Model Evaluasi Pembelajaran PAI Kontemporer “Pembelajaran Futuristik”

Authors

  • Indah Kurniawati IIM Surakarta
  • Achmad Rasyid Ridho Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.58230/ijier.v1i2.123

Keywords:

pendidikan; futuristik; pembelajaran

Abstract

Konsep pembelajaran futuristik digunakan untuk mempersiapkan diri menuju masa depan maka dari itu dibutuhkan sikap bijaksana dalam menghadapi globalisasi yaitu dengan mempersiapkan diri sebaik mungkin dengan memanfaatkan peluang yang terbuka di dalamnya. Keberhasilan peserta didik dalam dunia pendidikan, salah satunya dari proses pembelajarannya yang diikutinya. Pendidik sebagai pihak yang melakukan transformasi ilmu pengetahuan tentang nilai-nilai multikultural, sementara peserta didik menjadi pihak yang menerimanya untuk dijadikan sebagai pengetahuan atau pijakan dalam membangun sikap dan perilaku di tengah keragaman. Ditinjau dari jenisnya, penelitian ini bersifat literatur, termasuk pada jenis penelitian pustaka (library research). Penelitian kepustakaan (library research) yaitu penelitian yang pengumpulan datanya dilakukan dengan menghimpun data dari berbagai literatur. Hal ini dapat menjadi modal menghadapi aspek futuristiknya. Dari proses pembelajaran ini akan bisa diharapkan atau dihasilkan pendidikan yang berorientasi futuristic, yakni pendidikan yang memberikan pola berfikir yang menghargai keberagaman. Proses pembelajaran berbasis multikultural merupakan salah satu model yang bisa digunakan oleh dunia Pendidikan.

Kata kunci: pendidikan, futuristik, pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Achmad Rasyid Ridho, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta

Dosen

References

Andi Prastowo, Metode Penelitian Kualitatif, (Yogyakarrta: Ar-Ruzz Media, 2012), h.221

Ashari, W., Nursruwening, Y., & Widyandini, W. (2022). Penerapan Konsep Arsitektur Futuristik Pada Perancangan Gedung Concert Hall Di Purwokerto. Teodolita: Media Komunkasi Ilmiah Di Bidang Teknik, 23(1), 31–41. https://doi.org/10.53810/jt.v23i1.437

Azyumardi Azra, 2011. Culture Pluralism in Indonesia: Local, National, and Global Exchanges, dalam Eva Hoffman” (ed). London

Budiono, S., Sugiyarti, S., & Sanusi, M. (2024). Penerapan Pembelajaran Futurisktik pada Pendidikan Islam. Al-DYAS, 3(2), 651-659.

Dinata, S. (2008). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Remaja Rosdakarya.

Harun, J. bin, & Basaruddin, K. N. binti. (2010). Pembangunan Sistem Pembelajaran Menerusi Web Bagi Mempelajari Topik Teknologi Multimedia Menerusi Web Dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Berasaskan Masalah. … Pendekatan Pembelajaran Berasaskan ….

Hasan, M. T. (2008). Pendidikan Islam dalam Menghadapi Perkembangan Global.

Irianto, S., & Al-Amin, A.-A. (2023). Analisis pengaruh Aplikasi Tiktok Terhadap Peningkatan Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Siswa. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 2916–2923.

Muzamil, M. (2020). Pendidikan Futuristik Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Peserta Didik. Pendidikan Multikultural, 4(1), 95. https://doi.org/10.33474/multikultural.v4i1.6718

Sahar, K., & Aqli, W. (2020). Kajian Arsitektur Futuristik Pada Bangunan Pendidikan. Nature: National Academic Journal of Architecture, 7(2), 263. https://doi.org/10.24252/nature.v7i2a10

Saifuddin Azmar, Metode Penelitian, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001), h.5

Sarjono. DD., Panduan Penulisan Skripsi, (Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam, 2008), h.20

Wahyuni, D. S., Yuliana, & Ilmi, D. (2023). Pendekatan Futuristik. Jurnal Anthor, 2, 416–422.

Downloads

Published

2024-06-25