Pengaruh Model Pembelajaran Project Base Learning (PJBL) terhadap Motivasi Serta Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar

  • Yovanes Chaniago Universitas Islam Riau
  • Febrina Dafit Universitas Islam Riau
Keywords: Model Project Based Learning, Motivasi Siswa, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning, PJBL) terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas V SD. Metodologi yang digunakan adalah pendekatan eksperimen semu dengan pengumpulan data melalui tes yang telah disiapkan sebelumnya. Analisis data dilakukan menggunakan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PJBL secara signifikan meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa. Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model PJBL dibandingkan dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, dimana siswa dalam kelas eksperimen menunjukkan peningkatan hasil belajar yang lebih baik. Hal ini dibuktikan dengan perbandingan nilai rata-rata kelas eksperimen yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Selain itu, motivasi belajar siswa dalam kelas yang menerapkan PJBL juga mengalami peningkatan. Temuan ini mengindikasikan bahwa PJBL efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa, dengan nilai signifikansi statistik yang menunjukkan p < 0,05, menandakan adanya perbedaan yang signifikan secara statistik antara kelompok eksperimen dan kontrol. Kesimpulannya, PJBL terbukti sebagai metode pembelajaran yang efektif dan dapat dijadikan alternatif dalam proses belajar mengajar untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa.

Metrics

Metrics Loading ...

References

Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/KTI). Jakarta : Kencana.

Amini, Risda. 2015. Pengaruh Penggunaan Project Based Learning Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd. Pgsd, Fip Universitas Negeri Padang.

Anggraini, Putri Dewi dan Siti Sri Wulandari. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administratsi Pekantoran (JPAP).

Cahyadi, Edi Dkk. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Melalui Model Project Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Vol. 2 No. 1 (Januari) 2019, Hal. 205-218.

Farhkurrohman, Muhammad. (2017). Model-Model Pembelajaran Inovatif, Yogjakarta: Ar-ruzz Media.

Hartono, Deni Puji. (2018). PjBL Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa: Sebuah Kajian Deskriptif Tentang Peran Model Pembelajaran PjBL Dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Pendidikan.

Israwaty, Ila, Hasnah dan Asdar. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Perubahan Wujud Benda di Kelas V UPTD SD Negeri 111 Barru. JUARA SD: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar.

Maisyarah dan Mai Sri Lena. (2023). Penerpaan Model Project Based Learning (PJBL) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Universitas Negeri Padang.

Pratiwi, Eka Ari Dkk. 2018. Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project Based Learning (PJBL) Berbantuan Metode Edutainment Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, 8 (2) 177-182

Rais, Muh. (2013). Project-Base d Learning: Inovasi Pmbelajaran yang Berorientasi Soft Skills. Makassar: UNM.

Sari, Shinta Puspita, Uus Manzilatusifa dan Sungging Handoko. (2019). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik. JP2EA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi.

Sinta, Mulia, Halimatus dakdiah, Nanda Novita, Fajrul Wahdi Ginting dan Syafrizal. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Hukum Gravitasi Newton di MAS Jabal Nur. Jurnla Phi: Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapan.

Yulia, Tri Dkk. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Energi Panas Melalui Penerapan Model ProjectBased Learning (PJBL). Repsitory Universitas Sebelas Maret.

Published
16-04-2024
How to Cite
Chaniago, Y., & Febrina Dafit. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Project Base Learning (PJBL) terhadap Motivasi Serta Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1435-1444. https://doi.org/10.58230/27454312.610