Implementasi Media Kartu Huruf dalam Pembelajaran Aksara Jawa Kelas 3 Sekolah Dasar
Abstract
Kurangnya keterampilan dan inovasi media yang diperlukan untuk mengajarkan materi pembelajaran Aksara Jawa merupakan masalah yang terjadi saat ini. Sedangkan, pembelajaran aksara jawa merupakan muatan lokal dari mata pelajaran bahasa jawa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana media kartu huruf digunakan untuk membantu siswa kelas III MIM PK Kartasura dalam mempelajari aksara jawa, serta faktor pendorong dan penghambatan penerapannya. Terakhir, penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi terhadap faktor-faktor yang menghambat penggunaan media kartu dengan cara tersebut. Huruf dalam kurikulum MIM PK Kartasura kelas 3 Aksara jawa. Subyek penelitian adalah pengelola sekolah, pengajar bahasa jawa kelas 3, dan anak kelas 3 MIM PK Muhammadiyah Kartasura. Metodologi penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis digunakan dalam penelitian ini. Dua puluh empat siswa kelas tiga dan satu instruktur bahasa jawa berpartisipasi dalam penelitian penulis. Data primer dan sekunder digunakan dalam penelitian ini. Hasil wawancara terhadap seseorang (informan) sebagai data primer dan hasil observasi dalam pembelajaran bahasa jawa khususnya aksara jawa. Sedangkan data sekunder berupa dokumentasi dan dokumen-dokumen jurnal. Menggunakan metode pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi dari berbagai sumber antara lain siswa MIM PK Kartasura, pengajar, dan kepala sekolah. Model analisis interaktif yang digunakan untuk analisis data dalam penelitian ini diselesaikan dalam empat langkah: (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pengajaran dengan media kartu huruf dapat membantu siswa mempelajari huruf aksara jawa dengan lebih cepat dan mudah. Selain itu, anak-anak yang menggunakan media kartu huruf menjadi terlibat, menikmati pelajaran, dan mampu terdorong dan bersemangat dalam mempelajarinya.
Metrics
References
Adhi Purba, I. (2021). ElFElKTIVITAS TANYA JAWAB SElBAGAI MElTOlDEl PElNGULANGAN MATElRI DALAM MElNINGKATKAN PElMAHAMAN SISWA TElRHADAP MATElRI PElLAJARAN SAAT DARING.
Akbar, S. (2017). Pelngelmbangan Pelrangkat Pelmbellajaran Telmatik. PT. Relmaja Rolsda Karya.
Anggraelni Nursanti, A., Isvandiana, M. P., Ardhyantama, V., Studi Pelndidikan Guru Selkollah Dasar, P., & PGRI Pacitan, S. (n.d.). PElNGGUNAAN MElDIA KARTU KATA DALAM KElTElRAMPILAN MElMBACA PElRMULAAN PADA SISWA LAMBAN BElLAJAR (SLOlW LElARNElR) KElLAS III SD NElGElRI 1 PRINGKUKU TAHUN. http://relpolsitolry.stkippacitan.ac.id
Asriyani, Nugrahelni, El. S., Ayuningtyas, K., Wahyudi, & Suyantol, I. (2014). Pelnggunaan Meldia Kartu Huruf Dalam Pelmbellajaran Aksara Jawa di Selkollah Dasar. Papelr Knolwleldgel . Tolward a Meldia Histolry olf Dolcumelnts.
Azizah, S. N., & Rahmawati, F. P. (2022). Implelmelntelasi Inolvasi Keltelrampilan Melmbaca Pelrmulaan Mellalui Meldia Kartu Huruf Telrintelgrasi Polstelr Belrgambar Bagi Kellas I Selkollah Dasar. Jurnal Basiceldu, 6(4), 6241–6247. https://doli.olrg/10.31004/basiceldu.v6i4.3214
Daindol, I. (2023). IMPLElMElNTASI MElDIA KARTU HURUF UNTUK MElNINGKATKAN KElMAMPUAN MElMBACA PElRMULAAN PADA SISWA KElLAS I RElGINA PACIS BAJAWA. Jurnal Citra Pelndidikan, 3(1), 775–780. https://doli.olrg/10.38048/jcp.v3i1.1474
Firdaus, P. H. (2019). Pelningkatan Kelmampuan Melngelnal Huruf Mellalui Meldia Kartu Huruf. (JAPRA) Jurnal Pelndidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1), 66–73. https://doli.olrg/10.15575/japra.v2i1.5313
Hartiyani, S. D., Prayolgol, A., & Elrlinawati, El. (2023). Aplikasi Multimeldia Pelmbellajaran Aksara Jawa Belrbasis Androlid Untuk Siswa Selkollah Dasar. ElDUSAINTElK: Jurnal Pelndidikan, Sains Dan Telknollolgi, 10(2), 679–693. https://doli.olrg/10.47668/eldusaintelk.v10i2.805
Haryati elt al. (2017). Pelmbellajaran Bahasa Jawa di Selkollah Dasar. Selminar Nasiolnal Hasil Pelnellitian (SNHP)-VII Lelmbaga Pelnellitian Dan Pelngabdian Kelpada Masyarakat, 547. http://prolsiding.upgris.ac.id/indelx.php/LPPM2017/LPPM2017/papelr/vielw/1963
Helrnita Ulfatimah. (2020). Implelmelntasi Tabungan Baitullah Ib Hasanah Dan Variasi Akad Pada Pt. Bni Syariah Kantolr Cabang Pelkanbaru. In Skripsi (Issuel 201310200311137).
Hidayati, R., YP, S., & Artharina, F. P. (2019). Kelelfelktifan Meldia Kartu Huruf telrhadap Keltelrampilan Melmbaca Aksara Lelgelna Siswa. Jurnal Pelnellitian Dan Pelngelmbangan Pelndidikan, 3(2), 112. https://doli.olrg/10.23887/jppp.v3i2.17388
Lelstari, N. T., Ngatman, & Suhartolnol. (2014). Pelnggunaan Meldia Kartu Huruf Dalam Pelningkatan Kelmampuan Melmbaca Aksara Jawa Siswa Selkollah Dasar. Kalam Celndelkia PGSD Kelbumeln, 2(1), 1–7.
Nurmitasari, N., & Artha Putri, D. (n.d.). Meldia Pelmbellajaran Gelmpytha Selbagai Inolvasi Pelmbellajaran Matelmatika Di Elra Pandelmi. Jurnal El-DuMath, 7, 58–70.
Olktaviani.J. (2018). Tinjauan Pustaka:Pelngelrtian Implelmelntasi. Selrelal Untuk, 51(1), 51.
Pangastuti, R., & Hanum, S. F. (2017). Pelngelnalan Abjad pada Anak Usia Dini Mellalui Meldia Kartu Huruf. Al-Hikmah : Indolnelsian Jolurnal olf Elarly Childholold Islamic Elducatioln, 1(1), 51–66. https://doli.olrg/10.35896/ijelciel.v1i1.4
Puspitasari, A. P., Y.P, S., & Mushafanah, Q. (2021). Kelelfelktifan Meldia Kartu Huruf Jawa Bagi Pelningkatan Kolmpeltelnsi Melnulis Kalimat Seldelrhana Siswa Kellas V Sd Nelgelri Geltas 2 Delmak. Ellelmelntary Schololl: Jurnal Pelndidikan Dan Pelmbellajaran Kel-SD-An, 8(2), 361–365. https://doli.olrg/10.31316/elsjurnal.v8i2.1607
Rinata, S., Yuwolnol, A., & Insani, N. H. (2023a). Pelngelmbangan Meldia Jelnga Aksara Jawa dalam Pelmbellajaran Melmbaca dan Melnulis Telks Belrhuruf Jawa. Piwulang : Jurnal Pelndidikan Bahasa Jawa, 11(1), 92–109. https://doli.olrg/10.15294/piwulang.v11i1.57806
Rinata, S., Yuwolnol, A., & Insani, N. H. (2023b). Pelngelmbangan Meldia Jelnga Aksara Jawa dalam Pelmbellajaran Melmbaca dan Melnulis Telks Belrhuruf Jawa. Piwulang : Jurnal Pelndidikan Bahasa Jawa, 11(1), 92–109. https://doli.olrg/10.15294/piwulang.v11i1.57806
Sari, R. N., & Subrata, H. (2018). Elfelktivitas Pelnggunaan Kartu Pintar Jawa (Kapija) Dalam Keltelrampilan Melnulis Aksara Jawa. Jurnal Pelndidikan Guru Selkollah Dasar, 06(05), 829–838. https://jurnalmahasiswa.unelsa.ac.id/indelx.php/jurnal-pelnellitian-pgsd/articlel/vielw/23809
Sumantri, M., Sudana, D. N., & Yolni Adnyana P, I. B. El. (2017). Pelnelrapan Meldia Gambar Dan Kartu Huruf Untuk Melningkatkan Keltelrampilan Melmbaca Pelrmulaan. Intelrnatiolnal Jolurnal olf Ellelmelntary Elducatioln, 1(1), 1. https://doli.olrg/10.23887/ijelel.v1i1.11433
Suparyantol dan Rolsad. (2020). Pelngelmbangan Meldia Kartu Dolminol Aksara Jawa Pada Pelmbellajaran Bahasa Jawa Untuk Siswa Kellas Iv Selkollah Dasar. Relpolsitolri, 5(3), 248–253.
Trisniawati. (2014). melngungkapkan bahwa pelrmainan adalah belrbagai kelgiatan yang selbelnarnya dirancang delngan maksud agar anak dapat melningkatkan belbelrapa kelmampuan telrtelntu belrdasarkan pelngalaman bellajar. Pelrmainan adalah alat bagi anak untuk melnjellajahi dunianya dari yang ti. Univelrsitas Nelgelri Yolgyakarta, 117.
Velryawan, V. (2020). Meldia Kartu Huruf Dalam Upaya Melningkatkan Kelmampuan Melngelnal Huruf Pada Anak Usia Dini. Lelntelra: Indolnelsian Jolurnal olf Multidisciplinary Islamic Studiels, 2(2), 151–164. https://doli.olrg/10.32505/lelntelra.v2i2.2119
Wulandari, A. D. (2015). Gamel Eldukatif Seljarah Kolmputelr Melnggunakan Rollel Playing Gamel (RPG) MAKElR XP Selbagai Meldia Pelmbellajaran di SMP Nelgelri 2 Kalibawang. Univelrsitas Nelgelri Yolgyakarta, Unknolwn(Unknolwn), 1–18. http://www.dt.col.kr/colntelnts.html?articlel_nol=2012071302010531749001
Zahwa, N., Hilda, N. R., Astuti, T. K., Welryani, W., Praseltyawati, Y., Zulkardi, Z., Nuraelni, Z., & Sukmaningthias, N. (2022). Studi Litelratur: Implelmelntasi Melrdelka Bellajar Dalam Melningkatkan Mutu Pelmbellajaran Matelmatika Sellama Pandelmi. Biolrmatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Kelguruan Dan Ilmu Pelndidikan, 8(1), 110–119. https://doli.olrg/10.35569/biolrmatika.v8i1.1186
Copyright (c) 2024 Azzahro Khoiril Walidah, Sukartono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.