Strategi Inovatif Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik: Sebuah Kajian dengan Pendekatan Fenomenologi
Abstract
Berdasarkan pengamatan awal yang ditemukan oleh peneliti di SMP Negeri 25 Surakarta ini kedisiplinan peserta didik masih kurang. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi cara-cara atau strategi inovatif yang digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter disiplin peserta didik di sekolah menengah pertama serta untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan faktor yang menghambat. Jenis penelitian yang diterapkan yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data yang diperoleh, peneliti menggunakan triangulasi teori dan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan reduksi, penyajian, dan menarik kesimpulan data. Dalam penelitian yang telah dilakukan dalam staregi inovatif Guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter disiplin peserta didik dengan memberikan beberapa strategi inovatif seperti keteladanan, pembiasaan, anjuran, latihan, larangan, koreksi dan pengawasan, hukuman. Guru Pendidikan Agama Islam memiliki strategi inovatif untuk membentuk karakter disiplin peserta didik di sekolah menengah pertama itu secara umum guru mengajarkan program yang menjadi kebiasaan peserta didik sejalan dengan visi dan misi sekolah serta adanya faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung meliputi peran guru yaitu agar membentuk perilaku disiplin peserta didik. Selain itu di sekolah peserta didik perlu pendapatkan pengawasan sehari-hari dalam bertingkah laku, peran orang tua yang mendukung usaha yang dilakukan guru dalam membentuk karakter disiplin di sekolah dan kesadaran diri sendiri juga penting, karena jika guru sudah mengupayakan semaksimal mungkin namun peserta didik tidak ada kesadaran diri sendiri maka akan menjadi sia-sia. Faktor penghambat meliputi keluarga bisa menjadi penghambat dalam strategi ionvatif membentuk karakter disiplin peserta didik ketika keluarga tidak mendukung, lingkungan pertemanan jika peserta didik tidak pandai bergaul atau memilih teman maka itu bisa menjadi suatu hambatan bagi peserta didik dan lingkungan masyarakat jika tidak sejalan dengan norma agama dan etika yang berlaku.
Metrics
References
Agustin, W., & Darmiyanti, A. (2022). Peran Guru Dalam Implementasi Pendidikan Karakter Sekolah SMP Islam Manbaul Hikmah Luwungragi Brebes. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 19(2), 552–560. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.7684675
Anwar, S. M. (2021). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER DISPILIN DAN TANGGUNG JAWAB ANAK SMP. JIECO: Journal of Islamic Education Counseling, 1(1), 32–51.
Arniah, A., Rifa’I, A., & Jannah, M. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Karakter Kedisiplinan Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 6(5), 8626–8634. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3843
Dr. J.R. Raco, M.E., M. S. (2010). METODE PENELlTlAN KUALlTATlF JENIS, KARAKTERISTIK, DAN KEUNGGULANNYA. PT Grasindo, 146. https://osf.io/mfzuj/
Fahham, A. M. (2020). Pendidikan pesantren: pola pengasuhan, pembentukan karakter dan perlindungan anak. In Ilmu dan Aplikasi Pendidikan: Bagian 4 Pendidikan Lintas Bidang.
Fauzi, M. (2016). Pemberian Hukuman Dalam Perspektif Pendidikan Islam Oleh: Muhammad Fauzi. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan Dan Keilmuan Islam, 1(1), 29–49. https://ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/view/15
Hamdy, M., Himami, A. S., & Rozaq, A. (2022). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Kedisiplinan Siswa Di SMA Negeri 1 Jombang. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 2(1), 87–99. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v2i1.297
Humaeroh, S., & Dewi, D. A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan di Era Globalisasi Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Humaeroh, Siti, and Dinie Anggraeni Dewi. “Peran Pendidikan Kewarganegaraan Di Era Globalisasi Dalam Pembentukan Karakter Siswa.” Journal on Education 3, No. 3 (2021): 216–22. Https://Doi.Org/10.31004/Joe.V3i3.381.Journal on Education, 3(3), 216–222. https://doi.org/10.31004/joe.v3i3.381
Husaini, D. M. A. (2014). PEMBELAJARAN MATERI PENDIDIKAN AKHLAK. In Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents. Syahrizal, Dr. M,Ag.
Idris Muh. (2018). Ta’dibi : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Ta’dibi : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, VII(September 2018). https://www.google.com/amp/s/m.liputan6.com/amp/2661828/kronologi-tawuran-bocah-sd-
Kunaepi, A. (2014). Membangun Pendidikan Tanpa Kekerasan Melalui Internalisasi PAI dan Budaya Religius. El-Tarbawi, 4(1), 5–18. https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol4.iss1.art1
Kurniawan, M. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin Dalam. Jurnal Al-Fikrah, Vol. IV No(2), 1–7. http://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/alfikrah/article/view/416
Nisa’, K., & Astari, N. (2022). Upaya Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Siswa Di SMP Negeri 1 Ploso Jombang. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(4), 1230. https://doi.org/10.35931/aq.v16i4.1061
Nispiani, N., Asrin, A., & Sobri, M. (2023). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah Di Sdn 32 Cakranegara. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4699–4713. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8087
Rahmadani, B., & Inayati, N. L. (2023). STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MEMBANGUN KARAKTER DISIPLIN DAN RELIGIUS SISWA. Jurnal PAI Raden Fatah, 5(4), 586–596. https://doi.org/10.19109/pairf.v5i4
Rahmah, K. (2021). Upaya Guru PAI Dalam Menanamkan Sikap Disiplin dan Tanggungjawab pada Peserta Didik di SMPN 04 Rawa Pitu, Tulang Bawang Lampung. http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3494%0Ahttp://repository.unisma.ac.id/bitstream/handle/123456789/3494/S1_FAI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_21701011135_KHALIMATUR RAHMAH.pdf?sequence=1
Rifki, M., Sauri, S., Abdussalam, A., Supriadi, U., & Parid, M. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Melalui Metode Keteladanan Guru di Sekolah (Internalization of Character Values Through Teacher Modeling Methods in Schools). Jurnal Basicedu, 7(1), 89–98.
Sakti, B. P. (2020). Upaya Peningkatan Guru Profesional Dalam Menghadapi Pendidikan Di Era Globalisasi. Attadib: Journal of Elementary Education, 4(1), 74. https://doi.org/10.32507/attadib.v4i1.632
Wahyuni, D. E., & Hasanah, S. A. (2016). Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal pembentuk karakter bangsa. R NASIONAL PENDIDIKAN 2016 “Pengembangan Pendidikan Karakter Bangsa Berbasis Kearifan Lokal Dalam Era MEA,” 1, 19–24.
Wirantasa, U. (2017). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 83–95. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1272
Yasyakur, M. (2017). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Kedisiplinan Beribadah Sholat Lima Waktu. Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 5.09(2), 1185–1230. http://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/86
Copyright (c) 2024 Clara Duta Wahyu Dinata, Mohamad Ali
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.