Manajemen Kurikulum Berbasis Demokratisasi Pendidikan Pada Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka

  • Dede Indra Setiabudi Institut Agama Islam Al-Zaytun
  • Ahmad Arif Baihaqi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mahmud UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mohamad Erihadiana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Keywords: Manajemen Kurikulum, Demokratisasi Pendidikan, Kurikulum MBKM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi manajemen kurikulum berbasis demokratisasi pendidikan dalam implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di perguruan tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen dari beberapa perguruan tinggi yang telah mengadopsi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum yang demokratis melibatkan partisipasi aktif dari seluruh pemangku kepentingan, termasuk dosen, mahasiswa, dan tenaga kependidikan dalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kurikulum. Demokratisasi pendidikan dalam konteks ini mencerminkan adanya kebebasan akademik yang lebih luas, fleksibilitas dalam pemilihan mata kuliah, serta pengembangan kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri dan masyarakat. Penelitian ini juga menemukan tantangan-tantangan yang dihadapi dalam penerapan kurikulum tersebut, seperti resistensi terhadap perubahan, keterbatasan sumber daya, dan kebutuhan akan pelatihan bagi dosen. Kesimpulannya, manajemen kurikulum berbasis demokratisasi pendidikan pada Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka memberikan peluang bagi terciptanya lingkungan belajar yang lebih inklusif dan responsif terhadap dinamika perkembangan global, namun memerlukan komitmen dan kolaborasi yang kuat dari semua pihak terkait.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Abdurrazaq, M. N. K. (2024, April 22). Wawancara terbuka dengan Ketua Program Studi di Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia [Personal communication].

Angrosino, M. (2016). Doing Ethnographic and Observational Research. SAGE.

Asrof Fitri, A. (2024, April 22). Wawancara terbuka dengan Pimpinan Unit Pengelola Program Studi Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia [Personal communication].

Creswell, J. W. (2021). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. SAGE.

Denzin, N. K. (2017). The Research Act: A Theoretical Introduction to Sociological Methods. Routledge.

Doe, J. (2023). Access and Equity in Higher Education. .." International Journal of Educational Research.

Fanirin, M. H. (2024, April 25). Wawancara dengan dosen terkait persepsi dosen terhadap kurikulum MBKM [Personal communication].

Ismail, I., Hasan, H., & Musdalifah, M. (2018). Pengembangan Kompetensi Mahasiswa Melalui Efektivitas Program Magang Kependidikan. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2(1), 124–132. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i1.48

Iswandi, I. (2024, April 22). Wawancara terbuka dengan Pimpinan Unit Pengelola Program Studi (UPPS) Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia [Personal communication].

Jones, M., & Taylor, T. (2022). Challenges in Implementing Flexible Curricula. Journal of Higher Education Management.

Kemendikbud. (2023). Panduan Implementasi Merdeka Belajar—Kampus Merdeka. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kvale, B., & Brinkmann, S. (2018). InterViews: Learning the Craft of Qualitative Research Interviewing. SAGE.

Mardani, D. (2024, April 22). Wawancara dengan Ketua Program Studi Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia [Personal communication].

Merriam, S. B., & Tisdell, E. J. (2015). Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation. Jossey-Bass.

Mintzberg, H. (1987). The Strategy Concept I: Five Ps for Strategy. California Management Review, 30((1)), 11–24.

Mustopa, A., Jasim, J., Basri, H., & Barlian, U. C. (2021). ANALISIS STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN. JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN, 9(1). https://doi.org/10.33751/jmp.v9i1.3364

Patton, M. Q. (2020). Qualitative Research & Evaluation Methods. SAGE.

PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA. (2021).

Permendikbud. (2016). Standar Penilaian Pendidikan.

Permendikbud. (2020). Standar Nasional Perguruan Tinggi.

Setiabudi, D. I. (2024, April 22). Wawancara terbuka dengan Lembaga Penjaminan Mutu Internal Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia [Personal communication].

Smith, J., & Brown, A. (2023). Democratizing Education: Theory and Practice. Journal of Educational Policy.

Suhendraya, H. (2021). MANAJEMEN KURIKULUM DAN SISTEM PENILAIAN KURIKULUM BERBASIS KKNI (Studi Pada Program Studi Agrobisnis Universitas Wiralodra Indramayu). 3(1).

Suryandari, M. (2024, April 24). Wawancara dengan dosen terkait metode dan sistem penilaian pembelajaran pada kurikulum MBKM [Personal communication].

Universitas Indonesia. (2022). Evaluasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Tinggi.

Utami, D. (2024, April 22). Wawancara terbuka dengan Ketua Program Studi Institut Agama Islam Al-Zaytun Indonesia [Personal communication].

White, K. (2023). Effective Curriculum Management in Higher Education. Journal of Curriculum Studies.

world bank. (2023). Enhancing Higher Education Outcomes in Indonesia. World Bank Reports.

Yaelasari, M., & Yuni Astuti, V. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Cara Belajar Siswa Untuk Semua Mata Pelajaran (Studi Kasus Pembelajaran Tatap Muka di SMK INFOKOM Bogor). Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(7), 584–591. https://doi.org/10.36418/japendi.v3i7.1041

Yaumi, M. (2017). Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran. Kencana.

Zuhroh, I. N., & Sahlan, M. (2022). EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. 8(1).

Published
18-08-2024
How to Cite
Setiabudi, D. I., Ahmad Arif Baihaqi, Mahmud, & Mohamad Erihadiana. (2024). Manajemen Kurikulum Berbasis Demokratisasi Pendidikan Pada Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3905-3918. https://doi.org/10.58230/27454312.909