Strategi Inovatif Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik: Sebuah Kajian dengan Pendekatan Fenomenologi

  • Clara Duta Wahyu Dinata Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Mohamad Ali Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: Strategi Inovatif, Guru Pendidikan Agama Islam, Karakter Disiplin, Peserta Didik

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal yang ditemukan oleh peneliti di SMP Negeri 25 Surakarta ini kedisiplinan peserta didik masih kurang. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi cara-cara atau strategi inovatif yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter disiplin peserta didik di sekolah menengah pertama serta untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan faktor yang menghambat. Jenis penelitian yang diterapkan yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan triangulasi teori dan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan reduksi, penyajian, dan menarik kesimpulan data. Dalam penelitian yang telah dilakukan dalam staregi inovatif Guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter disiplin peserta didik dengan memberikan beberapa strategi inovatif seperti keteladanan, pembiasaan, anjuran, latihan, larangan, koreksi dan pengawasan, hukuman. Guru Pendidikan Agama Islam memiliki strategi inovatif untuk membentuk karakter disiplin peserta didik di sekolah menengah pertama itu secara umum guru mengajarkan program yang menjadi kebiasaan peserta didik sejalan dengan visi dan misi sekolah serta adanya faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung meliputi peran guru yaitu agar membentuk perilaku disiplin peserta didik. Selain itu di sekolah peserta didik perlu pendapatkan pengawasan sehari-hari dalam bertingkah laku, peran orang tua yang mendukung usaha yang dilakukan guru dalam membentuk karakter disiplin di sekolah dan kesadaran diri sendiri juga penting, karena jika guru sudah mengupayakan semaksimal mungkin namun peserta didik tidak ada kesadaran diri sendiri maka akan menjadi sia-sia. Faktor penghambat meliputi keluarga bisa menjadi penghambat dalam strategi ionvatif membentuk karakter disiplin peserta didik ketika keluarga tidak mendukung, lingkungan pertemanan jika peserta didik tidak pandai bergaul atau memilih teman maka itu bisa menjadi suatu hambatan bagi peserta didik dan lingkungan masyarakat jika tidak sejalan dengan norma agama dan etika yang berlaku.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Agustin, W., & Darmiyanti, A. (2022). Peran Guru Dalam Implementasi Pendidikan Karakter Sekolah SMP Islam Manbaul Hikmah Luwungragi Brebes. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 19(2), 552–560. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.7684675

Anwar, S. M. (2021). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER DISPILIN DAN TANGGUNG JAWAB ANAK SMP. JIECO: Journal of Islamic Education Counseling, 1(1), 32–51.

Arniah, A., Rifa’I, A., & Jannah, M. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(5), 8626–8634. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3843

Dr. J.R. Raco, M.E., M. S. (2010). METODE PENELlTlAN KUALlTATlF JENIS, KARAKTERISTIK, DAN KEUNGGULANNYA. PT Grasindo, 146. https://osf.io/mfzuj/

Fahham, A. M. (2020). Pendidikan pesantren: pola pengasuhan, pembentukan karakter dan perlindungan anak. In Ilmu dan Aplikasi Pendidikan: Bagian 4 Pendidikan Lintas Bidang.

Fauzi, M. (2016). Pemberian Hukuman Dalam Perspektif Pendidikan Islam Oleh: Muhammad Fauzi. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam, 1(1), 29–49. https://ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/view/15

Hamdy, M., Himami, A. S., & Rozaq, A. (2022). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Kedisiplinan Siswa Di SMA Negeri 1 Jombang. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 2(1), 87–99. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v2i1.297

Humaeroh, S., & Dewi, D. A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan di Era Globalisasi Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Humaeroh, Siti, and Dinie Anggraeni Dewi. “Peran Pendidikan Kewarganegaraan Di Era Globalisasi Dalam Pembentukan Karakter Siswa.” Journal on Education 3, No. 3 (2021): 216–22. Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V3i3.381.Journal on Education, 3(3), 216–222. https://doi.org/10.31004/joe.v3i3.381

Husaini, D. M. A. (2014). PEMBELAJARAN MATERI PENDIDIKAN AKHLAK. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents. Syahrizal, Dr. M,Ag.

Idris Muh. (2018). Ta’dibi : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Ta’dibi : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, VII(September 2018). https://www.google.com/amp/s/m.liputan6.com/amp/2661828/kronologi-tawuran-bocah-sd-

Kunaepi, A. (2014). Membangun Pendidikan Tanpa Kekerasan Melalui Internalisasi PAI dan Budaya Religius. El-Tarbawi, 4(1), 5–18. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol4.iss1.art1

Kurniawan, M. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Dalam. Jurnal Al-Fikrah, Vol. IV No(2), 1–7. http://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/alfikrah/article/view/416

Nisa’, K., & Astari, N. (2022). Upaya Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Siswa Di SMP Negeri 1 Ploso Jombang. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(4), 1230. https://doi.org/10.35931/aq.v16i4.1061

Nispiani, N., Asrin, A., & Sobri, M. (2023). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah Di Sdn 32 Cakranegara. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4699–4713. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8087

Rahmadani, B., & Inayati, N. L. (2023). STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MEMBANGUN KARAKTER DISIPLIN DAN RELIGIUS SISWA. Jurnal PAI Raden Fatah, 5(4), 586–596. https://doi.org/10.19109/pairf.v5i4

Rahmah, K. (2021). Upaya Guru PAI Dalam Menanamkan Sikap Disiplin dan Tanggungjawab pada Peserta Didik di SMPN 04 Rawa Pitu, Tulang Bawang Lampung. http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3494%0Ahttp://repository.unisma.ac.id/bitstream/handle/123456789/3494/S1_FAI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_21701011135_KHALIMATUR RAHMAH.pdf?sequence=1

Rifki, M., Sauri, S., Abdussalam, A., Supriadi, U., & Parid, M. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Melalui Metode Keteladanan Guru di Sekolah (Internalization of Character Values Through Teacher Modeling Methods in Schools). Jurnal Basicedu, 7(1), 89–98.

Sakti, B. P. (2020). Upaya Peningkatan Guru Profesional Dalam Menghadapi Pendidikan Di Era Globalisasi. Attadib: Journal of Elementary Education, 4(1), 74. https://doi.org/10.32507/attadib.v4i1.632

Wahyuni, D. E., & Hasanah, S. A. (2016). Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal pembentuk karakter bangsa. R NASIONAL PENDIDIKAN 2016 “Pengembangan Pendidikan Karakter Bangsa Berbasis Kearifan Lokal Dalam Era MEA,” 1, 19–24.

Wirantasa, U. (2017). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 83–95. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1272

Yasyakur, M. (2017). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Sholat Lima Waktu. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 5.09(2), 1185–1230. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/86

Published
29-02-2024
How to Cite
Clara Duta Wahyu Dinata, & Mohamad Ali. (2024). Strategi Inovatif Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik: Sebuah Kajian dengan Pendekatan Fenomenologi. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 1237-1246. https://doi.org/10.58230/27454312.561