Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Media Boneka Tangan Pada Anak Kelompok B di TK Harapan Tamatiku

  • Alberthin Rana Universitas Islam Makassar
  • Abd. Hakim Naba Universitas Islam Makassar
  • Nasaruddin Universitas Islam Makassar
Keywords: Keterampilan Berbicara, Boneka Tangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara melalui kegiatan bermain peran pada Kelompok B TK Harapan Tamatiku. Penelitian ini dilakukan karena terdapat permasalahan dalam keterampilan berbicara pada anak Kelompok B TK Harapan Tamatiku. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian adalah anak Kelompok B yang berjumlah 15 anak. Objek penelitian ini adalah keterampilan berbicara. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu jika minimal 80% dari 15 anak memiliki keterampilan berbicara dengan kriteria sangat baik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bermain peran yang dilakukan melalui 1) stimulasi anak untuk paham dan menyimak dengan baik cerita, 2) stimulasi agar anak memperhatikan dan sabar menunggu giliran. Tindakan tersebut dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak. Pada saat dilakukan observasi pratindakan, sebesar 6,67% masih menunjukkan bahwa hasil pelaksanaan masih kurang dari indikator keberhasilan yang ditetapkan berada pada kriteria kurang sekali, pada Siklus I sebesar 53,33% menunjukkan adanya peningkatan namun belum mencapai indikator yang ditentukan karena masih berada pada criteria cukup dan pada Siklus II sebesar 86,67%. Perolehan persentase pada Siklus II menunjukkan bahwa keterampilan berbicara anak Kelompok B dengan kriteria sangat baik telah mencapai indikator keberhasilan sebesar 80% dan pelaksanaan penelitian dihentikan. Kata kunci: keterampilan berbicara Kelompok B, bermain peran melalui metode boneka tangan.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Arzani, M., & Ramzi, M. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Bercerita Melalui Media Boneka Tangan di Kelompok B Paud Riyadlusshibyan Tahun Pelajaran 2020/2021. IJERT: Indonesian Journal of Education Research and Technology, 1(2), Article 2.

Hanifah, N. (2014). Memahami Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Aplikasinya. UPI Press.

Hanum, R. (2017). EVALUASI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.22373/pjp.v6i2.3341

Hidayati, R. (2014). PERAN KONSELOR SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI PADA SISWA HIPERAKTIF (ADHD). Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.24176/re.v5i1.431

Iswati, N., & Rizkiana, N. (2019). Penerapan Terapi Bermain Menggunakan Media Boneka Tangan untuk Meningkatkan Keterampilan Bahasa pada Anak Usia Prasekolah di TK Aisyiyah V Gombong. Proceeding of The URECOL, 920–927.

Lubis, H. Z. (2018). METODE PENGEMBANGAN BAHASA ANAK PRA SEKOLAH. JURNAL RAUDHAH, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.30829/raudhah.v6i2.277

M. Fadlillah. (2016). Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini: Menciptakan Pembelajaran Menarik, Kreatif dan Menyenangkan. Prenada Media.

Romlah, R., & Istiarini, R. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Kegiatan Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Al Kahfi Tanah Tinggi Tangerang. Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.31000/ceria.v5i2.549

Sari, G. G. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara melalui Media Boneka Tangan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara, PAUD-028.

Sari, I. (2018). MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN DALAM PENGUASAAN KETERAMPILAN BERBICARA (SPEAKING) BAHASA INGGRIS. JUMANT, 9(1), Article 1.

Yudiastuti, R. (2015). PENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI BERMAIN PERAN PADA KELOMPOK B TK PERTIWI NGABLAK KECAMATAN SRUMBUNG. Pendidikan Guru PAUD S-1, 0, Article 0. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgpaud/article/view/343

Published
31-08-2022
How to Cite
Rana, A., Naba, A. H., & Nasaruddin. (2022). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Media Boneka Tangan Pada Anak Kelompok B di TK Harapan Tamatiku. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(3), 143-152. https://doi.org/10.58230/27454312.156