Implementasi Pembelajaran Berbasis Digital Mata Pelajaran SKI Siswa Kelas 10 Di MAN 3 Sragen Tahun Pelajaran 2023/2024

  • Lail Septia Aidah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Mohamad Ali Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: Implementasi, Pembelajaran, Era Digital, SKI

Abstract

Pendidikan pada era modern ini memiliki keterkaitan yang erat dengan kemajuan teknologi, yang menjadi salah satu aspek utama. Dalam konteks Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) abad ke-21, guru diharapkan untuk memanfaatkan media pembelajaran yang inovatif dan kreatif sesuai dengan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah implementasi pembelajaran berbasis digital serta untuk menelaah kelebihan, dan kendalanya. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang bertempat di MAN 3 Sragen. Setelah data terkumpul penulis menganalisis data melalui tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa MAN 3 Sargen saat ini menggunakan media digital untuk mengajar, seperti PowerPoint, Quizizz, Google Forms, dan YouTube. Kelebihan dari pembelajaran berbasis digital pada MAN 3 Sragen yaitu kemampuan untuk menggambarkan materi dengan lebih baik, mengurangi penggunaan kertas, dan meningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran. Selain itu, kendala yang dihadapi oleh guru termasuk masalah teknis seperti mati lampu, yang memerlukan solusi alternatif untuk terus mempelajari.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Agustina, R. (2021). Statistik Pendidikan 2021 i. Badan Pusat Statistik.

Ayu, D. P., & Amelia, R. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis E-Learning Di Era Digital. Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia, 56–61. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/index

Daulay, A. R. (2023). Analisis Kemampuan Guru SKI dalam Merancang Media Pembelajaran Berbasis Digital di SMPIT Raudlatul Jannah Gayo Lues. All Fields of Science J-LAS, 3(1), 286–293.

Dayu, R., Mirdad, J., & Fitri, N. (2022). Pengembangan Multimedia Google Earth Berbasis Virtual Mata Pelajaran Ski di Madrasah Tsanawiyah (MTs). Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 1179. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i3.902

Dewi, T. R., Andini, N. A., & Rohmah, M. (2019). Upaya untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Pemanfaatan Media Microsoft Powerpoint pada Mata Pelajaran SKI di MI NU Rawa Bening. Jurnal Indonesia Mengabdi, 1(1), 30–33. https://doi.org/10.30599/jimi.v1i1.444

Eka Setyawati, F., Afifulloh, M., & Nur Atiqoh Bela Dina, L. (2019). Penerapan Metode Mind Mapping Dengan Media Gamabar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas Iv Di Mi Hidayatul Mubtadi’in Tasikmadu Malang. 1, 125–131. http://riset.unisma.ac.id/index.php/JPMI/index

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Fauziah, Z., Shofiyuddin, A., & Rofiana, H. (2022). Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Canva Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Madinah: Jurnal Studi Islam, 9(1), 7–18. https://doi.org/10.58518/madinah.v9i1.1356

Lailatul Mufidah, K. T. (2021). Implementasi Layanan Informasi Dalam Meningkatkan Manajemen Waktu Pengumpulan Tugas Selama Pembelajaran Daring Di Mas Sinar Islami Bingai Kec. Wampu Kab. Langkat (Vol. 7, Issue 3).

Ma’rufi, M. M., Hafidz, & Nashihin, H. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Negeri 2 Surakarta. Saliha: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 7(1). https://doi.org/10.54396/saliha.v7i1.986

Mahbubah, R., & Hasan, Z. A. (n.d.). Pengaruh Pembelajaran Media Kahoot Kebudayaan Islam Kelas Viii Mts Perguruan Mu ’ Allimat Cukir Jombang.

Mardhiyah, A., Munawir, M., & Nailisaadah, S. (2023). Pengaruh Pemanfaatan Youtube sebagai Media Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam terhadap Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 400–408. https://doi.org/10.54069/attadrib.v6i2.528

Munfarida, A., & Fitri, A. Z. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Book Menggunakan Flip Pdf Professional pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(1), 364–379. https://doi.org/10.47467/edui.v4i1.5194

Pradana, Y. (2022). Penerapan Pembelajaran Students Centered Learning (SCL) Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Era Digital (Studi Man 4 Sleman Yogyakarta).

Rasyid, A. (2018). Problematika Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Tsanawiyah Al-Khairaat Pakuli Kabupaten Sigi. Scolae: Journal of Pedagogy, 1(1), 13–25. https://doi.org/10.56488/scolae.v1i1.8

Rizki Zakiyah Nur Rohmah, Tsaury, A. M., & Aziz, H. (2021). Hubungan Interaksi Edukatif Guru dengan Siswa terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MA Al-Hidayah Ibun. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 1(1), 7–14. https://doi.org/10.29313/jrpai.v1i1.36

Sahlani, L., & Agung, B. (2020). Asesmen Pembelajaran Berbasis Google Form Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Man 2 Bandung. Jurnal Al-Ibanah, 05(01), 123–149.

Samudera, S. A. (2020). Penggunaan Aplikasi Kahoot ! Sebagai Digital Game-Based Learning Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam ( SKI ) Di Madrasah Aliyah Pembangunan Uin Jakarta. Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Sartika. (2020). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) Pada Kelas X Mia A Di Mas Al-Washliyah 22 Tembung.

Sartika, D. (2023). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ski Di Madrasah Melalui Pemanfaatan Multimedia Berbasis Digital. Jurnal Pendidikan Dan Riset, 1(2), 276–283. http://ejournal-ittihad.alittihadiyahsumut.or.id/index.php/tafahham/article/view/157

Siddik, M. F., & Mahariah, M. (2023). Reduksi Kejenuhan Belajar Sejarah Kebudayaan Islam; Analisis Variasi Metode dan Media Pembelajaran Berbasis Digital. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(3), 767–777. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i3.670

Sofi, E. (2016). Pembelajaran Berbasis E-learning Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri. Jurnal Penelitian Manajemen Pendidikan, 1(1), 51.

Subroto, D. E., Supriandi, Wirawan, R., & Rukmana, A. Y. (2023). Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 473–480. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i07.542

Published
02-05-2024
How to Cite
Lail Septia Aidah, & Mohamad Ali. (2024). Implementasi Pembelajaran Berbasis Digital Mata Pelajaran SKI Siswa Kelas 10 Di MAN 3 Sragen Tahun Pelajaran 2023/2024. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1565-1572. https://doi.org/10.58230/27454312.710