Penerapan Metode Talaqqi dalam Program Tahfidz Anak Usia Dini di Rumah Tahfidz Desa Beji

  • Mahmud Yusuf Zulfikar Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Hafidz Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Syarifah Azzahro Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: Metode Talaqqi, Tahfidz Al-Qur’an, Anak Usia Dini

Abstract

Tujuan pendidikan nasional adalah untuk menciptakan generasi manusia yang beriman dan bertaqwa. Salah satu cara untuk mencapai tujuan ini adalah dengan memperkenalkan Al-Qur''an kepada anak-anak melalui program Tahfidz Qur’an. Rumah Tahfidz merupakan tempat dimana anak-anak usia dini hingga sekolah dasar melaksanakan program tahfidz di desa Beji kecamatan Tulung kabupaten Klaten. Penerapan metode talaqqi dalam program tahfidz ini diharap dapat membantu meningkatkan kemampuan menghafal anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan dan faktor penghambat serta faktor pendukung dalam menggunakan metode talaqqi pada program tahfidz di rumah tahfidz desa Beji. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian lapangan yang menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini diperoleh melalui observasi langsung bagaimana program tahfidz dijalankan di rumah tahfidz Bejii menggunakan metode talaqqi. Berbagai proses pengumpulan data termasuk wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik triangulasi digunakan untuk memeriksa keabsahan data dengan membandingkannya dengan sumber eksternal. Setelah uji coba, data kemudian dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan langkah-langkah analisis yang sesuai: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode talaqqi efektif dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an anak usia dini hingga sekolah dasar.Efektivitas pengajaran, metode talaqqi terbukti efektif dalam mengajarkan anak-anak usia dini untuk menghafal Al-Qur’an. Bimbingan langsung dari guru atau pembimbing membantu mereka memahami dan menginternalisasi ayat-ayat dengan baik. Pengembangan keterampilan lisan, melalui pengajaran lisan yang intensif, metode talaqqi membantu anak-anak usia dini untuk mengembangkan keterampilan lisan mereka, termasuk pengucapan dan tajwid yang benar. Pemberian pendidikan yang holistik, metode talaqqi tidak hanya fokus pada aspek menghafal saja, tetapi juga mencakup pemahaman terhadap makna ayat-ayat Al-Qur’an.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Ainia, W., Martati, B., & Rahayu, A. P. (2021). Analisis Metode Menghafal Al-Qur’an Pada Anak Usia Dini Di Tahfidzhul Anak Usia Dini (Taud Saqu) Pondok Pesantren Karangasem Paciran Lamongan. Pedagogi : Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 21–35. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pedagogi/article/view/6232

Aisyah Achmad, Z., Rukajat, A., & Ruslan Wahyudin, U. (2022). Pengaruh Metode Talaqqi Terhadap Peningkatan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Peserta Didik Kelas Al-Qur’an Tpq Darussalam Impact of Talaqqi Method To Enhance the Ability of Memorizing Al-Qur’an of Student At Tpq Darussalam. Jurnal For Islamic Studies, 5(1), 282–301. https://al-afkar.com/

Ardhi, A. S., & Warmansyah, J. (2023). OPTIMALISASI HAFALAN AL-QUR’AN ANAK USIA DINI: STUDI PENERAPAN METODE TALAQQI DI MDTA MASJID ISTIGHFAR KOTO TUO, LIMAPULUH KOTA. JOEAI (Journal of Education and Instruction), Volume 6, 364–368. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joeai.v6i2.7115

Fenty Sulastini, & Moh. Zamili. (2019). Efektivitas Program Tahfidzul Qur’an dalam Pengembangan Karakter Qur’ani. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(1), 15–22. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i1.166

Jessieca Annisa Meygamandhayanti, & Aep Saepudin. (2022). Implementasi Metode Talaqqi melalui Pembelajaran Hybrid pada Mata Pelajaran Tahfidz Al-Qur’an. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 73–80. https://doi.org/10.29313/jrpai.v2i2.1163

Krisnawati, N. M., & Khotimah, S. H. (2021). Peningkatan Pembelajaran Tahfidz Al- Qur ’ an Melalui Metode Talaqqi. Wahana: Tridarma Perguruan Tinggi, 73(1), 99–107.

Lukman, K., & Mulyati, A. (2021). Efektivitas Metode Talaqi Pada Anak Usia Dini Dalam Menghafal Al Qur’an. Jurnal Pendidikan BASIS : Bahasa Arab Dan Studi Islam, 5(2), 49–55.

Mukhlasoh, I. A., Hasani, S., & Kustanti, R. (2020). IMPLEMENTASI METODE TALAQQI DALAM UPAYA MENINGKATKAN TAHSIN QIRO’ATIL QUR’AN BAGI ANAK USIA DINI DI TKQ MIFTAHURRAHMAH. WALADUNA: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI, Vol.3 No., 17–33.

Muktafi, A., & Umam, K. (2022). Implementasi Metode Talaqqi dalam Menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren. Dirasat: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 8(2), 194–205. https://doi.org/10.26594/dirasat.v8i2.3070

Mundiri, A., & Zahra, I. (2017). Implementasi Metode STIFIn dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an di Rumah Qur’an STIFIn Paiton Probolinggo. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 5(2), 201. https://doi.org/10.15642/jpai.2017.5.2.201-223

Najib, M. (2018). Implementasi Metode Takrir Dalam Menghafalkan Al Quran Bagi Santri Pondok Pesantren Punggul Nganjuk. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 8(3), 333–342. https://doi.org/10.33367/intelektual.v8i3.727

Nurhasanah, M. (2022). Implementasi Metode Talqin dalam Pembelajaran Hadits pada Anak Usia Dini di TK Fakih Al-Kautsar Tempurrejo Widodaren Ngawi. Journal Fascho: Jurusan Pendidikan Islam Anak, 1(2), 36.

Nurzulaikha, N. (2019). Efektivitas Penerapan Metode Talaqqi Untuk Membentuk Kemampuan Menghafal Surat-Surat Pendek. 1(2), 22.

Robbani, Farkhan Ar & Suprianto, A. (2021). Implementasi Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur`an Pada Anak Usia Dini (Studi Kualitatif di TK As Salam Bekasi Utara). Turats: Jurnal Pemikiran Dan Peradaban Islam, Vol. 14 No(Vol 14 No 1 (2021):Turats : Jurnal Pemikiran dan Peradaban islam), 67–79. https://jurnal.unismabekasi.ac.id

S, R. A., & Wirman, A. (2023). Penerapan Metode Talaqqi dalam Membiasakan Anak Menghafal Al-Qur’an. Journal of Education Research, 4(1), 7–12. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.122

Sudibyo, A., Hidayat, S., & Muthoifin, M. (2023). Penerapan Metode Talaqqi dalam Pembelajaran Tahfizul Qur’an. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 2893–2901. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1740

Suma’at, Rahendra Maya, S. S. (2020). Peran Guru Al-Qur ’ an dalam Meningkatkan Hafalan Santri di Kuttab Awwal Usia Satu Sampai Enam Tahun Dengan Metode Talaqqi di Kuttab Al-Fatih Kepala Dua Kota Depok Tahun Ajaran 2019 / 2020. Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(2B), 11–24.

Suriansyah, M. A. (2021). Implementasi Metode Talaqqi dan Musyafahah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di SD Swasta Salsa. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(2), 216–231. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i2.27

Susianti, C. (2016). Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi Halaman, 2(1), 1–19.

Tentiasih, S., & Ahmadi. (2021). PEMBELAJARAN MENGHAFAL AL-QUR’AN DAN MUFRADAT DASAR PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE TALLAQI. JURNAL PELANGI: JURNAL PEMIKIRAN DAN PENELITIAN PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI, https://ej, 7823–7830. https://doi.org/https://doi.org/10.52266/pelangi.v3i2.672

Yuantini, G., & Kibtiyah, M. (2021). Metode Menghafal al-Quran untuk Anak Usia Dini di Rumah Tahfidz Sofwan Salim Palembang. Jurnal I’tibar: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 05(02), 36–49.

Published
05-05-2024
How to Cite
Mahmud Yusuf Zulfikar, Hafidz, & Syarifah Azzahro. (2024). Penerapan Metode Talaqqi dalam Program Tahfidz Anak Usia Dini di Rumah Tahfidz Desa Beji . Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1755-1766. https://doi.org/10.58230/27454312.589