Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Usia Madrasah Ibtidaiyah

  • Nashiroh Dini Amaliya Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nirwana Anas Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Metode Eksperimen, Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik usia Madrasah Ibtidaiyah. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu(Quasi-Experimental) dengan pretest posttest non equivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di kelas IV salah satu Madrasah Ibtidaiyah Negri di Kota Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV Medan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik nonprobability sampling sehingga dipilih kelas IVD sebagai kelas Eksperimen dengan pembelajaran menggunakan metode eksperimen dan kelas IVC sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran metode konvensional. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan Uji Paired Sample t test. Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) pembelajaran menggunakan metode eksperimen berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik usia Madrasah Ibtidaiyah, (2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis  menggunakan metode eksperimen dan metode konvensional.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Agustika, I. W., Efkar, T., & Sofya, E. (2020). Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Peningkatan Aktivitas Belajar dan Penguasaan Konsep Termokimia. Jurnal FKIP Universitas Lampung, 1, 38–50.

Anggita, F., Nisa Lubis, K., & Anas, N. (2023). Pengaruh Game Based Learning (Gbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sdn 060811 Medan. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2816–2826. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.585

Apriansah, A., Sujana, A., & Ismail, A. (2024). Pengaruh Pembelajaran RADEC Terhadap Pemahaman Konsep dan Kreativitas Siswa Kelas IV pada Materi Transformasi Energi. 13(1), 45–56.

Ardianingtyas, I. R., Sunandar, S., & Dwijayanti, I. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(5), 401–408. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i5.6661

Aufa, Fathoni, A. L., Ulandari, N., Dermawan4, M. O., & Lubis, Z. A. (2023). Proses Peningkatan Hasil Pembelajaran IPA melalui Media Pembelajaran dan Metode Eksperimen di SD IT Miftahul Jannah Bandar Selamat, Kec. Medan Tembung. Journal on Education, 05(04), 11294–11300.

Dewi Rahmawati Noer Jannah, I. R. W. A. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. JURNALBASICEDU, Vol 6 No 1. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124

Fati’ah, A., Riyadi, & Daryanto, J. (2021). Analisis keterampilan berpikir kritis dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan teori robert h ennis pada kelas v sekolah dasar. Didaktika Dwija Indria, 9(6).

Fitria, R., Nugraheni, P., & Maryam, I. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Smp. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 7(2), 181. https://doi.org/10.31949/th.v7i2.4363

Hamdani, M., Prayitno, B. A., & Karyanto, P. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen. Proceeding Biology Education Conference, 16(Kartimi), 139–145. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/38412/25445

Harmaida, M., & Winarni, E. W. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Siklus Belajar (Learning Cycle) 5E Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri Kota Bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 6(2), 253–263. https://doi.org/10.33369/juridikdas.v6i2.6141

Hasibuan, V. U., Suwanto, S., & Rambe, R. N. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Literasi Sains Dengan Metode Eksperimen Di Sekolah Dasar. Jurnal Guru Kita PGSD, 6(1), 174. https://doi.org/10.24114/jgk.v6i1.33185

Hayati, N. (2021). PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN JADDIH 04. Repo. Stkippgri-Bkl. Ac. Id.

Isnaini, H., Anas, N., & Aisyah, M. (2021). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ( LKPD ) BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SISTEM EKSKRESI. School Education Journal, 11(3).

Juhji, & Suardi, A. (2018). Profesi Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Di Era Globalisasi. Jurnal Pnedidikan Agama Islam, 5(1), 16–24.

Khamdanah, L., Wijaya, I., & Anjani, A. S. (2023). Pengaruh pembelajaran berbasis HOTS terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 371–383.

Nurlaeli, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP. Tsaqofah, 2(1), 23–30. https://doi.org/10.58578/tsaqofah.v2i1.253

Pinasthika, R. P., & Kaltsum, H. U. (2022). Analisis Penggunaan Metode Eksperimen pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6558–6566. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3304

Putri, F. M. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Teori Apos Pada Siswa Kelas Viii.1 Smp Negeri 6 Sekayu. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 1. https://doi.org/10.31100/histogram.v2i1.29

Putri, Z. A., Azizah, M., Sustaminawhanti, Y., Zuhri, M. S., Semarang, U. P., & Semarang, S. D. N. T. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Implementasi Metode Eksperimen Pada Materi Mengubah Bentuk Energi di Kelas IV SDN Tambakrejo 01. 4.

Rachamatika, T., M. Syarif Sumantri, Agung Purwanto, Jatu Wahyu Wicaksono, Alrahmat Arif, & Vina Iasha. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V SDN Di Jakarta Timur. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 17(1), 59–69. https://doi.org/10.36456/bp.vol17.no1.a3162

Rangkuti, S. R., Khairuna, K., & Jayanti, U. N. A. D. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Sistem Indera Kelas XI. JUPEIS : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(4), 7–15. https://doi.org/10.57218/jupeis.vol2.iss4.832

Salim, & Haidir. (2019). Penelitian pendidikan : Metode, Pendekatan, dan Jenis. Kencana.

Septikasari, R. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, VIII(2), 107–117.

Sinaga, F. P., Jurhana, J., Yusrita, Y., & M. Hidayat, M. H. (2023). Analisis Penggunaan Metode Mengajar (Metode Demonstrasi, Metode Eksperimen, Metode Inquiry, Dan Metode Discovery Di Sma Negeri 11 Kota Jambi). Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika, 5(2), 103. https://doi.org/10.29103/relativitas.v5i2.7830

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R&D. Alfabeta.

Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281

Wandini, R. R. et al. (2022). Metode Eksperimen pada Proses Pembelajaran Perubahan Wujud Benda pada Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 1349–1358.

Watch, A., & Sorong, G. A. W. (2022). Pengembangan Modul Materi Jujur Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Metode Bermain Peran. 1(11), 2029–2034.

Yusnaldi, E., Wibowo, S. P., Azzahra, S., Sitorus, P. A., Hutasuhut, N. A., & Nadya, L. (2023). Strategi Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran IPS di SD / MI. 7, 32160–32166.

Zakaria, I., & Tri Priyatni, E. (2019). Dimensi Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(10), 1630–1649. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Published
11-05-2024
How to Cite
Nashiroh Dini Amaliya, & Nirwana Anas. (2024). Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Usia Madrasah Ibtidaiyah. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2037-2048. https://doi.org/10.58230/27454312.752