Pengembangan Media Solar System Pada Materi Tata Surya Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Usia Sekolah Dasar

  • Umi Khairinia Absa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nirwana Anas Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Media Solar System, Materi Tata Surya, Pemahaman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media solar system untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa di kelas VI di sekolah YPI Syifaurrahmah yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Develovment (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysys, Design, Develovment, Implementations, Evaluation) yang telah di uji cobakan di lapangan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, respon angket guru dan siswa, dan test hasil hasil pre-test dan post-test berupa uraian yang berjumlah 6 soal.kesimpulan dalam peneliian ini adalah menyatakan bahawa media solar system pada materi tata surya yang dikembangkan dengan model ADDIE dikategorikan sangat valid, sangat praktis, dan dikategorikan sangat efektif sehingga layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran bagi siswa kelas VI YPI Syifaurrahmah Medan.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abdurrahman, A. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Tata Surya dengan Media Planetarium pada Siswa Kelas VI SDN Semundal Tahun Pelajaran 2018/2019. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 3(2), 308–315. https://doi.org/10.58258/jisip.v3i2.761

Agustina, E., Ferdiyansyah, M., & Syaflin, S. L. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(1), 47. https://doi.org/10.24036/jippsd.v5i1.113251

Anas, N., Baniah, S., & Sadat, M. A. (2021). STRATEGI DAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA PANDEMI COVID-19. 2(1).

Arifin, E. A., Rahayu, D. W., Hidayat, M. T., & Rulyansah, A. (2023). Pengembangan Alat Peraga Tata Surya Untuk Meningkatkan Pemahaman IPA pada Materi Tata Surya Siswa Kelas VI SDN Benowo III Surabaya. 7, 12765–12771.

Dewi wahyu astuti, hemafitri, R. (2023). Pengaruh pemanfaatan media Infokus terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan kewanageraan di sekolah madrasah aliyah negeri di kabupaten sadakau. Jurnal Pendidikan Karakter Dan Kewarganegaraan, 3(1).

Mardianto, Sipahutar, M. G., Suhardi, & Nirwana. (2021). Strategi dan Media Pembelajaran PAI. Jurnal ITTIHAD, V(1), 12–22.

Nasution, J. S. (2023). ANALISIS INT,EGRASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM PEMBELAJARAN DI SD ISLAM TERPADU AL-FITYAN MEDAN SUMATERA UTARA Juni Sahla Nasution UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Siti Fatonah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Sapri UIN Sumatera Utara Maya Siti Sakdah UIN Sunan Kal. Jurnal Madrasah Pendidikan, 7(2), 654–671. https://doi.org/10.35931/am.v7i2.2052

Ningrum, P. P., & Dahlan, Z. (2023). Pengembangan Medıa Swıvel Wheel Untuk Menıngkatkan Hasıl Belajar Sıswa Pad a Mata Pelajaran IPS Dı Kelas V I Sekolah Dasar. 6(2), 250–261. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5363

Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8

Rambe, A. H., & Monikha, S. A. (2022). Sharing Media Pembelajaran Kreatif antara Mahasiswa dan Guru untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. 6, 1607–1611.

Riris, N. R., & Syahfitri, R. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Ular Tangga Raksasa Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Kelas 4 SD Muhammadiyah 08 Medan. Jurnal Inspirasi Pendidikan (ALFIHRIS), 1(4), 138–153.

Ritonga, F. H., & Aufa, A. (2023). Pengaruh media kartu kata bergambar dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan di sekolah dasar. 9(1), 382–387.

Ritonga, M. M. N., & Halimah, S. (2023). Analisis Kemampuan Guru PAI dalam Merancang Media Pembelajaran Berbasis Digital di MAN 1 Medan. 4(April), 29–32.

Riyatuljannah, T. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Pendekatan Konstruktivisme. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1(2), 45–53. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v1i2.3524

Salamah, A. N., Warmi’anah, W., & Setiawan, A. M. (2023). Penggunaan Alat Peraga Pada Materi Bumi Dan Tata Surya Untuk Meningkatkan Pemahaman Ipa Kelas Vii-D Smp Negeri 1 Gedangan. PENDIPA Journal of Science Education, 7(2), 178–184. https://doi.org/10.33369/pendipa.7.2.178-184

Sugiyono, (2020). Metode penelitian & Pengembangan (Research and Development/R&D), Bandung: Alfabeta.

Siregar, N., & Siregar, N. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaan Konsep Matematis Mahasiswa PGSD. 8(02), 199–212.

Sukmana, A. P., & Iriansyah, H. S. (2019). Upaya Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Materi Dampak Globalisasi melalui Pembelajaran Discovery Learning. 1–6.

Sulistiowati Ning, D. (2019). Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Melalui Metode Demonstrasi Di Kelas Vb SDN 61/X Talang Babat Article Information. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 22–40.

Supeno, S., Fitriani, D. K., Wahyuni, D., & Rahayuningsih, R. (2022). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Pembelajaran Ipa Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Jurnal Eduscience, 9(2), 294–304. https://doi.org/10.36987/jes.v9i2.2643

Ulfa, S., Sulistyorini, & Dewi, N. R. (2023). Peningkatan Pemahaman Konsep Ipa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Diorama Kelas Vii Smp Negeri 19 Semarang. Seminar Nasional IPA XIII, 312–327.

Wandini, R. R., Nur, N. M., Lubis, H. A., Amalia, A., Br. Sitepu, S., & Wandini, R. R. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran Matematika dengan Menerapkan Model Drill. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 369–378. https://doi.org/10.56832/edu.v1i3.142

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Yusnaldi, E. (2018). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN MINAT MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK DI PGMI UIN SUMATERA UTARA.

Zsalsabilla, M. N., Hendriana, B., & Masykuroh, K. (2022). Pengembangan media augmented reality sistem tata surya (solar system) pada anak usia 5–7 tahun. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(2), 136–148. https://doi.org/10.21831/jitp.v9i2.51771

Published
01-08-2024
How to Cite
Khairinia Absa, U., & Nirwana Anas. (2024). Pengembangan Media Solar System Pada Materi Tata Surya Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Usia Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3057-3066. https://doi.org/10.58230/27454312.946