Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Siswa Pada Era Globalisasi di Madrasah Ibtidaiyah Tempursari

Authors

  • Nailan Aqidatul Azizah Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta
  • Sukari Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.58230/ijier.v1i2.127

Keywords:

Peran Guru, Karakter, Siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan karakter siswa di MI Tempursari, program kegiatan yang dilakukan untuk pembinaan karakter siswa, implementasi program yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan karakter siswa, serta faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan karakter siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan deskriptif, yaitu mendeskripsikan secara mendalam secara obyektif berdasarkan data yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru pendidikan agama Islam dalam pengembangan akhlak adalah guru Pendidikan Agama Islam telah berperan aktif dalam pengembangan akhlak siswa di MI Tempursari. Hal ini terlihat dari upaya yang dilakukan oleh para guru di MI Tempursari khususnya guru Pendidikan Agama Islam yang dilakukan secara intensif setiap hari dan setiap minggunya. Kewajiban menyapa guru di pagi hari adalah dengan mencium tangan, merapikan pakaian, memungut sampah yang terlihat, dan memasukkannya ke dalam kantong plastik. Kemudian dilanjutkan dengan menunaikan shalat duha. Saat memulai pembelajaran, berdoa lalu menghafalkan ayat-ayat Alquran yang harus dihafal siswa sesuai dengan tingkat kelasnya. Saat waktunya pulang, siswa diwajibkan membacakan doa penutup dan berjabat tangan dengan guru. Kendala yang dialami guru pendidikan agama Islam MI Tempursari dalam mengembangkan karakter siswa berdasarkan observasi adalah menurunnya akhlak anak yang disebabkan oleh berbagai faktor. Faktor eksternal yang mempengaruhi anak terkontaminasi media sosial, seperti handphone, internet, game, dll. Faktor internal Pendekatan metodologi sebagian guru pendidikan agama Islam masih terfokus pada orientasi tradisional, sehingga belum mampu menarik minat siswa. dalam pelajaran pendidikan agama islam. 

Kata Kunci: Peran Guru, Karakter, Siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nailan Aqidatul Azizah, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta

Mahasiswi Pasca Sarjana Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta 

Sukari, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta

Dosen

References

Ahmad Zohdi, Peran Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Bangsa Indonesia Yang Berkarakter (Menuju Kurikulum 2013 yang Berkarakter) EL-HIKAM: Jurnal Pendidikan dan Kajian keIslaman, Volume V, Nomor 1, Januari-Juni, 2012

Basukiyatno, Peradaban Islam di Tengah Globalisasi, Jurnal Sosial, Ekonomi, dan Humaniora, Vol. 2, No. 2, (Februari 2006)

Conny R. Semiawan, 2010. Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya, Jakarta. PT Grasindo.

Edi Setiadi, Pengaruh Globalisasi Terhadap Subtansi Dan Penegakan Hukum, Jurnal Unisba, Volume XVIII No. 4 (Oktober - Desember 2002)

Hidayat, Nur, Peran dan Tantangan Pendidikan Agama Islam di Era Global, Jurnal eL-Tarbawi, Volume VIII, No.2, 2015.

Mujiburrahman, Kontribusi Guru Pai Dalam Pembinaan Etika Berpakaian Islami Siswa SMAN Kota Sabang, Jurnal Ilmiah Islam Futura, Vol. 14. No. 2, Februari 2015.

Sigit Surahman, Dampak Globalisasi Media Terhadap Seni dan Budaya Indonesia, Jurnal Komunikasi, Volume 2, Nomor 1, (Jan - April 2013): h 28.

Sugiono, 2014. Memahami Studi Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sunyono, Teknik Wawancara (Interview) Dalam penelitian kualitatif, Program Studi S3 Pendidikan Sains Fakultas Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, (2011): h. 4.

Syaepul Manan, Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Keteladanan dan Pembiasaan, Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta‟lim Vol. 15 No. 1 -2017, h.50

Syamsul Rizal Mz, Akhlak Islami Perspektif Ulama Salaf Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, ISSN : 2252-8970 (Media Cetak), ISSN : 2581-1754 (Media Online), Vol. 07/No.1, (April 2018): h. 72.

Downloads

Published

2024-06-30