Implementasi Pembelajaran Berbasis Digital Mata Pelajaran SKI Siswa Kelas 10 Di MAN 3 Sragen Tahun Pelajaran 2023/2024
Abstract
Pendidikan pada era modern ini memiliki keterkaitan yang erat dengan kemajuan teknologi, yang menjadi salah satu aspek utama. Dalam konteks Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) abad ke-21, guru diharapkan untuk memanfaatkan media pembelajaran yang inovatif dan kreatif sesuai dengan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah implementasi pembelajaran berbasis digital serta untuk menelaah kelebihan, dan kendalanya. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang bertempat di MAN 3 Sragen. Setelah data terkumpul penulis menganalisis data melalui tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa MAN 3 Sargen saat ini menggunakan media digital untuk mengajar, seperti PowerPoint, Quizizz, Google Forms, dan YouTube. Kelebihan dari pembelajaran berbasis digital pada MAN 3 Sragen yaitu kemampuan untuk menggambarkan materi dengan lebih baik, mengurangi penggunaan kertas, dan meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran. Selain itu, kendala yang dihadapi oleh guru termasuk masalah teknis seperti mati lampu, yang memerlukan solusi alternatif untuk terus mempelajari.
Metrics
References
Agustina, R. (2021). Statistik Pendidikan 2021 i. Badan Pusat Statistik.
Ayu, D. P., & Amelia, R. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis E-Learning Di Era Digital. Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia, 56–61. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/index
Daulay, A. R. (2023). Analisis Kemampuan Guru SKI dalam Merancang Media Pembelajaran Berbasis Digital di SMPIT Raudlatul Jannah Gayo Lues. All Fields of Science J-LAS, 3(1), 286–293.
Dayu, R., Mirdad, J., & Fitri, N. (2022). Pengembangan Multimedia Google Earth Berbasis Virtual Mata Pelajaran Ski di Madrasah Tsanawiyah (MTs). Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 1179. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.902
Dewi, T. R., Andini, N. A., & Rohmah, M. (2019). Upaya untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Pemanfaatan Media Microsoft Powerpoint pada Mata Pelajaran SKI di MI NU Rawa Bening. Jurnal Indonesia Mengabdi, 1(1), 30–33. https://doi.org/10.30599/jimi.v1i1.444
Eka Setyawati, F., Afifulloh, M., & Nur Atiqoh Bela Dina, L. (2019). Penerapan Metode Mind Mapping Dengan Media Gamabar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas Iv Di Mi Hidayatul Mubtadi’in Tasikmadu Malang. 1, 125–131. http://riset.unisma.ac.id/index.php/JPMI/index
Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Fauziah, Z., Shofiyuddin, A., & Rofiana, H. (2022). Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Canva Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Madinah: Jurnal Studi Islam, 9(1), 7–18. https://doi.org/10.58518/madinah.v9i1.1356
Lailatul Mufidah, K. T. (2021). Implementasi Layanan Informasi Dalam Meningkatkan Manajemen Waktu Pengumpulan Tugas Selama Pembelajaran Daring Di Mas Sinar Islami Bingai Kec. Wampu Kab. Langkat (Vol. 7, Issue 3).
Ma’rufi, M. M., Hafidz, & Nashihin, H. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri 2 Surakarta. Saliha: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 7(1). https://doi.org/10.54396/saliha.v7i1.986
Mahbubah, R., & Hasan, Z. A. (n.d.). Pengaruh Pembelajaran Media Kahoot Kebudayaan Islam Kelas Viii Mts Perguruan Mu ’ Allimat Cukir Jombang.
Mardhiyah, A., Munawir, M., & Nailisaadah, S. (2023). Pengaruh Pemanfaatan Youtube sebagai Media Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam terhadap Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 400–408. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i2.528
Munfarida, A., & Fitri, A. Z. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Book Menggunakan Flip Pdf Professional pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(1), 364–379. https://doi.org/10.47467/edui.v4i1.5194
Pradana, Y. (2022). Penerapan Pembelajaran Students Centered Learning (SCL) Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Era Digital (Studi Man 4 Sleman Yogyakarta).
Rasyid, A. (2018). Problematika Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Tsanawiyah Al-Khairaat Pakuli Kabupaten Sigi. Scolae: Journal of Pedagogy, 1(1), 13–25. https://doi.org/10.56488/scolae.v1i1.8
Rizki Zakiyah Nur Rohmah, Tsaury, A. M., & Aziz, H. (2021). Hubungan Interaksi Edukatif Guru dengan Siswa terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MA Al-Hidayah Ibun. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 1(1), 7–14. https://doi.org/10.29313/jrpai.v1i1.36
Sahlani, L., & Agung, B. (2020). Asesmen Pembelajaran Berbasis Google Form Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Man 2 Bandung. Jurnal Al-Ibanah, 05(01), 123–149.
Samudera, S. A. (2020). Penggunaan Aplikasi Kahoot ! Sebagai Digital Game-Based Learning Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam ( SKI ) Di Madrasah Aliyah Pembangunan Uin Jakarta. Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Sartika. (2020). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) Pada Kelas X Mia A Di Mas Al-Washliyah 22 Tembung.
Sartika, D. (2023). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ski Di Madrasah Melalui Pemanfaatan Multimedia Berbasis Digital. Jurnal Pendidikan Dan Riset, 1(2), 276–283. http://ejournal-ittihad.alittihadiyahsumut.or.id/index.php/tafahham/article/view/157
Siddik, M. F., & Mahariah, M. (2023). Reduksi Kejenuhan Belajar Sejarah Kebudayaan Islam; Analisis Variasi Metode dan Media Pembelajaran Berbasis Digital. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(3), 767–777. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i3.670
Sofi, E. (2016). Pembelajaran Berbasis E-learning Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri. Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan, 1(1), 51.
Subroto, D. E., Supriandi, Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 473–480. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.542
Copyright (c) 2024 Lail Septia Aidah, Mohamad Ali
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.