Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar MYOB Accounting Dalam Pelajaran Komputer Akutansi Pada Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyebab kesulitan belajar dan solusi yang diberikan kepada siswa kelas XI AKL di SMK N 1 Sukoharjo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari 2 guru mata pelajaran dan 10 siswa kelas XI AKL di SMK N 1 Sukoharjo. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Untuk memastikan validitas data, penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data mencakup pengumpulan, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian menunjukkan beberapa faktor penyebab kesulitan belajar MYOB Accounting di kalangan siswa, baik dari faktor internal maupun eksternal. Faktor internal meliputi kurangnya pemahaman istilah Bahasa Inggris, keterampilan komputer yang kurang, masalah komputer, keterbatasan belajar MYOB di rumah karena tidak adanya komputer, serta kurangnya pemahaman dasar akuntansi. Faktor eksternal mencakup lingkungan belajar yang tidak kondusif dan kurangnya fasilitas pendukung. Untuk membantu siswa mengatasi kesulitan belajar MYOB Accounting, guru memberikan dukungan langsung kepada siswa yang membutuhkan, mendorong siswa untuk bertanya, memberikan referensi tambahan seperti video di YouTube dan materi PDF, serta bekerja sama dengan guru bahasa Inggris untuk menyediakan materi terkait akuntansi. Guru juga menangani masalah komputer secara langsung.
Metrics
References
Budiman, M. J., & Fanny Jouke Doringin. (2023). Pemanfaatan Teknologi Informasi (TIK) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada siswa Sekolah Menengah Pertama. Biomaterials, 07(12), 85–90.
Caryono, S., & Suhartono, M. (2012). Analisis Deskriptif Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Matematika Di Sma Negeri 8 Purworejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, November 2012, 819–826.
DIMAS NUR ARDIANSYAH. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Myob Accounting DalamMata Pelajaran Komputer Akuntansi(Studi Kasus Pada Kelas Xi Akuntansi Keuangan DanLembaga Smk Negeri 1 Purwodadi 2021/2022). Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Fiddin, F. F., & Muhammad Arief. (2022). Pengaruh Computer Anxiety, Computer Attitude, Dan Computer Self Efficacy, Kondisi Yang Memfasilitasi Pemakai, Dan Faktor Sosial Terhadap Minat Mahasiswa Komputerisasi Akuntansi Menggunakan Software Akuntansi. AKUA: Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 1(1), 86–94. https://doi.org/10.54259/akua.v1i1.182
Hanifah, Y. N. (2019). (2019). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar MYOB (Mind Your Own Business) Accounting pada Siswa Kelas XI di SMK N 1 Banyudono. Doctoral Disertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Isfayani, E. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bentuk Aljabar Pada Siswa Smp Kelas Vii. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 3(1), 79. https://doi.org/10.29103/jpmm.v3i1.11177
Lamusu, N. F. H., Hafid, R., Hasiru, R., & Blongkod, H. (2024). Kesulitan Belajar Myob Accounting Pada Siswa Kelas XII Akl 1 SMK Negeri 1 Tolitoli. 4, 4488–4498.
Mazaly, M. R., Saragih, D. I., Komputer, M., & Belajar, H. (2022). Penerapan pembelajaran matematika melalui media komputer terhadap hasil belajar siswa di SMP Budi Agung Medan. 3(1), 31–40.
Muniati, H. (2020). Studi Analisis Penggunaan TIK dalam Pembelajaran FISIKA Terhadap Kesulitan Belajar. Shautut Tarbiyah, 26(1), 69. https://doi.org/10.31332/str.v26i1.1607
Ningrum, R. S., Kartini, T., & Kantun, S. (2020). Analisis Penyebab Kesulitan Belajar Akuntansi Pada Aplikasi Myob Accounting (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI-AKL 2 di SMK Muhamadiyah 1 Genteng Banyuwangi Tahun Ajaran 2019/2020). Jurnal Pendidikan Ekonomi, 14(2), 342–346. https://doi.org/10.19184/jpe.v14i2.16394
Nurlaili, F., Hartika, N., & Handayani, T. S. (2020). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi dan Keuangan, 3(2), 187–203. https://doi.org/10.47080/progress.v3i2.941
Oka Pratama, H., Wahyudi Utomo, S., Era Yusdita, E., & Kesulitan Belajar Myob pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar MYOB Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Artikel Tersedia Pada Sitasi: Artikel Masuk Artikel Diterima. Manajemen dan Akuntansi, 23(1).
Pratama, H. O., Utomo, S. W., & Yusdita, E. E. (2020). Analisis Kesulitan Belajar MYOB Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi. Wahana: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 23(1), 81–97. https://doi.org/10.35591/wahana.v23i1.166
Ridho, A., Wardhana, K. E., Yuliana, A. S., Qolby, I. N., & Zalwana, Z. (2022). Implementasi Pendidikan Multikutural Berbasis Teknologi Dalam Menghadapi Era Society 5.0. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran, 7(3), 195–213. https://doi.org/10.21462/educasia.v7i3.131
Rosyadi, A., Warneri, & Okianna. (2018). Kesulitan Belajar Myob Accounting Pada Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1–9.
Sugiyono, S. (2020). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. CV Alfabeta.
Sukomardojo, T., & Razali, G. (2023). Menyiapkan siswa untuk karir masa depan melalui pendidikan berbasis teknologi : Menuju peran penting kecerdasan buatan. 05(04), 14141–14155.
Surbakti, R., & Armas, R. (2016). Analisis Penyebab Kesulitan Belajar Komputer Akuntansi Pada Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Nurul Falah Pekanbaru. 1–9.
Tahu, M. N., Abolladaka, J., & Data, A. (2022). Faktor-faktor kesulitan belajar MYOB Accounting dalam pembelajaran komputer akuntansi pada peserta didik kelas XI AKL di SMK Negeri 1 Atambua. 1(2021), 1–14.
Tukino, T., & Harahap, B. (2021). Pembinaan Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang Dan Jasa Dengan MYOB Accounting V17 Pada SMK Batam Business School. Jurnal Pengabdian Barelang, 3(02), 63–69. https://doi.org/10.33884/jpb.v3i02.3649
Copyright (c) 2024 Dina Ayu Pramudita, Agus Susilo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.