Pertimbangan Multikultural dalam Pengembangan Kurikulum Untuk Menghadapi Keanekaragaman Siswa

  • Imam Sibaweh Institut Pesantren Babakan
  • Deny Setiawan MTsN 6 Cianjur
  • Mahmud UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mohamad Erihadiana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Keywords: Pendidikan multikultural, Keanekaragaman siswa, Kurikulum, Budaya

Abstract

Pendidikan multikultural menjadi krusial dalam mengatasi keberagaman siswa di era globalisasi. Artikel jurnal ini membahas pertimbangan multikultural dalam pengembangan kurikulum, mencakup aspek budaya, sosial, politik, ekonomi, lingkungan, dan globalisasi. Metode penelitian menggunakan pendekatan pustaka dengan fokus pada pengumpulan dan analisis data dari berbagai sumber literatur. Hasil dan pembahasan menyoroti integrasi nilai multikultural dalam kurikulum untuk menciptakan pendidikan inklusif. Strategi pengembangan pendidikan multikultural, peningkatan kualitas guru, sistem pengelolaan pendidikan, dan peran masyarakat juga dibahas. Tantangan seperti kurangnya sumber daya, perlawanan, kurangnya kesadaran, stereotip, dan pelatihan guru yang kurang diatasi melalui upaya bersama dari guru, sekolah, pemerintah, dan masyarakat. Kesimpulannya, pengembangan pendidikan multikultural memiliki peran kunci dalam menciptakan lingkungan belajar inklusif, dan meskipun dihadapi tantangan, upaya bersama dan strategi yang tepat dapat memastikan manfaat signifikan dalam mempromosikan inklusi, pemahaman budaya, dan keragaman dalam pendidikan.

Kata kunci

 

Metrics

Metrics Loading ...

References

Arifudin, I. (2017). Urgensi Implementasi Pendidikan Multikultural di Sekolah. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 12(2), 220–233. https://doi.org/10.24090/insania.v12i2.252

Baharun, H., & Awwaliyah, R. (2017). Pendidikan Multikultural dalam Menanggulangi Narasi Islamisme di Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 5(2), 224. https://doi.org/10.15642/jpai.2017.5.2.224-243

Banks, J. A. (2015). Cultural diversity and education: Foundations, curriculum, and teaching. Routledge.

Banks, J. A., & McGee Banks, C. A. (2019). Multicultural education: Issues and perspectives.

Creswell, J. W. (2021). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage Publications.

Dovidio, J. F., & Kawakami, K. (2017). Intergroup contact theory: Past, present, and future. Group Processes & Intergroup Relations. 20((5)), 568–592.

Epstein, J. L. (2018). School, family, and community partnerships: Your handbook for action. Corwin Press.

Fitriani, A., Amalia, K., & Setiabudi, D. I. (2023). URGENSI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PENCEGAHAN DISKRIMINASI ANTAR MAHASISWA DI LINGKUNGAN PERGURUAN TINGGI IAI AL-AZIS. 1.

Ibrahim, F., Ihromi, I., & Setiabudi, D. I. (2023). HUBUNGAN KOMUNIKASI BUDAYA DAN SOSIAL.

Kemendikbud. (2013). Kurikulum 2013. Kemdikbud.

Kemendikbud. (2020). Kebijakan pendidikan inklusif. Kemdikbud.

Mansyur, R. (2016). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Multikultural (Suatu Prinsip-Prinsip Pengembangan). Vicratina: Jurnal Ilmiah Keagamaan, 1((2)).

Mayasari, A., Pujasari, W., & Arifudin, O. (2021). Pengaruh Media Visual Pada Materi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 2((2)), 173-179.

Nanggala, A. (2020). PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL. Jurnal Soshum Insentif, 3(2), 197–210. https://doi.org/10.36787/jsi.v3i2.354

Nikmah, S., A., & Mulyadi, R. (2023). Dampak Multikulturalisme Terhadap Pendidikan Islam: Kurikulum, Multikulturalisme, Paradigma, Pendidikan Islam. Edu Manage-Journal Of Stai Nurul Ilmi Tanjungbalai., 2((1)), 58–69.

Nugraha, D., Ruswandi, U., & Erihadiana, M. (2020). URGENSI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI INDONESIA.

Rahmadi, R. (2018). Meneliti Agama Dengan Pendekatan Cultural Studies. Jurnal Ilmiah Ilmu Ushuluddin, 17((2)), 165-176.

Rukmana, A. Y. (2017). Masa Depan Pendidikan Indonesia. Get Press Indonesia.

Salam, N. D., Amandla, K. V., Hamidah, S., & Setiabudi, D. I. (2023). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA PADA SANTRI MAHAD AL-ZAYTUN DI ERA GLOBALISASI. 2.

Yuliana, E. (2023). Implementasi Pendidikan Multikultural Berbasis Kurikulum Merdeka Di Kinderstation Senior High School. Universitas Islam Indonesia.

Published
18-08-2024
How to Cite
Sibaweh, I., Deny Setiawan, Mahmud, & Mohamad Erihadiana. (2024). Pertimbangan Multikultural dalam Pengembangan Kurikulum Untuk Menghadapi Keanekaragaman Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 3895-3904. https://doi.org/10.58230/27454312.905