Pelaksanaan Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di TPA Lingkar Qur’an Al-Ikhlash Surakarta
Abstract
Manusia sebagai hamba-Nya sepatutnya untuk menjaga keaslian Al-Qur'an dengan menghafalkannya, maka keasliannya akan tetap terjaga dan diteruskan kepada generasi yang akan datang. Selain menghafal isi Al-Qur'an, bagi manusia wajib untuk menerapkan ajaran yang terkandung di dalamnya sebagai bentuk ketaatan kepada Tuhannya. Ada banyak lembaga pendidikan yang memfasilitasi santri dalam menghafal Al-Qur’an, contohnya sekolah non formal yang menerapkan adalah Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Lingkar Qur’an Al-Ikhlash Surakarta. Saat menghafal Al-Qur’an ada beberapa santri kurang taat terhadap pengampu tahfidz sehingga santri mengabaikan arahan pengampu tahfidz, selain itu bacaannya kurang berkualitas atau tidak memperhatikan hukum bacaan atau dapat disebut juga kaidah Tajwid. Penelitian memiliki tujuan untuk menjabarkan pelaksanaan pembelajaran tahfidz yang meliputi persiapan, pengimplementasian serta pengkajian pembelajaran tahfidz di TPA Lingkar Qur’an AL-Ikhlash Surakarta. Pendekatan yang diterapkan yaitu pendekatan kualitatif terdiri dari tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data yang diuji pada penelitian ini yakni triangulasi, terdapat tiga macam yakni triangulasi sumber, teknik dan data. Data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan membuat kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yakni memberikan pembelajaran tahfidz Qur’an yang dimulai dengan pembukaan, kemudian menyetorkan hafalan dan terakhir evaluasi hasil pembelajaran. Metode pembelajaran menggunakan metode talqin, tasmi’, tikrar dan muroja’ah. Evaluasi pembelajaran dilakukan oleh pengampu tahfidz diakhir pembelajaran. Faktor pendukung dan penghambat terdiri dari faktor santri, faktor orang tua, faktor lingkungan baik diluar sekolah maupun didalam sekolah.
Metrics
References
Akhmar, I. A., Lestari, H., & Ismail, Z. (2021). Metode Efektif Menghafal Al-Qur’an Bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah: El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–20. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v1i1.261
Anastasya, W. D., Aprison, W., Husni, A., Sesmiarni, Z., Pendidikan, S., Islam, A., Tarbiyah, F., Ilmu, D., Islam, U., Uin, N., Djamil, S. M., & Bukittinggi, D. (2022). Pelaksanaan Pembelajaran Tahfizh Al- Qur ’ an d i Ma ’ had Shahibul Qur ’ an Surau Kamba Kecamatan Ampek Angkek Kabupaten Agam. 6, 16098–16104.
Cindriani, W., Saepudin, A., & Asikin, I. (2017). Prosiding Pendidikan Agama Islam. Prosiding Pendidikan Agama Islam, 0(0), 269–274. http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/pai/article/view/7638
Fadhila, A. R., Husni, A., Aprison, W., & Iswantir. (2023). Implementasi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an dengan Menggunakan Metode Tasmi’ di SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi. Journal on Education, 05(03), 6758–6767.
Fitria, F., Setyowati, W., Yuliyanti, T., Gosani, M., & Inayati, N. L. (2024). IJM : Indonesian Journal of Multidisciplinary Evaluasi Pembelajaran Tahfidz di Pondok Pesantren Tahfizhul Qur ’ an Muhammadiyah Darul Hikmah Masaran Sragen. 2, 324–329.
Ifadah, R., Rahmah, E. N., & Fatimah, F. S. N. (2021). Penerapan Metode Tasmi’ dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Siswa MI. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 4(01), 101–120. https://doi.org/10.37542/iq.v4i01.194
Keswara, I. (2017). Pembelajaran Tahfidul Qu’ran (Menghafal Al-Qur’an) Di Pondok Pesantren Al Husein Magelang”. Hanata Widya, 6(2), 62–73.
Khoriyah, R., Cholifah, C., & Nadhiro, N. L. (2022). Implementasi Metode 3T+1M Program Tahfidh Juz Amma Untuk Meningkatkan Motivasi Menghafal Peserta Didik Di Sdn 2 Tawangrejo Lamongan. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(3), 16–30. https://doi.org/10.22373/pjp.v11i3.14853
Kinesti, R. D. A., Rohmawati, G., Azizy, F. A.-, & Khotimah, K. (2023). Penerapan Metode Talqin dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Tahfidzul Qur’an Al-Ma’shum Surakarta. Anwarul, 3(4), 613–623. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i4.1254
Mashuri, I., & dkk. (2022). Implementasi Metode Tikrar dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Siswa pada Program Tahfidzul Qur’an Siswa Kelas IX MTs Darul Amien Jajag Gambiran Banyuwangi. TARBIYATUNA: Kajian Pendidikan Islam, 6(1), 99–122.
Maskur, A. (2018). Pembelajaran Tahfidz Alquran pada Anak Usia Dini. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 1(02), 188–198. https://doi.org/10.37542/iq.v1i02.15
Muhsin, A. (2017). Pengaruh Tpa Terhadap Peningkatan Program Tahfidz Quran Di SMP Islam Tsamrotul Huda Sidoharjo Gedeg Mojokerto. Kuttab, 1(2), 215–224. https://doi.org/10.30736/kuttab.v1i2.114
Nasikhah, U. (2021). Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Qiraati di TPA Hidayatussibyan Kabupaten Sambas. Chalim Journal of Teaching and Learning, 1, 20–25.
Puspita, I., & Munawir Pasaribu. (2022). Implementasi Metode Talaqqi Pada Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Di Smp It Nurul Azmi Medan. Jurnal Masyarakat Indonesia (Jumas), 1(01), 50–54. https://doi.org/10.54209/jumas.v1i01.17
Romziana dkk, L. (2021). Mudah Menghafal Al-Qur’an Dengan Metode Tikrar, Murajaah & Tasmi’. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(1), 162. https://online-journal.unja.ac.id/JKAM/article/view/14095
Saputra, D. (2021). Implementasi Metode Tasmi’ Dan Takrir Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Santri. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 2(4), 1–23. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/salimiya/article/view/557
Sumiyati, S. (2021). Implementasi Metode Pembelajaran Baca Al-Qur’an Di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Bani Lathif Bandar Lampung. Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Saburai, 1(1), 15–23. https://doi.org/10.24967/esp.v1i01.1345
Supriyanti, I., Haryati, D., Rahmawati, Ferdiana, R., & Wahyuarggatia, N. (2023). Pembinaan Anak Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan melalui Metode Tasmi di Dusun Ngembel Desa Baosan Lor Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo. Jurnal ISC: Islamic Science Community, 2(1), 12–20. http://jurnal.iairm-ngabar.com/index.php/isc/index
Susrizal, S., & Paslawati, R. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Alqur’an di Lembaga Pendidikan Qur’an Masjid Nurul Iman. At-Tarbiyah Al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 40. https://doi.org/10.31958/atjpi.v2i1.2880
Tholkhah, I., Norman, E., & Nadiah, N. (2022). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Digital pada SD Muhammadiyah Bojonggede Bogor. At-Tadris: Journal of Islamic Education, 2(1), 36–56. https://doi.org/10.56672/attadris.v2i1.66
Widiyawati, A., & Khairiyah, A. (2022). Implementasi Metode Talqin Talaqqi Di SD Qurrota A’yun Yogyakarta. An-Nawa : Jurnal Studi Islam, 4(2), 161–171. https://doi.org/10.37758/annawa.v4i2.542
Copyright (c) 2024 Hasna, Nurul Latifatul Inayati, Valentino Rossi, Aulia Rosyida
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.