Supervisi Sebagai Unsur Pengembangan Sumber Daya Pendidikan Di Madrasyah Ibtidaiyah Tempursari Sambi

Authors

  • Meti Fatimah Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta
  • Nur Fitria Anggraini Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta
  • Nailan Aqidatul Azizah Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.58230/ijier.v1i2.128

Keywords:

Supervisi, Pengembangan Sumber Daya Pendidikan, Madrasah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui supervisi sebagai salah satu unsur pengembangan sumber daya pendidikan Madrasyah Ibtidayyah Tempursari Sambi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan kegiatan analisis datanya adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa salah satu cara untuk mengembangkan sumber daya manusia di Madrasyah Ibtidaiyyah Tempursari Sambi adalah dengan melakukan supervisi, dengan meningkatkan mutu pendidikan yang harus dimulai dari aspek guru dan tenaga kependidikan lainnya yang menyangkut mutu profesionalisme dan kesejahteraannya dalam suatu organisasi. manajemen pendidikan profesional.

 Kata Kunci: Supervisi, Pengembangan Sumber Daya Pendidikan, Madrasah

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Meti Fatimah, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta

Dosen

References

Abu, Sri Nurhidah. “Pembinaan Guru Oleh Kepala Sekolah Dalam Pengelolaan Pembelajaran Di Sekolah Dasar”, Bahana Manajemen Pendidikan: Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol. 2 No. 1 2014, Pp. 704. DOI:https://doi.org/10.24036/bmp.v2i1.3816

Almasri, M. Nazar. “Manajemen Sumber Daya Manusia: Imlementasi Dalam Pendidikan Islam”, Kutubkhanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, Vol.19, No.2 2016, Pp. 134.

Aziz, Amrullah. “Pendidik Profesional yang Berjiwa Islami”, Pancawahana: Jurnal Studi Islam, Vol. 10, No. 1 2015, Pp. 57.

Dacholfany, M. Ihsan. “Peranan Pengambilan Keputusan dalam Rangka Menciptakan Inovasi di Bidang Pendidikan”, Jurnal Dewantara, Vol I , No .0 1 Januar I-Juni , Pp.25.

Eri Kusumaningrum Desi, Raden Bambang Sumarsono, dan Imam Gunawan, “Problematika Pemberdayaan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Sekolah Menengah Pertama Berbasis Pesantren”, Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, Vol. 2 No. 2, 2017, Pp.141. DOI:http://dx.doi.org/ 10.17977/ um027v2i22017p139

Fitrah, Muh. “Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan”, Jurnal Penjaminan Mutu, Vol. 3 No 1 2017, Pp 34. DOI: http://dx.doi.org/10.25078/ jpm.v3i1.90

Hamid, Abdul. “Guru Profesional”, Al Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, Vol. XVII No. 32, 2017, Pp. 278. DOI: https://doi.org/10.47732/alfalahjikk.v17i2.26

Hanief, Muhammad. “Menggagas Teknik Supervisi Klinik Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran”, Jurnal Ilmiah Vicratina, Volume 10, No. 2 Nopember, Pp. 7.

Lalupanda, E. M. Implementasi Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Mutu Guru. Jural Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 7(1), 66-72 http://doi.org/10.21831/amp.v7il.22276

Maladerita, Wiwik; Dahliana, Dina; Ratih, Maistika & Rifma, “Implementasi Supervisi dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran dan Pendidikan Karakter di Sekolah

Dasar”, Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 1 No. 3 2019, Pp. 198-204. DOI: Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V1i3.39

Musfiqon. Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya. 2015.

Nasution, Lukman; Sagala, S. & Daryanto, Eka. “Kebijakan Kepala Sekolah Sebagai Supervisor dalam Pengembangan Staf dan Kurikulum di SMA Negeri 2 Medan”. Educandu M: Jurnal Manajemen Pendidikan, Vol.11 No.2 2018, Pp 1.

Nawawi, Hadari. Administrasi Pendidikan, Jakarta: PT Toko Gunung Agung, 1997.

Riwana, Presti Putri. “Pengaruh Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Oleh Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di Sekolah”. Jurnal Supervisi Pendidikan, 2019, pp. 1-4, http://Doi:10.31227/osf.io/hc4k8

Sahertian, Piet A. Konsep-Konsep dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rineka Cipta, 2000.

Sahertian, Piet A. Prinsip dan Tehnik Supervisi Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional, 1981. Samana, A. Profesionalisme Keguruan: Kompetensi dan Pengembangannya. Yogyakarta:

Kanisius, 1994.

Subandi, Ahmad. “Supervisi Pendidikan Untuk Pengembangan Profesionalitas Guru Berkelanjutan”, Pedagogi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Vol. XIII No.2, 2013, Pp. 2.

Suryani, Cut. “Implementasi Supervisi Pendidikan dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran di MIN Sukadamai Kota Banda Aceh”, Didaktika: Jurnal Ilmiah Didaktika, Vol. 16, No. 1, Pp. 23. DOI: http://dx.doi.org/10.22373/jid.v16i1.585

Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI, Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2011 Wahjo, Sumidjo. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.

Wijaya, Candra; Achyar Zein; dan Ali Ahmad Rapi Tanjung, “Strategi Manajemen Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Sumber Daya Guru di MTs Persiapan Negeri Hadundung Kecamatan Kota Pinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan”, Edu Riligia: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam dan Keagamaan, http://dx.doi.org/10.47006/ er.v4i1.8111 Vol. 4 No. 1 Januari- Maret, pp. 93.

Downloads

Published

2024-06-25