Evaluasi Program Tahfidzul Qur’an Dengan Model CIPP di MA Al-Islam Jamsaren Surakarta

Authors

  • Kukuh Nugroho Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta
  • Achmad Rasyid Ridho Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.58230/ijier.v1i2.121

Keywords:

Tahfidzul Qur’an; Evaluasi Model CIPP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiana strategi evaluasi program tahfidzul Qur’an dengan model CIPP (Contect-input-process-product) di MA Al-Islam Jamsaren Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala madrsah dan guru-guru di MA Al- Islam Jamsaren Surakarta. MA Al-Islam Jamsren Surakarta merupakan lembaga pendidikan yang berciri khas Islam serta  berlandaskan Al Quran dan As-Sunnah. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi serta hasil literatur yang relevan. Sedangkan analisis data dibagi menjadi beberapa tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Evaluasi yang berorientasi keputusan ini menggunakan model evaluasi CIPP (Contect-Input- Process-Product) yang bersifat konprehensif. Lokasi penelitian ini di MA Al-Islam Jamsaren Surakarta dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: 1) Hasil evaluasi context pelaksanaan program Tahfidzul Qur’an dikategorikan sangat baik, karena telah memenuhi kriteria evaluasi context yang ada. Program Tahfidzul Qur’an diadakan berdasarkan kebutuhan dan keinginan siswa, diselenggarakan atas dasar saran atau keinginan dari masyarakat/komite/orang tua dan dibutuhkan oleh masyarakat sekitar, diselenggarakan atas dasar misi Sekolah dan sesuai atau sejalan dengan program pemerintah daerah. Program Tahfidzul Qur'an sesuai dengan visi dan strategi untuk mencapai tujuan sekolah, sesuai dengan rencana sekolah, dan memiliki tujuan yang jelas dan dibukukan dalam kondisi baik; 2) Hasil evaluasi input dari pelaksanaan program Tahfidzul Qur'an secara keseluruhan menujukan kategori sangat baik. Evaluasi masukan terbagi menjadi beberapa indikator yaitu Sumber Daya Manusia (SDM), sarana dan peralatan pendukung, dana atau anggaran, prosedur yang diperlukan, dan strategi; 3) Hasil evaluasi proses dari pelaksanaan program Tahfidzul Qur’an secara kesuluruhan mendapatkan kategori sangat baik. Evaluasi proses terbagi menjadi empat indikator yaitu: a) Kesesuaian pelaksanaan dengan rencana, b) Kesesuaian pengajar dalam proses penyampaian, c) Pemanfaatan sarana dan prasarana, dan d) Melakukan proses penilaian dan pengawasan; dan 4) Evaluasi hasil (Output) dari pelaksanaan program Tahfidzul Qur’an secara keseluruhan menunjukkan kategori sangat baik. Evaluasi hasil terdiri dari tiga indikator yaitu a) output yang dicapai dilihat dari tiga ranah (kognitif, afektif, dan psikomotor), b) outcome program Tahfidzul Qur'an, dan c) manfaat yang telah didapat peserta didik.

 

Kata Kunci: Tahfidzul Qur’an, Evaluasi Model CIPP

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Kukuh Nugroho, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta

Mahasiswa Pasca Sarjana Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta Semester 3

Achmad Rasyid Ridho, Institut Islam Mamba’ul ‘Ulum Surakarta

Dosen

References

Anaya, L. S., Faridi, F., & Maknin, N. A. K. (2023). Pendidikan Karakter Disiplin Santri Berbasis Tahfidzul Qur’an di SMP ‘Aisyiyah Boarding School Malang. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2019–2028. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1611 DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1611

Bukhori, S. Al. (2022). Pembentukan Karakter Insan Kamil Melalui Program Halaqah Tahfidzul Qur’an di SMPIT Permata Hati Merangin Jambi. Ej, 5(1), 99–123. https://doi.org/10.37092/ej.v5i1.412 DOI: https://doi.org/10.37092/ej.v5i1.412

Cahyono, S. H. H. L. N. A. B. D. B. (2010). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Tahfidzul Qur’an di MIN 4 Maluku Tengah. Jpmi, 5, 1–40.

Di, S., Kekait, M. T. S. A., Mts, D. A. N., Kediri, I., Barat, L., Kediri, I., & Barat, L. (2022). Implementasi Program Tahfidz Al- Qur ’ an Dalam Pembentukan Karakter Religius Dalam Pembentukan Karakter Religius Santri Di Mts At-Tahzib Kekait Dan Mts Al-.

El Iq Bali, M. M., & Aisyah, S. (2023). Konstruksi Karakter Disiplin Siswa melalui Kelas Unggulan Tahfidzul Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 688–694. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4627 DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4627

Fenty Sulastini, & Moh. Zamili. (2019). Efektivitas Program Tahfidzul Qur’an dalam Pengembangan Karakter Qur’ani. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(1), 15–22. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i1.166 DOI: https://doi.org/10.35316/jpii.v4i1.166

Hidayat, T., & Asyafah, A. (2019). Konsep Dasar Evaluasi Dan Implikasinya Dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 159–181. https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3729 DOI: https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3729

Kibtiyah, W. B. R. dan A. (2022). Pembentukan Karakter Religius, Disiplin dan Tanggungjawab Melalui Kegiatan Tahfidzul Qur’an di SD Islam Roushon Fikr Jombang. Attaqwa, 18(2), 31.

Murtafiaf, N. H. (2018). Evaluasi pendidikan. In Jakarta: Rineka Cipta.

Nasution, R. F., & Khairuddin, K. (2023). Implementasi Program Tahfizul Qur’an Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Di Sma Swasta Budi Agung Medan. At-Ta’Dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 15(1), 63–75. https://doi.org/10.47498/tadib.v15i1.1791 DOI: https://doi.org/10.47498/tadib.v15i1.1791

Samad, A., Bin Mujib, L. S., & Malik, A. (2023). Implementasi Program Tahfidz Al-Qur’an dalam Pembentukan Karakter Religius di MTs At-Tahzib dan MTs Al-Ishlahuddiny, Lombok Barat. Palapa, 11(1), 293–323. https://doi.org/10.36088/palapa.v11i1.3167 DOI: https://doi.org/10.36088/palapa.v11i1.3167

Wajdi, F., Fauzia, S., & Hakam, A. (2020). Evaluasi Program Tahfidz Melalui Media Sosial di Yayasan Indonesia Berkah. Jurnal Online Studi Al-Qur An, 16(1), 69–88. https://doi.org/10.21009/jsq.016.1.05 DOI: https://doi.org/10.21009/JSQ.016.1.05

Yusri, A. Z. dan D. (2020). 済無No Title No Title No Title. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820.

Downloads

Published

2024-06-21