Menanamkan Nilai-Nilai Kedisiplinan pada Anak Melalui Permainan Kelereng di Taman Kanak-Kanak

  • Ashar Universitas Islam Makassar
  • Nasaruddin Universitas Islam Makassar
Keywords: Kedisiplinan anak, Permainan Kelereng

Abstract

Anak di TK Pertiwi X Belalang menunjukkan bahwa kedisiplinan anak didik masih perlu ditingkatkan, penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui nilai- nilai kedisiplinan yang diterapkan dikelompok B TK Pertiwi X Belalang, 2) Untuk mendeskripsikan efektifitas permaian kelereng dalam penanaman nilai-nilai kedisiplinan. Penelitian dengan menggunakan metode penelitian adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelompok B yang berjumlah 15 orang yang dimana terdiri dari 1 kepala sekolah, 1 guru kelompok B, 6 perempuan, 7 laki-laki.. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya kedisiplian tau akan haknya, menaati aturan kelas, mengatur diri sendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama proses penanaman nilai-nilai kedisiplinan menggunakan permaian kelereng sudah berkembang baik. hal ini dibuktikan dari keseluruhan peserta didik kelompok B yang berjumlah 13 anak hanya 1 anak saja yang belum miliki kedisiplinan yang baik.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Amirono & Daryanto. (2016). Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media

Azizah, Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Permainan Tradisional Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar ( Jurnal: Dinamika Penelitian, 2016), h. 284

Azyumardi Azra, “Paradigma Baru Pendidikan Nasional”, (Jakarta: Kompas Media Nusantara, 2012)

Ashar. 2019. Pembentukan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pada Anak Usia TK. Jurnal Audi http://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/jpaud/article/view/2638

Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Rineka Cipta. hlm 1

Charles Schaefer, Cara Efektif Mendidik dan mendisiplinkan anak, (Jakarta: Gunung Mulia:2006)h. 3

Djulaekah, Endang. 2012. Meningkatkan Kemampuan Emosional melalui Permainan Ular Naga Anak Kelompok B TK Hidayatus Shiban. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini UNESA. Vol 2, No 2.

Early Childhood:Jurnal Pendidikan E-ISSN : 2579-7190 | Vol.1 No. 1,2017 e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Volume 4.No. 2 - Tahun 2016)

Euis Kurniati,Permainan Tradisional dan Perannya Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Anak, (Jakarta: PrenamediaGroup, 2016), hal. 5

H. Gunawan, Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi, (Jakarta: Alfabeta ,2012), h. 266

Montolalu, dkk (2011). Bermain dan Permainan Anak. Jakarta : Universitas Terbuka

Montolalu, dkk (2011). Bermain dan Permainan Anak. Jakarta : Universitas Terbuka

Novan Ardy Wiyana, Manajemen Kelas, (Jogyakarta: Ar-Ruzz Media,2013)

Novi Mulyani, Super Asyik Permainan Tradisional Anak Indonesia (Yogyakarta: Diva Press, 2016), h. 111.

Sitti Aisyah, dkk. Perkembangan dan konsep dasar pengembangan anak usia dini. (Jakarta: Universitas Terbuka 2007), hal 14

Sujiartiningsih. 2015. Mengembangkan nilai luhur dengan permainan tradisional. Tangerang:PT Pantja Simpati.

Suryanti (2016) Penerapan permainan tradisional ular naga pada anak kelompok B di TK Raisma Putra Denpasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini UNESA. Vol 2, No 2.

SutrisnoHadi, Metodologi Research, Jilid III ( Yogyakarta: Andi, 1995)

Published
01-08-2022
How to Cite
Ashar, & Nasaruddin. (2022). Menanamkan Nilai-Nilai Kedisiplinan pada Anak Melalui Permainan Kelereng di Taman Kanak-Kanak. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(3), 125-134. https://doi.org/10.58230/27454312.149