Analisa Sosiologis Evaluasi Program Pemberdayaan Pendidikan : Rumah Gemilang Indonesia, Depok Jawa Barat

  • Siti Rodiyah Universitas Indonesia
  • Nadia Yovani Universitas Indonesia
Keywords: Evaluasi, Pemberdayaan, Framework Analysis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk studi evaluasi program pemberdayaan pendidikan pemuda produktif di Rumah Gemilang Indonesia, Depok Jawa Barat. Memperluas cakupan penelitian sebelumnya, bahwa program pemberdayaan pemuda produktif pada keluarga miskin dengan pendekatan life skill dan spiritual skill. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis Framework Analysis. Dengan melakukan kajian pustaka, wawancara semi struktur, data tekstual, dokumen, memo, dan catatan lapangan. Hasil studi evaluasi program pemberdayaan pemuda produktif Rumah Gemilang Indonesia sudah memenuhi indikator kesuksesan program yakni, aspek relevansi, efektivitas, dampak, efisiensi, keberlanjutan, dan Replikasi.Untuk mencapai keberlanjutan (sustainability) Rumah Gemilang Indonesia perlu diversifikasi program sesuai kebutuhan penerima manfaat, kolaborasi aktif, dan pengelolaan sumber pendanaan yang bersifat jangka panjang serta penggunaan teknologi pada sistem administrasi dan implementasi kurikulum.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Arsyad, L. (2010). Ekonomi Mikro. Yogyakarta: BPFE Universitas Gajah Mada

Bloom, David; Canning, David and Chan, Kevin. (2006), Higher Education and Economic Development in Africa. Human Development Research, Vol. 5, No. 1, (PP: 25 90).

Bps. (2022). Ekonomi Indonesia Tumbuh 2022 Tumbuh 5.31 Persen. https://www.bps.go.id

Creswell, John W. (2014). Research Design : Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Los Angeles : SAGE Publications

Dale, Reidar. (2004). Evaluating Development Programmes and Projects. Second Edition. Sage Publication. Londons

Djiwandono, Sri E.W, (2006). Psikologi Pendidikan, Grasindo, Jakarta

Durkheim, E. (1950). The Rules of Sodological Method. (translated by S.A. Solovay and J.H. Mueller and (Ed) E. G. Catlin), The Free Press, of Glencoe: New York.

Durkheim, E. (1990). Pendidikan Moral, Suatu Studi Teori dan Aplikasi Sosiologi Pendidikan, alih bahasa: Lukas Ginting. Erlangga. Jakarta.

Edi Suharto. (2010). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Refika Aditama Bandung.

Gale, et al.(2013). Using the framework method for the analysis of qualitative data in multi-disciplinary health research. www.biomedcentral.com/1471 2288/13/117

Ife, Jim (1995), Community Development” Creating Community Alternatives, Vision, Analysis and Practice, Australia: Longman.

Hidayatullah, Kholid (2021) Model Pemberdayaan Pemuda Usia Produktif Pada Keluarga Miskin (Studi Kritis Pada Rumah Gemilang Indonesia (Rgi) Laznas Al Azhar Sawangan-Depok). Phd Thesis, Uin Raden Intan Lampung. Http://Repository.Radenintan.Ac.Id/13481/

Neuman, W. (2018). Metode Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif Edisi 7.PT Indeks.

Neuman, W. Lawrence. (2014). Social Research Methods : qualitative and quantitative approaches (Ed. 7th). Harlow: Pearson Education Limited.

Sardjo Sulastri dan Linda Darmajanti, Kusharianingsih C, B. (2017). Implementasi Model Evaluasi Formatif Program Pembangunan Sosial (EFPPS) Partisipasi Multipihak dalam Evaluasi Program. Yayasan Pustaka Obor Indonesia. Jakarta

Published
29-02-2024
How to Cite
Rodiyah, S., & Nadia Yovani. (2024). Analisa Sosiologis Evaluasi Program Pemberdayaan Pendidikan : Rumah Gemilang Indonesia, Depok Jawa Barat. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 1299-1308. https://doi.org/10.58230/27454312.624