Pemanfaatan Pojok Baca Kreatif dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Profil Pelajar Pancasila Siswa Kelas Atas SD Muhammadiyah 16 Surakarta

  • Amalia Ruri Khoirunnisa Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sukartono Universitas Muhammadiyah Surakarta
Keywords: pojok baca, berpikir kritis, sekolah dasar

Abstract

Pojok baca merupakan ruang di sudut ruang kelas yang disusun secara menarik yang diisi bahan bacaan berupa buku, komik, dan lainnya guna menumbuhkan minat membaca dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Pemanfaatan pojok baca kreatif, (2) Faktor pendukung dan penghambatan pemanfaatan pojok baca kreatif, (3) Solusi mengatasi faktor penghambatan pemanfaatan pojok baca kreatif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis profil pelajar pancasila siswa kelas atas SD Muhammadiyah 16 Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek penelitian yaitu pemanfaatan pojok baca, sedangkan subjek penelitian yaitu siswa kelas atas SD Muhammadiyah 16 Surakarta. Validasi data diperiksa menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan beberapa data dan informasi, antara lain: (1) Pemanfaatan pojok baca kreatif di SD Muhammadiyah 16 Surakarta membantu siswa kelas atas dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis, mengisi waktu luang untuk kegiatan membaca, serta mengembangkan proyek P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ); (2) Faktor pendukung dalam proses pemanfaatan pojok baca kreatif berasal dari banyaknya buku yang sudah rusak dan buku yang tidak dikembalikan setelah digunakan; (3) Solusi dari hambatan tersebut yaitu melakukan penjadwalan ke pojok baca dan bekerja sama dengan orang tua untuk mendaftarkan setiap kelas dengan tema yang telah ditentukan.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Adinda, A. (2016). Berfikir kritis dalam pembelajaran matematika. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 4(01), 125–138. https://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/LGR/article/view/1228/1029

Arsil, A. (2019). Implementasi model problem based learning berbantuan multimedia di sekolah dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6905

Azizah, M. Sulianto J., Clntang, N. (2018). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar pada pembelajaran matematika kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 61–70.

Bahri, A. S. (2021). Pengantar penelitian pendidikan (sebuah tinjauan teori dan praktis). Widina Bhakti Persada.

Eliyawati, E. (2020). Improving students’ ability to write narrative texts using pictures. AL-ASASIYYA:Journal Of Basic Education, IV(2), 139–150. https://doi.org/10.24269/ajbe.v4i2.2421

Hidayatulloh, P., Solihatul, A., Setyo, E., Fanantya, R. H., Arum, S. R., Istiqomah, R. T. U. N., & Purwanti, S. N. (2019). Peningkatan budaya literasi melalui kegiatan pojok baca di sd muhammadiyah plus malangjiwan colomadu. Buletin Literasi Budaya Sekolah, I(1). https://doi.org/https://doi.org/10.23917/blbs.v1i1.9301

Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2020). Analisis kebijakan penguatan pendidikan karakter dalam mewujudkan pelajar pancasila di sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 76–84. https://doi.org/https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.388

Kasim, H., Sabarudin, S., Mamonto, S. B., & Mokodongan, F. (2023). Analisis manfaat pojok baca untuk menanamkan minat baca siswa kelas iv sd negeri ringinsari. FONDATIA, VII(1), 169–177. https://doi.org/10.36088/fondatia.v7i1.3095

Muslich, A. (2019). Pendidikan nilai dalam pembelajaran ips madrasah ibtidaiyah di era milenial. AL-ASASIYYA:Journal Of Basic Education, III(2), 161–170. https://journal.umpo.ac.id/index.php/al-asasiyya/article/view/1849

Nayren, J., & Hidayat, H. (2021). Pengarun nilai-nilai estetika pada penataan pojok baca terhadap minat baca anak usia dini. Al-Abyadh, IV(2), 81–88. https://doi.org/https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v4i2.321

Puspitasari, I., Imron, A., & Juharyanto, J. (2021). Pengelolaan sudut baca kelas pada jenjang sekolah dasar untuk meningkatkan minat baca peserta didik. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, I(10), 813--824. https://doi.org/https://doi.org/10.17977/um065v1i102021p815-824

Rahayuningsih, F. (2022). Internalisasi filosofi pendidikan ki hajar dewantara dalam mewujudkan profil pelajar pancasila. SOSIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, I(3), 177–187. https://doi.org/https://doi.org/10.51878/social.v1i3.925

Rohman, S. (2017). Membangun budaya membaca pada anak melalui program gerakan literasi sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, IV(1), 151–174.

Rosmana, P., Iskandar, S., Faiziah, H., Afifah, N., & Khamelia, W. (2022). Kebebasan dalam kurikulum prototype. As-Sabiqun, IV(1), 115–131. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i1.1683

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek penguatan profil pelajar pancasila: sebuah orientasi baru pendidikan dalam meningkatkan karakter siswa indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086.

Sumaryanti, L. (2020). Menumbuhkan minat baca anak mi/sd dengan media buku bergambar seri. AL-ASASIYYA:Journal Of Basic Education, IV(2), 173–183. https://doi.org/10.24269/ajbe.v4i2.2699

Tanjung, R. (2021). Kompetensi manajerial kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru sekolah dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, IV(4), 291–296. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v4i4.272

Wahyu Kurniawan, A. S. (2021). Implementasi pojok baca untuk meningkatkan minat baca siswa mi muhammadiyah kartasura. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 37. https://doi.org/https://doi.org/10.54259/pakmas.v1i1.31

Yuriza, P. E., Adisyahputra, A., & Sigit, D. V. (2018). Correlation between higher-order thinking skills and level of intelligence with scientific literacy on junior high school students. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 11(1), 13–21. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/biosferjpb.11-1.2

Published
11-05-2024
How to Cite
Amalia Ruri Khoirunnisa, & Sukartono. (2024). Pemanfaatan Pojok Baca Kreatif dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Profil Pelajar Pancasila Siswa Kelas Atas SD Muhammadiyah 16 Surakarta. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 2049-2056. https://doi.org/10.58230/27454312.596