Peningkatan Kreatifitas Anak Usia Dini Melalui Metode Inkuiry Materi Limbah Plastik Dalam Media Pembelajaran di TK Negeri Pembina Kelompok B

  • Nasaruddin Universitas Islam Makassar
Keywords: Kreativitas anak, limbah plastik, metode inkuiry

Abstract

Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Inkuiry Materi Pemanfaatan Limbah Plastik Sebagai Media Pembelajaran Kelompok B di TK. Negeri Pembina Kelompok B. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaima Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Metode Inkuiry Materi Pemanfaatan Limbah Plastik Sebagai Media Pembelajaran Kelompok B. Yang bertujuan untuk mengetahui apakah dengan pemanfaataan limbah plastik sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kreativitas anak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan 2 (dua) kali pertemuan. Hasil penelitian Pemanfaatan limbah plastik menjadi media pembelajaran dapat meningkatkan kreativitas anak. Kreativitas anak dapat di lihat dari tindakan prasiklus berada pada kriteria mulai berkembang yaitu sebesar 70%. Setelah adanya tindakan  pada siklus I yaitu melalui kegiatan kolase dengan penggunaan alat dan bahan yang bervariasi, terjadi peningkatan yaitu kreativitas anak meningkat, berada pada kriteria berkembang sesuai harapan meningkat menjadi 85%. Dari hasil data yang diperoleh pada siklus I masih perlu melakukan tindakan berikutnya karena hasil yang didapat belum optimal. Data yang diperoleh pada siklus II menunjukkan adanya peningkatan yang lebih baik. Dari penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa dengan pemanfaatan limbah sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan kreativitas anak usia dini dan juga dapat meningkatkan semangat belajar anak.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Acep Yoni, dkk. (2010). Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia.

Andriani Dumi, dkk. (2015). Metode Penelitian. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Anggani Sudono, dkk. (2007). Permainan Kreatif. Jakarta: PT Penerbitan Sarana Bobo Depdiknas.

Arikunto,dkk.(2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasan Maimunah, (2009). PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Jogjakarta:Diva Press

Martini Jamaris. (2006). Proses Kreativitas Anak. Jakarta : Erlangga

Masitoh, dkk. (2008). Stratepi Pembelajaran TK. Jakarta : Universitas Terbuka

Masitoh, dkk. (2012). Strategi Pendidikan TK. Banten: Universitas Terbuka

Rachmawati Yeni, Kurniati Euis (2019). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak .Jakarta:Prenadamedia Group.

Redja Mudiyahardjo. (2002).Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Roestiya. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cifta

Shinta Ratnawati. (2001). Mencetak Anak dan Kreatif. Jakarta. PT Kompas Nusantara.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto, dkk. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Suharsimi Arikunto. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryani Sitti.(2019). Kreasi Dari Limbah Sekolah. Surabaya:CV Pustaka Media Guru

Sojiono Bambang, dkk.(2012). Metode Pengembangan Fisik. Banten:Universitas Terbuka

Wardhani, Wihardit (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang Selatan. Universitas Terbuka

Wina Sanjaya. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Wiyani (2016). Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta:Gava Media

Published
01-02-2022
How to Cite
Nasaruddin. (2022). Peningkatan Kreatifitas Anak Usia Dini Melalui Metode Inkuiry Materi Limbah Plastik Dalam Media Pembelajaran di TK Negeri Pembina Kelompok B. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(1), 29-36. https://doi.org/10.58230/27454312.122