Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar MYOB Accounting Dalam Pelajaran Komputer Akutansi Pada Siswa

  • Dina Ayu Pramudita Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Agus Susilo Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: Akuntansi, Faktor Kesulitan Belajar, MYOB

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyebab kesulitan belajar dan solusi yang diberikan kepada siswa kelas XI AKL di SMK N 1 Sukoharjo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 2 guru mata pelajaran dan 10 siswa kelas XI AKL di SMK N 1 Sukoharjo. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Untuk memastikan validitas data, penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data mencakup pengumpulan, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan beberapa faktor penyebab kesulitan belajar MYOB Accounting di kalangan siswa, baik dari faktor internal maupun eksternal. Faktor internal meliputi kurangnya pemahaman istilah Bahasa Inggris, keterampilan komputer yang kurang, masalah komputer, keterbatasan belajar MYOB di rumah karena tidak adanya komputer, serta kurangnya pemahaman dasar akuntansi. Faktor eksternal mencakup lingkungan belajar yang tidak kondusif dan kurangnya fasilitas pendukung. Untuk membantu siswa mengatasi kesulitan belajar MYOB Accounting, guru memberikan dukungan langsung kepada siswa yang membutuhkan, mendorong siswa untuk bertanya, memberikan referensi tambahan seperti video di YouTube dan materi PDF, serta bekerja sama dengan guru bahasa Inggris untuk menyediakan materi terkait akuntansi. Guru juga menangani masalah komputer secara langsung.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Budiman, M. J., & Fanny Jouke Doringin. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi (TIK) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada siswa Sekolah Menengah Pertama. Biomaterials, 07(12), 85–90.

Caryono, S., & Suhartono, M. (2012). Analisis Deskriptif Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Matematika Di Sma Negeri 8 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, November 2012, 819–826.

DIMAS NUR ARDIANSYAH. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Myob Accounting DalamMata Pelajaran Komputer Akuntansi(Studi Kasus Pada Kelas Xi Akuntansi Keuangan DanLembaga Smk Negeri 1 Purwodadi 2021/2022). Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Fiddin, F. F., & Muhammad Arief. (2022). Pengaruh Computer Anxiety, Computer Attitude, Dan Computer Self Efficacy, Kondisi Yang Memfasilitasi Pemakai, Dan Faktor Sosial Terhadap Minat Mahasiswa Komputerisasi Akuntansi Menggunakan Software Akuntansi. AKUA: Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 1(1), 86–94. https://doi.org/10.54259/akua.v1i1.182

Hanifah, Y. N. (2019). (2019). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar MYOB (Mind Your Own Business) Accounting pada Siswa Kelas XI di SMK N 1 Banyudono. Doctoral Disertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Isfayani, E. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bentuk Aljabar Pada Siswa Smp Kelas Vii. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 3(1), 79. https://doi.org/10.29103/jpmm.v3i1.11177

Lamusu, N. F. H., Hafid, R., Hasiru, R., & Blongkod, H. (2024). Kesulitan Belajar Myob Accounting Pada Siswa Kelas XII Akl 1 SMK Negeri 1 Tolitoli. 4, 4488–4498.

Mazaly, M. R., Saragih, D. I., Komputer, M., & Belajar, H. (2022). Penerapan pembelajaran matematika melalui media komputer terhadap hasil belajar siswa di SMP Budi Agung Medan. 3(1), 31–40.

Muniati, H. (2020). Studi Analisis Penggunaan TIK dalam Pembelajaran FISIKA Terhadap Kesulitan Belajar. Shautut Tarbiyah, 26(1), 69. https://doi.org/10.31332/str.v26i1.1607

Ningrum, R. S., Kartini, T., & Kantun, S. (2020). Analisis Penyebab Kesulitan Belajar Akuntansi Pada Aplikasi Myob Accounting (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI-AKL 2 di SMK Muhamadiyah 1 Genteng Banyuwangi Tahun Ajaran 2019/2020). Jurnal Pendidikan Ekonomi, 14(2), 342–346. https://doi.org/10.19184/jpe.v14i2.16394

Nurlaili, F., Hartika, N., & Handayani, T. S. (2020). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi dan Keuangan, 3(2), 187–203. https://doi.org/10.47080/progress.v3i2.941

Oka Pratama, H., Wahyudi Utomo, S., Era Yusdita, E., & Kesulitan Belajar Myob pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar MYOB Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Artikel Tersedia Pada Sitasi: Artikel Masuk Artikel Diterima. Manajemen dan Akuntansi, 23(1).

Pratama, H. O., Utomo, S. W., & Yusdita, E. E. (2020). Analisis Kesulitan Belajar MYOB Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi. Wahana: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 23(1), 81–97. https://doi.org/10.35591/wahana.v23i1.166

Ridho, A., Wardhana, K. E., Yuliana, A. S., Qolby, I. N., & Zalwana, Z. (2022). Implementasi Pendidikan Multikutural Berbasis Teknologi Dalam Menghadapi Era Society 5.0. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran, 7(3), 195–213. https://doi.org/10.21462/educasia.v7i3.131

Rosyadi, A., Warneri, & Okianna. (2018). Kesulitan Belajar Myob Accounting Pada Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1–9.

Sugiyono, S. (2020). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. CV Alfabeta.

Sukomardojo, T., & Razali, G. (2023). Menyiapkan siswa untuk karir masa depan melalui pendidikan berbasis teknologi : Menuju peran penting kecerdasan buatan. 05(04), 14141–14155.

Surbakti, R., & Armas, R. (2016). Analisis Penyebab Kesulitan Belajar Komputer Akuntansi Pada Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Nurul Falah Pekanbaru. 1–9.

Tahu, M. N., Abolladaka, J., & Data, A. (2022). Faktor-faktor kesulitan belajar MYOB Accounting dalam pembelajaran komputer akuntansi pada peserta didik kelas XI AKL di SMK Negeri 1 Atambua. 1(2021), 1–14.

Tukino, T., & Harahap, B. (2021). Pembinaan Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang Dan Jasa Dengan MYOB Accounting V17 Pada SMK Batam Business School. Jurnal Pengabdian Barelang, 3(02), 63–69. https://doi.org/10.33884/jpb.v3i02.3649

Published
13-05-2024
How to Cite
Dina Ayu Pramudita, & Agus Susilo. (2024). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar MYOB Accounting Dalam Pelajaran Komputer Akutansi Pada Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2143-2156. https://doi.org/10.58230/27454312.754