Implementasi Pengasuhan Anak Usia Dini dalam Meningkatkan Karakter Usia 5-6 Tahun Di TPA Asoka Makassar

  • Abd Hakim Naba Universitas Islam Makassar
  • Nasaruddin Universitas Islam Makassar
  • Erwin Nurdiansyah Universitas Islam Makassar
Keywords: Implementasi, Pengasuhan Anak, Karakter

Abstract

Tujuan penelitian ini  untuk mengetahui bagaimana Implementasi Pengasuhan Anak usia Dini Dalam Meningkatkan karakter Anak Usia 5-6 Tahun di TPA Asoka Makassar. Lokasi penelitian ini di TPA Asoka Makassar JL. Perintis kemerdekaan Km. 18 No. 237 kel. PAI Kec. Biringkanaya Kota Makassar. Sumber data yang digunakan peneliti yaitu data primer dan data sekunder dan instrumen pengumpulan yang digunakan peneliti menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat penulis simpulkan mengenai implementasi Pengasuhan Anak Usia Dini Dalam Meningkatkan Karakter Anak Usia 5-6 Tahun Di TPA Asoka Makassar  pendidik dan pengasuh sudah menerapkan langkah-langkah penerapan karakter kedisplinan, kemandirian dan kerja sama yang telah dicapai sesuai harapan yang diperoleh ke 6 anak tersebut. Yaitu dimulai dengan pendidik atau pengasuh dalam menerapkan pendidikan karakter menggunakan kegiatan pembiasaan yang dilakukan secara terus-menerus, mulai peserta didik masuk gerbang  dengan berjabat tangan serta mengucap salam kepada pendidik atau pengasuh sampai penjemputan anak didik oleh orang tua. Adapun jenis kegiatan dalam implementasi pendidikan karakternya yaitu membuang sampah pada tempatnya, menyimpan barang minuman pada tempatnya, tidut siang pada waktunya, berdoa sebelum makan dan sesudah makan, berbaris yang rapih pada saat masuk kelas, melepas dan menyimpan sepatu pada tempatnya, melepas tas  dan menyimpan pada tempatnya, mencuci tangan sebelum makan dan sesudah makan, membuang sampah, membantu temannya dalam kelompok untuk menyukseskan kerja sama kelompok.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Ali Mohammad. (2013). Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa.

Amini Muktia. (2010). Peran pengasuhan Guru Pada Pembentukan Karakter Anak sejak Dini. Jakarta: Skripsi

Andrianto Taufiq Tuhana. (2011). mengembangkan karakter sukses anak di era cyber, Yokjakarta: Ar-Ruzz Median.

Arikunto Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendidikan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asnani ma’mur Jama. (2015). Panduan Praktis Manajemen Mutu Guru PAUD. Yogyakarta: Diva Proses.

Budimansyah Dasim. (2010). Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa. Bandung: Widya Aksara Pres.

Chandrawati Titi Yufiarti. (2009). Profesionalitas Guru PAUD. Jakarta Universitas Terbuka.

Diana Mutia. (2010). Psikologi Bermain anak Usia Dini. Jakarta: Preneda Media Group.

Firman, F., Mirnawati, M., Usman, U., & Syamhari, S. (2019). How to Apply the Process Skills Approach to Improving Indonesian Language Learning Outcomes in Senior High Schools. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 8(3), 145-154. Retrieved from https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/79

Fermando Kevin. (2015). Pembuatan Sistem Informasi Taman Penitipan Anak Sanggar Kreativitas Universitas Surabaya. Jurnal On line di journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1233

Gnawan Heri. (2017). pendidikan karakter, (Bandung; ALFABETA).

Komariah Aan dan Satrio Djam’an. (2013). metodologi penelitian kualitati, (Bandung: Alfabeta).

Kurniawan Samsul. (2014). Pendidikan Karakter: konsepsi dan implementasinya secara terpadu lingkungan keluarganya, sekolah, perguruan tinggi dan masyarakat. Yokyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kusuma Darma. (2003). Pendidikan karakter. (Bandung: Ramaja Rosdakarya).

Lexy J. (2012). Moleong, Metodelogi Penelitian Kualitatif: Edisi Refisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mukti Amini, Amini Muktia. (2010). Peran pengasuhan Guru Pada Pembentukan Karakter Anak sejak Dini. Skripsi, Jakarta.

Purti Rahmanik Novia. (2018). Implementasi peranan Taman penitipan Anak (TPA) Sebagai Wahana Pengasuhan anak Bagi Orang Tua Bekerja. Skripsi, Bandar lampung.

Saidah U.H. (2016). pengantar pendidikan (Jakarta: Rajawali Pers, PT Raja Grafindo Persada).

Susanto Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana

UU RI Tahun. (2005). tentang guru dan dosen serta UU RI No. 20 Tahun 2003 Tentang

Sisdiknas. Bandung: Citra Umbara.

Sukirman, S., & Mirnawati, M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Sastra Kreatif Berbasis Karakter Terhadap Pengembangan Karakter Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Palopo. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(4), 389-402. Retrieved from https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/54

Sugiono. (2013). Metode penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R dan D. Bandung, Alfabeta

Published
01-08-2021
How to Cite
Naba, A. H., Nasaruddin, & Nurdiansyah, E. (2021). Implementasi Pengasuhan Anak Usia Dini dalam Meningkatkan Karakter Usia 5-6 Tahun Di TPA Asoka Makassar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 10(3), 179-186. https://doi.org/10.58230/27454312.100