktor orang tua, faktor lingkungan baik diluar sekolah maupun didalam sekolah.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Akhmar, I. A., Lestari, H., & Ismail, Z. (2021). Metode Efektif Menghafal Al-Qur’an Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah: El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–20. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v1i1.261

Anastasya, W. D., Aprison, W., Husni, A., Sesmiarni, Z., Pendidikan, S., Islam, A., Tarbiyah, F., Ilmu, D., Islam, U., Uin, N., Djamil, S. M., & Bukittinggi, D. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Tahfizh Al- Qur ’ an d i Ma ’ had Shahibul Qur ’ an Surau Kamba Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam. 6, 16098–16104.

Cindriani, W., Saepudin, A., & Asikin, I. (2017). Prosiding Pendidikan Agama Islam. Prosiding Pendidikan Agama Islam, 0(0), 269–274. http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/7638

Fadhila, A. R., Husni, A., Aprison, W., & Iswantir. (2023). Implementasi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an dengan Menggunakan Metode Tasmi’ di SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi. Journal on Education, 05(03), 6758–6767.

Fitria, F., Setyowati, W., Yuliyanti, T., Gosani, M., & Inayati, N. L. (2024). IJM : Indonesian Journal of Multidisciplinary Evaluasi Pembelajaran Tahfidz di Pondok Pesantren Tahfizhul Qur ’ an Muhammadiyah Darul Hikmah Masaran Sragen. 2, 324–329.

Ifadah, R., Rahmah, E. N., & Fatimah, F. S. N. (2021). Penerapan Metode Tasmi’ dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Siswa MI. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 4(01), 101–120. https://doi.org/10.37542/iq.v4i01.194

Keswara, I. (2017). Pembelajaran Tahfidul Qu’ran (Menghafal Al-Qur’an) Di Pondok Pesantren Al Husein Magelang”. Hanata Widya, 6(2), 62–73.

Khoriyah, R., Cholifah, C., & Nadhiro, N. L. (2022). Implementasi Metode 3T+1M Program Tahfidh Juz Amma Untuk Meningkatkan Motivasi Menghafal Peserta Didik Di Sdn 2 Tawangrejo Lamongan. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(3), 16–30. https://doi.org/10.22373/pjp.v11i3.14853

Kinesti, R. D. A., Rohmawati, G., Azizy, F. A.-, & Khotimah, K. (2023). Penerapan Metode Talqin dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Tahfidzul Qur’an Al-Ma’shum Surakarta. Anwarul, 3(4), 613–623. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i4.1254

Mashuri, I., & dkk. (2022). Implementasi Metode Tikrar dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Siswa pada Program Tahfidzul Qur’an Siswa Kelas IX MTs Darul Amien Jajag Gambiran Banyuwangi. TARBIYATUNA: Kajian Pendidikan Islam, 6(1), 99–122.

Maskur, A. (2018). Pembelajaran Tahfidz Alquran pada Anak Usia Dini. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 1(02), 188–198. https://doi.org/10.37542/iq.v1i02.15

Muhsin, A. (2017). Pengaruh Tpa Terhadap Peningkatan Program Tahfidz Quran Di SMP Islam Tsamrotul Huda Sidoharjo Gedeg Mojokerto. Kuttab, 1(2), 215–224. https://doi.org/10.30736/kuttab.v1i2.114

Nasikhah, U. (2021). Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Qiraati di TPA Hidayatussibyan Kabupaten Sambas. Chalim Journal of Teaching and Learning, 1, 20–25.

Puspita, I., & Munawir Pasaribu. (2022). Implementasi Metode Talaqqi Pada Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Di Smp It Nurul Azmi Medan. Jurnal Masyarakat Indonesia (Jumas), 1(01), 50–54. https://doi.org/10.54209/jumas.v1i01.17

Romziana dkk, L. (2021). Mudah Menghafal Al-Qur’an Dengan Metode Tikrar, Murajaah & Tasmi’. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(1), 162. https://online-journal.unja.ac.id/JKAM/article/view/14095

Saputra, D. (2021). Implementasi Metode Tasmi’ Dan Takrir Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Santri. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 2(4), 1–23. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya/article/view/557

Sumiyati, S. (2021). Implementasi Metode Pembelajaran Baca Al-Qur’an Di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Bani Lathif Bandar Lampung. Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Saburai, 1(1), 15–23. https://doi.org/10.24967/esp.v1i01.1345

Supriyanti, I., Haryati, D., Rahmawati, Ferdiana, R., & Wahyuarggatia, N. (2023). Pembinaan Anak Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan melalui Metode Tasmi di Dusun Ngembel Desa Baosan Lor Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo. Jurnal ISC: Islamic Science Community, 2(1), 12–20. http://jurnal.iairm-ngabar.com/index.php/isc/index

Susrizal, S., & Paslawati, R. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Alqur’an di Lembaga Pendidikan Qur’an Masjid Nurul Iman. At-Tarbiyah Al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 40. https://doi.org/10.31958/atjpi.v2i1.2880

Tholkhah, I., Norman, E., & Nadiah, N. (2022). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Digital pada SD Muhammadiyah Bojonggede Bogor. At-Tadris: Journal of Islamic Education, 2(1), 36–56. https://doi.org/10.56672/attadris.v2i1.66

Widiyawati, A., & Khairiyah, A. (2022). Implementasi Metode Talqin Talaqqi Di SD Qurrota A’yun Yogyakarta. An-Nawa : Jurnal Studi Islam, 4(2), 161–171. https://doi.org/10.37758/annawa.v4i2.542

Published
08-05-2024
How to Cite
Hasna, Nurul Latifatul Inayati, Valentino Rossi, & Aulia Rosyida. (2024). Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di TPA Lingkar Qur’an Al-Ikhlash Surakarta. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1913-1924. https://doi.org/10.58230/27454312.597