Pengaruh PLP, KKN-Dik, dan Penguasaan Teknologi Informasi Terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Guru Akuntansi Di Era Society 5.0

  • Zafira Shafa Majidah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Agus Susilo Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: PLP, KKN-Dik, Teknologi informasi, Minat menjadi guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengenalan Pendidikan Sekolah (PLP), KKN-Dik, dan penguasaan teknologi informasi terhadap minat menjadi guru akuntansi di era Society 5.0. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data kuesioner. Kuesioner disebarkan kepada 129 sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda yang sebelumnya diuji asumsi klasik dengan menggunakan SPSS for Windows Versi 23. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai signifikansi hasil analisis variabel PLP sebesar 0.001, KKN-Dik adalah 0.030, dan kemampuan teknologi informasi 0.000. Artinya ketiga variabel tersebut mempunyai nilai penting sehingga secara parsial mempengaruhi minat menjadi guru akuntansi. Sedangkan hasil uji F diperoleh nilai signifikan 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa PLP, KKN-Dik, dan penguasaan teknologi informasi secara simultan berpengaruh terhadap minat menjadi guru akuntansi di era society 5.0. Disamping uji t dan uji F, nilai R square (R2 ) sebesar 0, 329 artinya 32,9% minat menjadi guru akuntansi dipengaruhi oleh pengenalan lapangan persekolahan (PLP), KKN-Dik, dan penguasaan teknologi infromasi. Sedangkan 67,1% dapat dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Aditiya, N., & Fatonah, S. (2023). Upaya Mengembangkan Kompetensi Guru Penggerak di Sekolah Dasar Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2, 108–116. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p108-116

Alifah, C., & Hastuti, M. A. S. W. (2023). Pengaruh Minat Menjadi Guru Dan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (Plp) Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Bhinneka Pgri Tulungagung Tahun Akademik 2022/2023. Jurnal Economina, 2(8), 2147–2163. https://doi.org/10.55681/economina.v2i8.725

Alifia, A., & Hardini, H. T. (2022). Pengaruh Pembelajaran Microteaching, Praktik Lapangan Persekolahan, dan Efikasi Diri Terhadap Minat Menjadi Guru SMK Akuntansi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1182–1192. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2075

Anggreini, D., & Priyojadmiko, E. (2022). Peran Guru dalam Menghadapi Tantangan Implementasi Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika pada Era Omricon dan Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2022, 1(1), 75–87.

Asih, N. P. R. T. A., Asni, M. F., & Widana, I. W. (2022). PROFIL GURU DI ERA SOCIETY 5.0. 2(1), 180–197. https://doi.org/10.5281/zenodo.6390955

Asmawati, T. (2018). Kontribusi Kkn Dalam Pengembangan. 132–136.

Astini, N. K. S. (2022). Tantangan Implementasi Merdeka Belajar Pada Era New Normal Covid-19 Dan Era Society 5.0. Lampuhyang, 13(1), 164–180. https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v13i1.298

Azhari, F., Akbar, A. J. S., & Dracena, S. F. (2021). Pengaruh Pelaksanaan Kkn-Dik Terhadap Kemampuan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Stkip Muhammadiyah Kabupaten Bogor. Jurnal Administrastrasi Pendidikan, 27(1), 42–52. https://www.researchgate.net/profile/Silmi-Amrullah-2/publication/352678331_Efektivitas_Evaluasi_Diri_Program_Studi_Studi_Kasus_Analisis_Swot_dan_Perencanaan_Strategis/links/60d2c71992851c34e07cecb4/Efektivitas-Evaluasi-Diri-Program-Studi-Studi-Kasus-Anal

Berlian. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Audio-Visual pada Mata Pelajaran Fikih di MTsN Palopo. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 10(3), 187–196. https://doi.org/10.58230/27454312.104

Detik, T. (2023). Heboh Mahasiswi KKN Unram Dipulangkan gegara “Tak Ada yang Cantik di Desa.” Detikjogja. https://www.detik.com/jogja/berita/d-6842252/heboh-mahasiswi-kkn-unram-dipulangkan-gegara-tak-ada-yang-cantik-di-desa/2

Dewayani, S., Retnaningdyah, P., Antoro, B., Susanto, D., Ikhwanudin, T., Fianto, F., Muldian, W., Syukur, Y., & Setiakarnawijaya, Y. (2021). Panduan Penguatan Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar. http://repositori.kemdikbud.go.id/22599/1/Panduan_Penguatan_Literasi_dan_Numerasi_di_Sekolah_bf1426239f.pdf

Fatmawati, E., & Safitri, E. (2020). Kemampuan Literasi Informasi Dan Teknologi Mahasiswa Calon Guru Menghadapi Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(2), 214. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i2.1863

Fikriana, N. I., & Harini. (2020). Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Calon Guru Kimia. 06(01), 1–51.

Hapsari, F., Desnaranti, L., & Wahyuni, S. (2021). Peran Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa selama Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh. Research and Development Journal of Education, 7(1), 193. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.9254

Hardiana, D., Nugraha, N., Dewi, F. P., Supriyatna, Y., & Lhutfi, I. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Akuntansi & Keuangan, 10(1), 97–110. https://doi.org/10.17509/jpak.v10i1.43475

Hardiana, R. D., Sobandi, A., Kesya, H., Rain, N., & Ramdhany, M. A. (2023). Pengaruh Self Efficacy Dan Softskill Terhadap Kesiapan Kerja Pada Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi SMKN 3 Bandung Tahun Ajaran 2022 / 2023. 11(July), 239–249.

Harsono, Thoyibbah, K., & Narimo, S. (2022). Implementation of Character Education in the Society 5.0 Era in Accounting Education Students, Universitas Muhammadiyah Surakarta. International Conference on Education Innovation and Social Science, 187–194.

Hidayat, M. R., Irvansyah, M., & Melati, S. A. (2022). Kesiapan perguruan tinggi dalam mendidik calon guru Matematika untuk mengajar di era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika IV, 4(1), 539–546.

Kainama, M. S., Latuserimala, G., Dewi, S. N., & Tomasoa, T. F. (2023). Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), Penguasaan Teknologi Informasi, dan Penguasaan Materi Akuntansi Terhadap Kesiapan Mahasiswa FKIP Universitas Pattimura Menjadi Guru Akuntansi Di Era Revolusi Industri 4.0. ProBank, 7(2), 154–161. https://doi.org/10.36587/probank.v7i2.1338

Kaliongga, A., Iriani, A., & Mawardi, M. (2023). Reintegrasi dan Kontekstualisasi Kearifan Lokal Sintuwu Maroso: Upaya Menjawab Tantangan Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Society 5.0. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2, 117–127. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p117-127

Karyantini, D. A., & Rochmawati, R. (2021). Pengaruh Hasil Belajar Micro Teaching dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi Melalui Efikasi Diri Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(2), 200–209. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n2.p200-209

Khaerunnas, H., & Rafsanjani, M. A. (2021). Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), Minat Mengajar, dan Prestasi Belajar terhadap Kesiapan Menjadi Guru bagi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3946–3953. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1353

Khamdanah, L., Wijaya, I., & Anjani, A. S. (2023). Pengaruh pembelajaran berbasis HOTS terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 371–383.

Khusniah, D. (2017). Studi Perkembangan Kompetensi Sosial dan Kompetensi Kepribadian Melalui Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pada Mahasiswa Calon Guru Pai UIN Walisongo Semarang Tahun Akademik 2016/2017. Pascasarjana IAIN Salatiga, 91.

Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39. http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis

Lestari, I. (2022). Interaktivitas Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(2), 67–78. https://doi.org/10.58230/27454312.142

Makdori, Y. (2021). Kemendikbud Sebut 60 Persen Guru Masih Terbatas Menguasai Teknologi Informasi. Liputan6. https://www.liputan6.com/news/read/4533328/kemendikbud-sebut-60-persen-guru-masih-terbatas-menguasai-teknologi-informasi

Masrotin, M., & Wahjudi, E. (2021). Peran Efikasi Diri Dalam Memediasi Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dan Persepsi Profesi Guru Terhadap Minat Menjadi Guru Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(2), 178–189. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n2.p178-189

Maulana, M. R., & Setiawati, N. A. (2023). Pengaruh penggunaan teknologi informasi dan komunikasi terhadap motivasi belajar siswa di smk winaya loka depok. Research and Development Journal Of Education, 9(2), 722–726.

Mulyani, H., Purnamasari, I., & Rahmawati, F. (2019). Analisis Kesiapan Mengajar Program Pengalaman Lapangan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Melalui Pembelajaran Mikro. Jurnal Pendidikan Akuntansi & Keuangan, 7(2), 147–156. https://doi.org/10.17509/jpak.v7i2.18086

Murtiningsih, Y. J., Susilaningsih, & Sohidin. (2014). Pengaruh Penguasaan Materi Mata Kuliah Dasar Kependidikan (Mkdk) Dan Praktik Program Pengalaman Lapangan (Ppl) Terhadap Kesiapan Menjadi Guru. Implementation Science, 39(1), 1–15. http://dx.doi.org/10.1016/j.biochi.2015.03.025%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/nature10402%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/nature21059%0Ahttp://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/nrmicro2577%0Ahttp://

Nugroho, A., Fatonah, A., Wijaya, D. P. E., Putri, R. P., Fikri, M. N., Setiawan, O., Kurniawan, L. Y., Astuti, J. S., Primandika, F. T., & Budiarti, S. A. C. (2020). Menumbuhkembangkan Kepedulian Siswa terhadap Lingkungan Melalui Kegiatan Penghijauan di MIM Pakang Andong, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 2(2), 69–74. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i2.11196

Nugroho, F. A., Iqbal, M., Ramadhan, F., & Swastika, A. (2023). Implementasi Service Learning di SD Muhammadiyah Program Khusus Ampel, Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, 5(1), 65–73. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v5i1.22008

Nugroho, W. S., Khosmas, F. ., & Okiana. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(10), 1–11.

Nur Rahmah, S., Siswandari, & Diah, S. A. (2019). Hubungan Ppl Dan Self Efficacy Dengan Minat Profesi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Angkatan 2015 Fkip Universitas Sebelas Maret Surakarta. Tata Arta” UNS, 5(2), hlm 88-99.

Nurdin, N. (2019). Peningkatan Kompetensi Guru Dengan Pengkolaborasian Media Konvensional Dan Modern Aplikasi Tajwid Di Bdk Aceh. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1), 16–33. https://doi.org/10.23917/jpis.v29i1.8238

Oknaryana, Marna, J. E., & Zulvia, Y. (2023). Gambaran Kompetensi Pedagogik Guru Ekonomi Kota Padang. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi (JIPE), 1(2), 129–142.

Pangestu, D. M., & Rahmi, A. (2022). Metaverse : Media Pembelajaran di Era Society 5.0 untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia. Journal of Pedagogy and Online Learning, 1(2), 52–61. https://doi.org/10.24036/jpol.v1i2.17

Partono, P., Wardhani, H. N., Setyowati, N. I., Tsalitsa, A., & Putri, S. N. (2021). Strategi Meningkatkan Kompetensi 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, & Collaborative). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 41–52. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.35810

Peraturan Menteri Pendidikan Naisonal. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik Dan Kompetensi Guru. Ятыатат, вы12у(235), 245.

Prijowuntato, S. W., & Wardhani, A. M. N. (2021). Analisis Kesan, Tantangan, Hambatan, dan Harapan Pembelajaran Daring di Era Pandemi Covid 19. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi (JIPE), 11(1), 33. https://doi.org/10.24036/011121780

Purwadhi, P. (2019). Pembelajaran Inovatif dalam Pembentukan Karakter Siswa. Mimbar Pendidikan, 4(1), 21–34. https://doi.org/10.17509/mimbardik.v4i1.16968

Putri, F. P. (2015). Pengaruh Pengetahuan Auditor, Pengalaman Auditor, Kompleksitas Tugas, Locus Of Control, Dan Tekanan Ketaatan Terhadap Audit Judgment (Studi Kasus Pada Perwakilan BPKP Provinsi Riau). 1–15.

Qiftiyah, M. (2023). Muatan HOTS pada Pembelajaran Tematik Materi IPA Kelas 5 Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(1), 28–38. https://doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i1.p28-38

Rahmadiyani, S., Hariani, L. S., & Yudiono, U. (2020). Minat Menjadi Guru: Persepsi Profesi Guru, Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) dan Efikasi Diri. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 5(1). https://doi.org/10.21067/jrpe.v5i1.4304

Ratih, K., Utami, R. D., Fuadi, D., Mulyasih, S., Febriani, D., Asmara, S. F., Aprilianti, D. R., Rianti, A. W., Santiana, D., Rahmawati, H., Adlina, L. M., Rosyidi, B., & Hidayat, M. T. (2020). Penguatan Pendidikan Etika dan Karakter Peduli Lingkungan Sosial Budaya di SMP Muhammadiyah 10 Matesih, Karanganyar. Buletin KKN Pendidikan, 2(1), 44–49. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i1.10770

Rohmah, W. (2016). Upaya Meningkatkan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. Seminar Nasional Pendidikan (SNP), 10–21. http://hdl.handle.net/11617/7267

Rouf, A. (2019). Reaktualisasi dan Kontekstualisasi Kearifan Lokan frngan Manhaj Global: Upaya menjawab roblematika dan tantangan pendidikan di era Society 5.0 dan Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Pascasarjana Unnes, 5.

Sari, N. M., & Rohmah, W. (2023). Influence Micro Teaching And Plp Ii On Interest In Becoming A Teacher Students Of Accounting Education Muhammadiyah University Surakarta. July, 664–671.

Sari, N., Martono, T., & Wahyuni, S. (2017). Pengaruh Pembelajaran Micro Teaching dan Program Pengalaman Lapangan (PPL) Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa. Jurnal Universitas Negeri Surakarta, 3(2), 1–14.

Sayekti, O. M., Sujarwo, & Chang, Y. Y. (2022). Pendidikan Karakter melalui Digitalisasi Cerita Anak Bermuatan Budaya: Analisis pada Aplikasi Literacy Cloud. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 15(2), 200–210. http://dx.doi.org/10.21831/jpipfip.v15i2.51222

Setiawan, S., & Dewi, L. (2019). Korelasi kompetensi pedagogik guru dengan pelaksanaan pembelajaran bahasa jawa tingkat SMP di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1), 75–88. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.20146

Soplantila, R. (2023). Dalih Mahasiswa Makassar Lecehkan Teman KKN karena Khilaf. Detiksulses. https://www.detik.com/sulsel/hukum-dan-kriminal/d-7039498/dalih-mahasiswa-makassar-lecehkan-teman-kkn-karena-khilaf

Suwandi, S. (2020). Implementasi Pembelajaran Abad Ke-21 Dan Tantangannya Untuk Berperan Dalam Masyarakat 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI, 15(1), 1–15.

Syafaruddin, Syukri, M., & Nasution, A. R. S. (2022). Analisis Kualitas Fakta Dan Kualitas Persepsi Guru Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Berbasis Sim Di Sdn 067240 Tembung Tp 2020/2021. Research and Development Journal Of Education, 8(1), 1–5.

Syardiansah, S. (2019). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan Kompetensi Mahasiswa. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam), 7(1), 57–68. https://doi.org/10.33884/jimupb.v7i1.915

Syofyan, R., Hidayati, N. S., & Sofya, R. (2020). Pengaruh Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PLK) dan Efikasi Diri terhadap Minat Menjadi Guru. Jurnal Inovasi Pendidikan Ekonomi (JIPE), 10(2), 151. https://doi.org/10.24036/011103600

Umaroh, L. N., & Bahtiar, M. D. (2022). Pengaruh Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), Penguasaan Teknologi Informasi, dan Penguasaan Materi Akuntansi Terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru Akuntansi Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 10(1), 17–30. https://doi.org/10.26740/jpak.v10n1.p17-30

UMS. (2019). PLP I FKIP UMS Alami Sejumlah Kendala. Pabelan-Online.Com. https://pabelan-online.com/2019/03/09/plp-1-fkip-ums-alami-sejumlah-kendala/

Published
06-02-2024
How to Cite
Zafira Shafa Majidah, & Agus Susilo. (2024). Pengaruh PLP, KKN-Dik, dan Penguasaan Teknologi Informasi Terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Guru Akuntansi Di Era Society 5.0. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 483-496. https://doi.org/10.58230/27454312.509