Implementasi Metode Index Card Match dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Mata Pelajaran SKI Kelas 7 di MTSN 2 Surakarta

  • Anisa Tri Izzati Jannah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Hafidz Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: Implementasi, Index Card Match, Model Pembelajaran, Keaktifan Siswa

Abstract

Artikel ini membahas tentang Implementasi metode pembelajaran Index Card Match untuk meningkatkan keakfitan Siswa mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MTs Negeri 2 Surakarta. Artikel ini menggambarkan langkah-langkah dan dampak dari implementasi metode pembelajaran index card match. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan deskriptif kualitatif. Data dari wawancara, observasi dan dokumen dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Implementasi ini menghasilkan sejumlah hasil positif yang berdampak pada pemahaman konsep, partisipasi aktif siswa, dan motivasi dalam pembelajaran. Proses implementasi dimulai dengan persiapan materi yang cermat, dengan menyesuaikan konten kurikulum dengan konsep-konsep utama yang akan diajarkan. Kartu-kartu indeks yang disiapkan harus mengandung pertanyaan atau pernyataan yang menantang, merangsang pemikiran kritis, dan sesuai dengan tingkat kesulitan siswa. Hasil implementasi mencakup peningkatan pemahaman materi, partisipasi aktif siswa, peningkatan keterampilan pemecahan masalah, dan motivasi untuk pembelajaran berkelanjutan. Metode Index Card Match juga mendukung beragam gaya pembelajaran siswa dan memberikan kesempatan bagi siswa yang lebih pemalu untuk berpartisipasi aktif. Secara keseluruhan, implementasi metode Index Card Match telah membawa dampak positif dalam pembelajaran mata pelajaran SKI di MTs Negeri 2 Surakarta, menciptakan pengalaman pembelajaran yang interaktif, menantang, dan berorientasi pada pemahaman konsep yang mendalam.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Annisa, F., & Marlina, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 3(4), 1047–1054. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.209

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Budiman, A. (2021). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Kelas VII SMP Negeri 4 Narmada Tahun Pelajaran 2010/2011. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 1(2), 80–96. https://doi.org/10.53299/diksi.v1i2.94

Darojah, S. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tauhid Siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Sleman Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Madrasah, 3(2), 459–472.

Harefa, D., Sarumaha, M., Gee, E., Nduru, K., Nduru, M., Telaumbanua, T., Dian, L., Ndraha, M., Stkip, N., Selatan, G., & Sitoli, I. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Model Pembelajaran Index Card Match. Jurnal Ilmiah Aquinas, 4(1), 6. http://ejournal.ust.ac.id/index.php/Aquinas/index

Herwati, H., & Aliyah, H. (2021). Peningkatan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Materi Dakwah Rasulullah Saw Di Madinah Melalui Metode Index Card Match Kelas Vii Mts Sirajul Ulum Krejengan Jatiurip Krejengan Probolinggo Jawa Timur. Jurnal Eduscience, 8(2), 38–47. https://doi.org/10.36987/jes.v8i2.2275

Mashuri, I., Erlangga, M., & Inayah, R. (2022). PENGARUH METODE INDEX CARD MATCH TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII MTs MAMBA’UL HUDA TEGALSARI. XX, 319–330.

Muhammad Arifin, & Syamsul Arifin. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Index Card Match di SMP Islam Nurul Falah. Nusantara Journal of Islamic Studies, 3(2), 122–131. https://doi.org/10.54471/njis.2022.3.2.122-131

Nisa, I. F. (n.d.). Implementasi Strategi Index Card Match Untuk. 18(September 2022), 160–169.

Novela, M., Bahar, A., & Amir, H. (2017). Perbandingan hasil belajar siswa dengan metode index card match dan bamboo dancing. Alotrop, 1(2), 123–126. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/alotropjurnal/article/view/3530/1881

Raipartiwi, N. K. (2022). Penerapan metode index card macth (INDEX CARD MATCH) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Indonesian Journal of Educational …, 2(1), 589–598. https://doi.org/10.5281/zenodo.6203533

Rijal, S., & Wayati, A. (2022). Efektifitas Penerapan Strategi Index Card Match (ICM) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII DI Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Jambringin. Ahsana Media: Jurnal Pemikiran, Pendidikan Dan Penelitian Ke-Islaman, 8(2), 223–231.

Susanti, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Index Card Match Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 6(1), 22–36. https://doi.org/10.52266/tadjid.v6i1.813

Syafa’atil Udzma, N., & Kurniawan Farid, E. (2023). Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Menggunakan Metode Index Card Match di MTs Sunan Ampel Kamalkuning Krejengan Probolinggo. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 3(2), 101–113. https://doi.org/10.53624/ptk.v3i2.134

Tias, I. W. U., Putri, B. D., & Pratiwi, D. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1315–1325. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.553

Usman, A. A., Abbas, N., Oroh, F. A., & ... (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Index Card Match Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kelas XII Mia 1 SMA Negeri 1 Gorontalo Utara Pada Materi Peluang. Pedagogy: Jurnal …, 8, 50–58. https://www.e-journal.my.id/pedagogy/article/view/2330

Yuniantika, D. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas III Sd N Wirokerten Yogyakarta. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4, 347–352.

Published
11-02-2024
How to Cite
Anisa Tri Izzati Jannah, & Hafidz. (2024). Implementasi Metode Index Card Match dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Mata Pelajaran SKI Kelas 7 di MTSN 2 Surakarta. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 735-744. https://doi.org/10.58230/27454312.495